Tip untuk Beradaptasi Setelah Cedera Tulang Belakang

Nama saya Bill, dan saya bekerja untuk 180 Medical selama lebih dari 10 tahun. Sekitar 26 tahun yang lalu, saya terlibat dalam kecelakaan motorcross yang membuat saya lumpuh. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang cerita saya di sini . Sejak itu, saya dapat menggunakan pengalaman saya untuk membantu dan menasihati orang lain yang juga beradaptasi dengan kehidupan setelah cedera tulang belakang.

Tip Teratas Bill untuk Beradaptasi Setelah Cedera Tulang Belakang

Sebagai penyandang cacat C5-6, saya ingin berbagi beberapa tip berguna bagi siapa pun yang hidup dengan SCI, terutama bagi mereka yang baru mengalami cedera dan baru saja keluar dari pusat rehabilitasi.

1. Rencanakan rutinitas harian.

Selama dalam terapi rehabilitasi, saya dan rekan-rekan pasien saya dibangunkan setiap hari pada pukul 6:00 pagi dan diatur dengan jadwal yang teratur sampai waktu tidur. Ini karena memiliki rutinitas dapat membantu membangun rasa struktur yang dapat diandalkan setelah cedera tulang belakang, yang mengubah hidup Anda dalam banyak hal.

Oleh karena itu, saya sarankan mencoba untuk tetap berpegang pada sesuatu yang serupa atau membuat rutinitas harian Anda sendiri. Saat kami menciptakan kebiasaan positif, hal itu benar-benar dapat meningkatkan hidup Anda dan membantu Anda beradaptasi dengan kehidupan dengan cedera tulang belakang. Terutama dalam pemulihan awal setelah Anda dibebaskan, memiliki terlalu banyak waktu ekstra tanpa jadwal atau tugas yang harus dilakukan dapat menyebabkan depresi. Temukan sesuatu yang Anda sukai atau ikuti, ciptakan rutinitas, dan pada akhirnya, itu akan menjadi kebiasaan.

Catatan penting: Pastikan untuk melanjutkan program manajemen usus dan kandung kemih Anda seperti yang telah diresepkan oleh dokter Anda, yang mungkin termasuk penggunaan kateter. 

2. Latihan setelah cedera tulang belakang Anda.

Olahraga tidak hanya penting untuk menjaga kesehatan Anda. Ini juga penting untuk menjaga atau menurunkan berat badan. Anda mungkin menemukan bahwa tidak jarang mereka yang mengalami cedera sumsum tulang belakang mengalami kenaikan berat badan karena tidak aktif. Namun, penting untuk mencoba sebaik mungkin untuk tetap bugar.

Selain itu, olahraga juga dapat membantu Anda memperoleh kembali kemandirian. Dengan olahraga teratur, Anda mungkin akan lebih mudah melakukan pemindahan kursi roda dan aktivitas sehari-hari lainnya.

Saat Anda kembali ke rumah setelah dibebaskan, Anda mungkin tidak memiliki akses ke semua peralatan yang diperlukan di rumah. Mungkin ada baiknya memeriksa dengan pusat rehabilitasi Anda untuk melihat apakah mereka menawarkan kunjungan berbasis rawat jalan berkelanjutan, sehingga Anda dapat terus menggunakan peralatan mereka atau mendapatkan bantuan dengan latihan. Anda juga dapat memeriksa gym atau pusat kebugaran setempat, karena mereka mungkin juga memiliki peralatan adaptif.

Peralatan dan Latihan untuk Dipertimbangkan

Saat menjalani terapi rehabilitasi, Anda mungkin telah diajari rutinitas latihan cedera tulang belakang setiap hari . Saya diberi beban dan tali resistansi, dan mereka juga mengajari saya cara mendorong kursi roda.

Untuk berolahraga di rumah, Anda mungkin menemukan bahwa resistance band sangat membantu karena tidak hanya sangat efektif tetapi juga murah. Anda juga dapat membeli pemberat tangan atau bahkan pemberat gelang jika Anda memiliki ketangkasan tangan yang terbatas seperti saya.

Terus bekerja mendorong kursi roda Anda sendiri (jika Anda mampu secara fisik) juga sangat penting. Ketika saya pertama kali kembali ke rumah, saya akan menghabiskan satu jam di siang hari mendorong kursi saya selama dan sekuat yang saya bisa. Pada awalnya, saya hampir tidak dapat mendorong tanjakan, tetapi dengan upaya yang berkelanjutan, saya dapat mendorong sendiri sejauh beberapa mil, yang merupakan kesuksesan besar! Saya juga memastikan untuk terus pergi ke pusat rehabilitasi lokal saya setidaknya tiga kali seminggu untuk mengangkat beban dan melatih ketahanan.

3. Makan dengan baik untuk menjaga kesehatan setelah cedera tulang belakang.

Selain olahraga, menjaga pola makan yang sehat juga penting untuk kesehatan Anda. Terapis rehabilitasi atau profesional perawatan kesehatan Anda mungkin dapat menasihati Anda tentang makanan terbaik untuk kesehatan Anda atau merujuk Anda ke ahli gizi bersertifikat untuk merumuskan diet khusus untuk Anda.

4. Pertimbangkan untuk kembali ke sekolah atau bekerja.

Hidup tidak harus berhenti hanya karena cedera tulang belakang Anda. Anda dapat kembali ke sekolah atau bekerja, yang juga membantu memiliki rutinitas dan jadwal harian.

Jika Anda sudah memiliki pekerjaan sebelum cedera dan berencana untuk kembali bekerja setelah rehabilitasi, majikan Anda harus membantu Anda membuat akomodasi yang diperlukan, sehingga Anda dapat terus bekerja untuk mereka.

Jika Anda tertarik untuk mencoba kembali bekerja atau berencana untuk bekerja di masa depan, hubungi Departemen Layanan Rehabilitasi setempat. DRS dapat membantu pencarian pekerjaan Anda dan juga dapat menyediakan akomodasi yang mungkin Anda perlukan untuk bekerja.

Selain itu, mereka juga dapat membantu Anda membuat rencana untuk melanjutkan pendidikan. Untungnya, mereka juga sering menawarkan sumber daya yang dapat membantu membayar semua atau sebagian biaya pendidikan Anda.

Sekolah dan Beasiswa Setelah Cedera Tulang Belakang

Sebagian besar sekolah dan universitas memiliki departemen khusus untuk membantu kita penyandang disabilitas. Mereka membantu memastikan bahwa kelas Anda dapat diakses oleh Anda, dan jika Anda memiliki kebutuhan khusus lainnya, mereka dapat bekerja untuk membuat akomodasi yang diperlukan untuk Anda. Contohnya bisa berkisar dari meminta seseorang untuk membantu Anda dalam membuat catatan untuk mengubah lokasi kelas jika ruang kelas asli tidak dapat diakses secara fisik.

Juga, banyak peluang beasiswa tersedia bagi kita penyandang cacat, termasuk program beasiswa perguruan tinggi tahunan 180 Medical.

Saya mengenal seorang pria muda yang telah melakukan pekerjaan konstruksi sepanjang hidupnya. Setelah punggungnya patah, dia menyadari bahwa dia tidak dapat lagi melakukan pekerjaan seperti itu lagi. Dia memutuskan untuk kembali ke sekolah, kembali ke sekolah, akhirnya menjadi seorang pengacara, dan telah sangat sukses.

Tidak peduli apa yang Anda lakukan sebelum Anda mengalami cedera tulang belakang, langit adalah batas dari apa yang dapat Anda lakukan di masa depan. Meskipun butuh waktu beberapa lama sebelum saya bisa mendapatkan pekerjaan pertama saya, saya sangat bersyukur akhirnya memiliki tujuan sehari-hari dengan pergi bekerja, karena saya mulai depresi dengan tidak melakukan apa-apa. Apa pun tingkat cedera Anda, lihat opsi pekerjaan apa yang mungkin tersedia untuk Anda jika itu menarik.

5. Bergabunglah dengan kelompok pendukung cedera tulang belakang lokal atau virtual.

Saya tidak bisa mengatakan cukup banyak hal baik tentang kelompok pendukung. Pertemuan ini bisa sangat bermanfaat. Tidak hanya memungkinkan Anda untuk berbagi ide dengan orang-orang yang akan atau telah mengalami hal yang sama, tetapi beberapa teman terbaik saya hari ini adalah orang-orang yang saya temui melalui kelompok dukungan lokal saya.

Sebagian besar negara bagian, kota, atau kota besar memiliki pertemuan kelompok pendukung cedera tulang belakang atau semacam asosiasi. Misalnya, saya berasal dari kota kecil berpenduduk sekitar 15.000 orang, dan bahkan di sana, kami memiliki grup yang bertemu setiap bulan. Jumlah kami tidak banyak, tetapi senang bertemu orang-orang di daerah saya dengan disabilitas serupa dan memahami beberapa masalah yang juga saya hadapi. Jika Anda tinggal di daerah pedesaan, Anda mungkin harus pergi ke tempat pertemuan terdekat. Asosiasi Tulang Belakang di Kota Oklahoma menawarkan rapat mereka melalui Skype sehingga orang yang tidak dapat menghadiri rapat tersebut masih dapat berpartisipasi. Jika belum ada kelompok pendukung di daerah Anda, Anda dapat mempertimbangkan untuk memulainya.

6. Gunakan sumber daya online yang tersedia untuk cedera sumsum tulang belakang.

Ada banyak sekali informasi yang tersedia untuk Anda di internet, mulai dari informasi pendidikan, aktivitas komunitas, grup dukungan lokal, webinar yang berguna, perlengkapan dan pakaian adaptif, asosiasi amal, dan banyak lagi. Jika anda sudah menemukan artikel ini, maka anda sudah paham maksud saya.

Saya telah menulis beberapa blog untuk 180 Medical membahas semua jenis masalah yang mungkin juga berguna bagi Anda, mulai dari mencapai kemandirian sebagai penyandang cacat , bepergian , pakaian adaptif untuk orang-orang di kursi roda , dan bahkan pengalaman saya dengan olahraga adaptif seperti kayak .

7. Mulai mengemudi lagi.

Bagi saya, secara pribadi, berada di belakang kemudi lagi adalah langkah terbesar dalam merasa seolah-olah saya telah mendapatkan kemerdekaan saya kembali. Meskipun saya tahu bahwa beberapa orang memiliki tingkat cedera yang terlalu parah untuk dapat mengemudi sendiri, banyak orang lainnya masih dapat melakukannya.

Kebanyakan orang lumpuh dapat berpindah ke mobil atau truk, mematahkan kursi roda mereka, dan memasukkannya ke dalam kendaraan mereka, jadi satu-satunya modifikasi yang mungkin mereka perlukan adalah kontrol tangan dan mungkin kenop roda kemudi. Modifikasi ini biasanya di bawah beberapa ribu dolar. Sebagai penderita lumpuh, saya membutuhkan van dengan lift, pembuka pintu otomatis, alas kursi 6 arah, kontrol tangan, dan tri-pin di setir saya. Namun, modifikasi adaptif pada kendaraan seseorang ini bisa menjadi sangat mahal. Ada lebih banyak jenis modifikasi yang tersedia.

Siap untuk kembali bekerja? Departemen Layanan Rehabilitasi mungkin membantu membayar modifikasi kecacatan. Namun, perlu diingat bahwa Anda bertanggung jawab untuk membayar kendaraan Anda.

Selain itu, jika Anda berencana membeli kendaraan baru, banyak produsen menawarkan bantuan untuk membayar modifikasi peralatan adaptif Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *