3 Manfaat Teratas dari Yoga Adaptif

Tidak hanya Bulan Kesadaran Cedera Tulang Belakang September, tetapi juga Bulan Kesadaran Yoga. Sebagai seorang wanita yang hidup dengan cedera tulang belakang, saya telah menemukan bahwa berlatih yoga dan meditasi sangat bermanfaat bagi saya. Berkat pengalaman saya dalam memimpin kelas meditasi, saya telah melihat secara langsung bagaimana hal itu dapat bermanfaat bagi orang lain juga. Jadi dengan posting terbaru saya, saya ingin berbicara tentang manfaat yoga adaptif bagi mereka yang menderita cedera tulang belakang atau kecacatan lainnya.

Apa itu Adaptive Yoga?

Yoga adalah praktik yang berasal dari India ribuan tahun yang lalu. Hari ini, itu telah menjadi salah satu bentuk olahraga paling populer. Ini menggabungkan gerakan fisik yang lembut dan peregangan dengan fokus pada perhatian dan pernapasan. Ini bisa menjadi latihan spiritual bagi sebagian orang, sementara yang lain lebih suka berlatih yoga untuk kesehatan fisik mereka.

Yoga adaptif adalah cara membuat latihan yoga lebih mudah diakses oleh semua orang, tidak peduli bentuk, mobilitas, berat badan, dan tingkat energinya. Ini membuatnya sempurna untuk penyandang disabilitas – bahkan bagi kita yang menggunakan kursi roda! Karena ada begitu banyak variasi yoga, mudah untuk menyesuaikan rutinitas agar sesuai dengan siapa pun, termasuk orang-orang dengan keterbatasan fisik seperti kelumpuhan, kelelahan kronis, kelemahan otot, dan banyak lagi.

Secara pribadi, saya telah melihat banyak manfaat dari berlatih yoga adaptif bersama dengan meditasi selama 20 tahun terakhir sejak cedera tulang belakang saya . Saya menemukan bahwa aspek perhatian dan meditasi menenangkan dan memperkuat pikiran saya. Plus, latihan peregangan dasar sama bermanfaatnya.

Jika Anda belum mencoba yoga atau meditasi, mungkin tip saya dapat membantu Anda memutuskan apakah Anda ingin mencobanya. Tentu saja, sebaiknya bicarakan dengan dokter Anda sebelum memulai untuk mengetahui apakah jenis latihan ini merupakan pilihan yang baik untuk Anda.

3 Manfaat Teratas dari Yoga Adaptif

1. Meningkatkan kesehatan mental dan mengurangi tingkat stres

Yoga adaptif, juga dikenal sebagai yoga yang dapat diakses, adalah latihan yang aman dan mendukung yang menggabungkan gerakan dan pose lembut dengan pernapasan terfokus.

Menurut American Institute of Stress , bernapas dalam-dalam dapat mengubah cara tubuh dan pikiran Anda merespons stres, termasuk penurunan detak jantung, tekanan darah rendah, dan berkurangnya ketegangan otot. Manfaat ini dapat sangat membantu bagi kita yang hidup dengan trauma, seperti jenis yang dapat terjadi setelah cedera tulang belakang, stroke, atau diagnosis penyakit atau penyakit kronis.

Dalam sebuah penelitian baru – baru ini , para peneliti menemukan bahwa individu dengan cedera tulang belakang yang mulai berlatih yoga mengalami beberapa perbaikan emosional dan mental. Misalnya, mereka melaporkan lebih sedikit insiden depresi serta lebih banyak welas asih dan perhatian penuh. Peserta dalam penelitian ini melihat perubahan positif ini hanya setelah 6 minggu sesi yoga dua kali seminggu.

2. Kesejahteraan fisik dan fleksibilitas yang lebih baik

Menurut majalah Yoga Journal , berlatih yoga dapat memberikan manfaat fisik seperti kekuatan otot, perbaikan postur tubuh, peningkatan kelenturan, dan banyak lagi. Beberapa orang juga merasakan penurunan kejang otot dan rasa sakit yang lebih sedikit, sementara yang lain merasa bahwa yoga telah membantu mereka mendapatkan kembali postur tubuh yang lebih baik dan lebih banyak kekuatan pada anggota tubuh bergerak mereka.

Bahkan jika Anda hidup dengan kelumpuhan seperti yang saya lakukan, Anda masih dapat mengerjakan bagian-bagian yang tidak dapat kita gerakkan dengan memindahkannya sendiri secara manual. Kita juga dapat melakukan hal yang sama untuk area tubuh sehingga kita dapat melatih bagian yang tidak dapat kita gerakkan dengan benar-benar menggerakkannya sendiri, kita juga dapat melakukan hal yang sama untuk area tubuh yang dapat kita kendalikan. Meregangkan lengan, menggerakkan batang tubuh ke bawah hingga menyentuh jari-jari kaki, sambil menurunkan kepala sepenuhnya adalah cara yang bagus untuk berolahraga.

Saya menemukan semakin sering saya melakukan jenis gerakan ini, semakin sedikit kejang yang saya alami saat duduk di kursi roda. Ini selalu merupakan cara yang bagus untuk mengencangkan otot, serta melumasi sendi, ligamen, dan tendon.

3. Dapat dilakukan di mana saja – bahkan di kursi roda Anda.

Yoga adaptif dapat dilakukan di mana saja dan oleh siapa saja dengan tingkat gerakan apa pun. Anda tidak harus memaksakan tubuh Anda untuk berpose keras, dan Anda tidak harus memiliki tubuh yang sehat. Dan yang terbaik bagi kita yang menggunakan kursi roda, kita dapat melakukannya dengan mudah sambil duduk. Selain itu, yoga mudah dilakukan, bahkan anak-anak dan manula pun dapat melakukannya.

Saya telah menjadikan yoga sebagai bagian dari rutinitas pagi saya ketika saya berpakaian untuk hari itu. Ini sangat mudah dan tidak memakan banyak waktu. Saya menghabiskan sekitar 10 menit setiap hari untuk meregangkan kaki saya. Saya berkonsentrasi pada pergelangan kaki saya karena mereka cenderung terlalu kencang dengan cepat. Sama seperti saya dapat meregangkan, menarik diri ke depan, atau menarik bahu ke belakang, saya juga dapat mengangkat satu kaki pada satu waktu dan memeluknya.

Saya menemukan latihan yoga ini sangat membantu pada hari-hari saya duduk di kursi roda lebih lama dari biasanya. Anda akan menemukan bahwa semakin sering Anda melakukan jenis latihan ini, Anda akan meningkatkan kelenturan Anda saat bergerak di kursi roda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *