Putra Firdaus

Apa itu Internet?

Posted: January 18th 2019
Apa itu Internet?

Apa itu Internet? – Di era modern nan canggih ini rasanya semua masyarakat kalangan menengah ke atas pasti sudah mengenal teknologi internet. Teknologi yang satu ini memang sangat berperan dalam perkembangan peradaban dan gaya hidup manusia. Berbagai aktivitas manusia menjadi sangat terbantu melalui perantaraan internet.

Interconnection network atau internet adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung satu dengan lainnya. Kata internet berasal dari bahasa latin “inter” yang berarti “antara”. Internet merupakan jaringan yang terdiri dari milyaran komputer yang ada di seluruh dunia. Internet melibatkan berbagai jenis komputer serta topology jaringan yang berbeda.

Dalam sistem teknologi internet, TCP dan IP menjalankan fungsinya masing-masing. TCP berfungsi untuk memastikan bahwa semua koneksi tersambung secara valid sedangkan IP bertugas untuk melakukan proses transmisi data dari satu perangkat komputer ke perangkat komputer lainnya.

Sejarah Ditemukannya Internet

Sejarah internet awalnya berasal dari proyek ARPA yang dibentuk tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Proyek ini kemudian dikenal dengan nama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang melakukan riset tentang cara menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya agar bisa saling berkomunikasi.

Pada tahun 1970, proyek ini berhasil menghubungkan lebih dari 10 komputer dalam bentuk jaringan, dan beberapa tahun kemudian, hasil riset proyek ini dikembangkan di luar Amerika. Karena jumlah komputer yang terhubung semakin banyak, maka pada tahun 1980 dibuatlah protokol resmi yang dikenal dengan TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Manfaat Internet Untuk Kehidupan Kita

Kehadiran akses internet membawa perubahan besar bagi wawasan dan pengetahuan manusia. Kini, internet telah menjadi sumber belajar alternatif selain guru maupun buku. Bayangkan saja, asalkan terhunung dengan internet melalui perantara search engine apa pun yang Anda cari pasti menemukan jawabannya.

Perkembangan internet / sejarah internet yang begitu pesat membuat proses komunikasi antar individu menjadi lebih mudah dan semakin cepat. Kini, seseorang dapat berkomunikasi dengan orang lain menggunakan perangkat berupa smartphone maupun komputer PC melalui aktivitas chatting di jejaring sosial media.

Banyak orang yang telah merasakan bagaimana manfaat internet bagi perkembangan bisnis mereka. Bahkan beberapa orang mulai memanfaatkan akses internet sebagai bisnis utama mereka melalui online shop.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php