Putra Firdaus

Apa itu Komputer?

Posted: January 18th 2019

Apa itu Komputer? – Komputer bukanlah hal yang lumrah untuk anda dengar. Komputer yang sering kita gunakan, juga memiliki arti, pengertian atau defini yang juga tidaklah sulit untuk kita jelaskan. Penjelasan komputer untuk zaman sekarang sudah menjadi hal yang sungguh sangat mudah. Bahkan untuk bangku sekolah dasar sudah mengetahui apa itu komputer, dan bagaimana itu komputer.

Menurut Blissmer (1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

Komputer adalah sebuah alat elektronik yang terdiri dari tiga bagian system yaitu : hardware, software, dan brainware. Perangkat keras (Hardware) Komputer adalah perangkat yang secara fisik dapat di lihat dan di raba, yang membentuk suatu kesatuan, sehingga dapat di fungsikan.

Sejarah Ditemukannya Komputer

Saat ini, komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan biasa. Contohnya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, ataupun jaringan komputer dan internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.

Penemu komputer pertama adalah Charles Babbage, dikenal dunia sebagai salah satu penemu sejarah komputer pertama kali. Yang telah banyak memberkan karya pada kehidupan manusia sampai sekarang ini, dari penemuannya.

Dalam sejarah komputer dan perkembangannya, Sempoa atau Abacus merupakan awal dari lahirnya komputer. Komputer dalam melakukan prosesnya berbentuk elektronik, yang memungkinkan untuk melakukan perhitungan yang lebih luas dan cepat. Hingga saat ini komputer dapat memproses gambar, suara, teks dan bentuk non-numerik data lainnya. Yang perlu diingat semuanya itu tidak lepas dari perhitungan numerik dasar. Gambar, suara dan lainnya hanyalah sebuah abstaksi dari angka-angka yang berderak di dalam sebuah mesin.

Fungsi Komputer Dalam Kehidupan Kita

Komputer sangat dibutuhkan dalam dunia kesehatan, sehingga pekerjaan dibidang kesehatan dapat dengan mudah diselesaikan, salah satu contoh fungsi komputer dalam bidang kesehatan adalah adanya aplikasi komputer yang digunakan untuk USG.

Dalam dunia bisnis, komputer sangat diperlukan, karena dunia usaha dan bisnis membutuhkah sekali kecepatan dan ketepatan dalam proses menghitung neraca dan keuangan. salah satu contoh fungsi komputer dalam dunia bisnis adalah adanya aplikasi akuntansi dan keuangan.

Dalam dunia pendidikan fungsi komputer sangat banyak sekali, hal ini terbukti dengan banyaknya aplikasi pendidikan yang sekarang ada. salah satu contohnya adalah adanya aplikasi pendaftaran, pembayaran, dan ujian yang kesemuanya menggunakan perangkat komputer. Selain itu mudahnya mencari informasi dan modul pendidikan dengan menggunakan komputer yang terhubung ke internet merupakan fungsi komputer dalam dunia pendidikan yang paling utama.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php