Putra Firdaus

3 Jenis Printer Yang Sering Digunakan

Posted: April 14th 2019
3 Jenis Printer Yang Sering Digunakan
3 Jenis Printer Yang Sering Digunakan

3 Jenis Printer Yang Sering Digunakan – Memilih printer tidak bisa asal harga murah, merek terkenal dan lain sebagainya. Melainkan musti teliti tentang kebutuhan, perawatan, garansai dan lain lain. Seiring berkembangnya teknologi, pengertian, fungsi, hingga jenis printer juga terus berkembang hingga terjadi banyak perubahan. Printer merupakan perangkat komponen hardware output yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi sebagai untuk menghasilkan cetakan baik berupa tulisan maupun gambar dari komputer ke media kertas atau sejenisnya.

Saat ini terdapat beberapa jenis printer yang sudah dapat mencetak data dari smartphone tanpa harus menggunakan kabel yaitu dengan menggunkan teknologi Internet. Printer saat ini sudah menjadi kebutuhan utama terutama untuk di daerah perkantoran. Dengan adanya printer, file-file pekerjaan yang dikerjakan di PC atau laptop bisa dicetak menjadi bahan pekerjaan yang sangat penting. Secara sederhanya, printer merupakan sebuah alat atau mesin yang digunakan untuk mencetak. Bisa untuk mencetak tulisan, gambar, foto dan lainya pada sebuah kertas.

Jenis Printer dan Fungsinya

Secara garis besar kita dapat mengelompokkan printer menjadi 3 jenis saja, yaitu printer inkjet, printer laserjet dan printer dot matrik. Karena banyaknya type printer yang ada kali ini kami akan merangkumnya hanya beberapa saja yang paling sering kita jumpai dalam percetakan besar ataupun dalam rumah-rumah biasa. Berikut ini penjelasannya.

1. Printer Inkjet

Printer inkjet ini umumnya menggunakan tinta jenis dye yang merupakan jenis tinta dengan kelebihan hasil cetakan warna yang sempurna tetapi cepat luntur dan kurang tahan terhadap perubahan cuaca. Printer Inkjet merupakan printer yang menggunakan tinta sebagai alat untuk mencetak. Printer ini memberikan tinta ke atas kertas untuk membentuk gambar, hal ini terjadi dikarenakan ada sebuah plat magnet yang langsung mengalirkan tinta ke atas kertas sesuai dengan pola yang diinginkan.

2. Printer LaserJet

Printer laserjet bekerja sangat cepat dan catridgenya bertahan lebih lama. Printer laser adalah printer dengan bahan baku tinta berupa serbuk atau toner. Jenis printer laser jet merupakan jenis printer yang mnggunakan tinta bubuk untuk metode percetakkannya yaitu dengan menggunakan perangkat infra merah. Kualitas cetakan yang dihasilkan selain cepat juga sangat tajam dan hemat biaya tinta. Printer laser sangat tepat digunakan bagi mereka yang frekuensi mencetaknya dalam jumlah banyak.

Cara kerjanya yang mirip dengan mesin fotokopi sehingga menjadikan printer ini mempunyai kelebihan dalam hal kecepatan mencetak dokumen yang lebih cepat bila dibandingkan dengan jenis printer lainnya selain itu kualitas hasil cetakannya juga sangat bagus dan tinta lebih cepat kering bila dibandingkan dengan printer inkjet. Pada printer laser jet memiliki kecepatan cetak yang tinggi dan hasil cetakannya lebih cepat kering seperti pada hasil cetakan pada mesin photo copy.

3. Printer Dot Matrix

Printer Dot Matrix cocok untuk urusan perkantoran, perdagangan. Biasanya dapat ditemukan di kasir kasir. Printer Dot Matrix merupakan printer yang masih menggunakan pita sebagai alat percetakan. Printer Dot-Matrix adalah jenis printer yang resolusi cetaknya masih sangat rendah hal ini disebabkan karena print head printer jenis ini terdiri dari jarum-jarum yang tersusun. Yang perlu anda perhatikan dalam memilih printer seri ini adalah sejauh mana pemakaiannya.

Biasanya printer jenis ini digunakan untuk mencetak dokumen tembusan, yang biasanya digunakan untuk membuat kwitansi, bon, dan dokumen keuangan lainnya. Printer jenis dot matrik memiliki kelebihan dari segi harga pita printer yang murah dan awet digunakan. Printer jenis ini hanya cocok untuk mencetak dokumen berupa tulisan saja dan umumnya printer dot matrik hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Selain itu meskipun harga pita printernya cukup murah, harga printernya sendiri relatif mahal bila dibandingkan dengan printer jenis inkjet.

Kelebihan dan Kekurangannya

1. Printer Inkjet

Kelebihan printer inkjet berada pada Harganya murah dan kualitas cetak foto yang tinggi, jika menggunakan kertas foto khusus. Selain itu kecepatan tinggi untuk pekerjaan ringan. kelebihan lainnya dapat mencetak langsung dari kamera digital atau media card tergantung type dari printer tersebut. Kekurangan printer Inkjet terdapat pada kualitas cetak kadang terlalu rendah standarnya, sehingga kurang bagus untuk kelas bisnis. Pengeluaran untuk tinta bisa mahal dan tinta bisa luntur saat belum kering atau terkena cairan.

2. Printer LaserJet

Kelebihan printer LaserJet terdapat pada kualitas cetak text yang tinggi dan kecepatan cetak tinggi. Selain itu printer ini dapat mencetak berbagai ukuran kertas dan semiliki beragam pilihan termasuk collator dan stapler. Biaya keseluruhan lebih rendah karena kebutuhan tinta kecil. Sedangkan kekurangan dari printer LaserJet adalah untuk harga printer laser warna lebih mahal daripada ink jet warna dan kemungkinan cetak warna yang tidak pas pada printer LED membuat gambar menjadi kabur serta output printer tinta padat bisa membuat paper jam mesin fotokopi atau scanner dengan auto feeder.

3. Printer Dot Matrix

Kelebihan printer Dot Matrix adalah dapat mencetak rangkap sekaligus dan dapat mencetak ukuran kertas yang lebar. Selain itu pita printer dot matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis ink jet dan laser jet. Jenis printer dot matrix sangatlah bervariasi, ada yang berjenis color ada pula yang berjenis non-color. Sedangkan Kekurangan dari printer Dot Matrix adalah ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras dan warna yang dihasilkan tidak bervariasi. Selain itu kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan seperti titik-titik yang saling berhubungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php