Putra Firdaus

Cara Agar Laptop Tetap Awet

Posted: January 21st 2019
Cara Agar Laptop Tetap Awet

Cara Agar Laptop Tetap Awet – Sama seperti manusia, laptop juga memiliki umur. Berita buruknya, umur laptop jauh lebih pendek dari umur manusia. Lebih-lebih jika laptop tidak diurus dengan baik, satu atau dua tahun kemudian mungkin laptop kamu sudah berada di gudang atau tempat pembuangan sampah.

Memang harus diakui, jika penggunaan laptop lebih dari 3 tahun pastinya akan menurunkan performa. Tak hanya terkait masalah lama pakainya saja, namun juga kelalaian pengguna bisa turut memperparah kerusakan yang ada. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan pengguna untuk merawat laptop biar awet baik perangkat lunak maupun untuk perangkat kerasnya.

Siapa yang nggak senang kalau punya laptop baru, tapi bukan berarti kamu tidak merawatnya seperti juga laptop yang sudah lama. Semakin awal kamu merawat laptop dari sejak baru dibeli, laptop dapat menemanimu dalam waktu jangka lama dengan kondisi prima. Oleh karena itu, ini dia 9 cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat laptop baru.

Jarang sekali mereka memperhatikan kondisi laptop mereka. Padahal, daya tahan laptop berbeda dengan PC yang cenderung kuat dan tahan lama. Melalui artikel berikut ini, saya akan berbagi sedikit pengalaman saya mengenai bagaimana cara merawat laptop dengan baik dan benar.

Bagaimana Cara Agar Laptop Tetap Awet

Pengguna juga diimbau agar jangan malas melakukan update software. Misalnya, saat antivirus meminta agar pengguna melakukan update, maka lakukan saja. Pada dasarnya, update bertujuan untuk menyempurnakan fungsi yang telah ada, seperti menghilangkan bugs yang bisa merusak sistem laptop. Dengan update berkala maka gadget pun bisa berfungsi dengan baik. Apabila memang laptop sudah benar-benar tak optimal kinerjanya, hingga menganggu aktivitas, maka bisa meminta bantuan ke layanan resmi merk.

Laptop adalah barang elektronik yang pastinya sangat rentan terhadap kerusakan,apalagi bila terkena air ,karena apabila laptop terkena air yang mengenai bagian-bagian tertentu sudah dipastikan laptop akan sulit untuk diperbaiki.

Apa saja bagian yang perlu dijaga kebersihannya? Bagian eksternal seperti keyboard, layar LCD, dan perangkat input. Untuk membersihkannya, gunakan lap berbahan lembut dan sedikit air. Olesi bagian-bagian tersebut hingga semua noda terangkat dan laptop kamu menjadi bersih dan kinclong.

Langkah-langkah Cara Agar Laptop Tetap Awet

Tidak seperti desktop PC, laptop harus dimatikan ketika tidak digunakan. Mematikannya saat tidak digunakan akan mencegah laptop cepat panas, sekaligus memberikan waktu istirahat bagi perangkat kesayanganmu. Untuk itu, Disini akan memberikan beberapa tips sederhana dalam merawat laptop agar tetap awet dan tidak mudah rusak yang mungkin anda butuhkan dalam merawat laptop anda agar panjang umur.

  1. Masukkan Laptop ke Tas saat Bepergian
  2. Jauhkan Dari Sesuatu yang Basah
  3. Jangan Dipakai diatas Kasur
  4. Jangan Terlalu Sering Menggunakan Laptop untuk Bermain Game Berat
  5. Jangan Menaruh Barang Berat di Atas Laptop
  6. Jauhkan Minuman dari Laptop Anda.
  7. Jangan Memindahkan Laptop Sewaktu Nyala
  8. Jaga Kebersihan Laptop
  9. Hindari Mengguyur Laptop dengan Air
  10. Jangan Menaruh Barang Berat di atas Laptop

Itulah beberapa Cara Agar Laptop Tetap Awet, Semoga tips di atas bisa bermanfaat. Jangan malas dan meremehkan kondisi laptop yang masih baru. Meskipun terlihat sedikit ribet, tapi cara ini akan membantumu menekan pengeluaran servis dan bahkan membeli perangkat baru. Untuk mendapatkan antivirus terbaik buatan indonesia yaitu Smadav 2020 Free Download silahkan download secara gratis di sini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php