Putra Firdaus

Inilah Kekurangan Printer Inkjet Yang Harus Anda Ketahui

Posted: April 13th 2019
Epson Artisan 1430 Color Inkjet Wide Format Photo Printer

Inilah Kekurangan Printer Inkjet Yang Harus Anda Ketahui – Setiap merk printer inkjet memiliki daftar kelebihan dan kekurangan masing-masing baik dari segi harga, hasil cetak dan keawetan cartridge. Pada masa sebelumnya, tepatnya pada abad ke-14 orang Cina mulai menciptakan sesuatu yang menjadi cikal bakal lahirnya printer. Printer adalah alat yang berfungsi untuk menyetak dokumen, gambar atau bahkan foto dari komputer atau laptop ke atas kertas.

Printer termasuk media elektronik berfungsi sebagai alat mencetak, menscan, dan mencopy tugas dari komputer dan menghasilkan dokumen atau foto dalam bentuk kertas. Kebutuhan akan printer sudah tentu menjadi hal yang sangat penting saat ini, tak heran hampir semua orang memiliki printer, printer bukan lagi menjadi barang mewah. Untuk yang banyak digunakan baik untuk pribadi maupun bisnis dan perusahaan memang tidak bisa dipungkiri adalah Printer dengan Jenis Inkjet, karena banyak kelebihan yang dianggap lebih bagus ketimbang kedua jenis yang lainnya.

Tentang Printer Inkjet dan Cara Kerjanya

Kualitas cetak printer ini hampir sama dengan kualitas cetak pada printer laserjet. Jenis printer Inkjet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya menggunakan tinta cair. Printer inkjet merupakan printer yang paling banyak ditemui saat ini. Hasil cetak yang dihasilan oleh jenis printer Inkjet lebih bagus dan halus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix, jenis printer ink jet ini juga bisa menghasilan hasil cetakan monochrome ataupun berwarna.

Printer inkjet yang menggunakan tinta berbasis pigmen cenderung tidak mudah tercoreng sedangkan tinta berbasis pewarna memerlukan waktu pengeringan lebih lama agar tinta tidak mencoreng bagian lain. Pada printer jenis Ink jet menggunakan teknologi dor on demand, yaitu dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil. Printer inkjet menyemprotkan tinta cair melalui nosel mikroskopis ke atas permukaan kertas.

Kekurangan Printer Inkjet Yang Sering Ditemukan

Printer inkjet umumnya memiliki harga jauh lebih murah, lebih kecil, dan memiliki fleksibilitas untuk mencetak dokumen berbasis teks dan gambar berkualitas tinggi, terutama foto. Tetapi waspadalah terhadap printer inkjet yang murah karena biaya yang harus dikeluarkan akan berakhir mahal di kemudian hari. Printer inkjet juga memiliki kekurangan yaitu lebih sulit dibersihkan dibandingkan dengan jenis printer lain. Printer ini juga lambat dalam mencetak dokumen yang besar, selain itu apabila mencetak dokumen dengan jumlah halaman yang banyak membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan printer laser.

Kekurangan lainnya pada printer jenis ini adalah ketika mencetak hitam putih prosesnya kalah dengan Printer LaserJet. Catridge sering rusak jika tidak apik dalam penggunaan. Harga Tinta terbilang lebih mahal dan tintanya bisa luntur ketika belum kering atau kena percikan air serta susah mendeteksi kapan habisnya tinta pada catridge. Demikianlah beberapa kelemahan dari jenis printer inkjet ini semoga dapat membantu anda dalam memilih printer sesuai dengan kebutuhan anda. selain itu juga terdapat jenis printerĀ Scansnap Setup yang akan dijelaskan pada kesempatan yang lain.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php