Blogku

week 12 : Data, Knowledge, and Decision Support

Posted: December 11th 2012

Tugas utama dari seorang manajer adalah membuat keputusan untuk mencapai tujuan. Mereka memiliki peran informational dan peran interpersonal dimana mereka mengambil keputusan mengenai banyak hal. Mulai dari entrepreneur, mengatasi masalah, mengalokasikan sumber daya, hingga menjadi seorang negosiator.

Seorang manajer yang baik adalah manajer yang mampu memaksimalkan IT guna mendukung kelancaran tugas-tugasnya, karena :

  • Jumlah informasi yang tersedia sangat banyak
  • Pengelolaan informasi secara manuala semakin sulit untuk dilakukan
  • Komputerisasi membantu mengelola hal yang kompleks

Berbagai tipe pendukung keputusan :

  • DSS (Decision Support System) : merupakan system informasi interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan, dan pemanipulasian data yang digunakan untuk membantu pengambilan keputusan pada situasi yang semiterstruktur dan situasi yang tidak terstruktur dimana tak seorang pun tahu secara pasti bagaiman seharusnya keputusan dibuat.
  • EIS (Enterprise Decision Support) : digunakan untuk memenuhi kebutuhan informasi dari eksekutif. Dimana soerang eksekutif membtuhkan akses data yang cepat denagn tampilan user interface yang mudah dipahami, berbasis tampilan grafik, sering terkoneksi dengan layanan informasi online dan juga terintegrasi dengan e-mail.
  • GDSS (Group Decision Supports System) : igunakan untuk memfasilitasi pengambilan keputusan yang terstruktur atau tidak terstruktur oleh sekelompok pengambil keputusan.

Teknik Data Visualization:

  • Visual interactive modelling (berbasis grafik)
  • Visual interactive simulation (menggunakan simulasi/animasi)
  • Geographic information system (menampilkan data menggunakan peta digital)

Manajemen pengetahuan merupakan keterkaitan antara 5 bidang berikut, yaitu :

  • Knowledge assets
  • Best practice
  • Intellectual capital
  • Knowledge system
  • Competitive intelligence

Manfaat dari Manajemen pengetahuan adalah :

  • Mereorganisasi suatu perusahaan menjadi perusahaan berbasis pengetahuan.
  • Membuat jabatan baru, Chief Knowledge Officer (CKO).
  • Memfasilitasi pembelajaran organizational.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php