Blogku

week 5 : Computer Software

Posted: October 9th 2012

Masalah Software :

–          Software harus diupdate untuk memenuhi kebutuhan

–          Peningkatan kompleksitas menyebabkan potensi peningkatan “bug”

–          Maintenance yang dilakukan cenderung mahal harganya

Istilah dalam Software :

– Computer programs : sekumpulan instruksi untuk komputer

– Stored program : program yang disimpan

– Programming : proses untuk menulis program

– System software : berisi instruksi untuk memanage hardware

– Application software : berisi instrulsi yang berisi instruksi khusu dari pengguna.

Ada 2 jenis system software : 

1. System Control Programs : Mengontrol penggunaan semua sumber daya sistem (hardware, software, data)

 Tugas sistem operasi :

  • mengawasi keseluruhan operasi komputer
  • mengalokasikan waktu CPU dan memori utama untuk program yang berjalan pada komputer
  • menyediakan antarmuka antara pengguna dan perangkat keras

Dalam sistem operasi terdapat beberapa layanan :

  • Process management-> mengelola program (s) berjalan pada prosesor
    • Multitasking atau Multiprogramming
    • Multithreading
    • Timesharing
    • Multiprocessing
  • Virtual memory – Mensimulasikan lebih memori utama daripada benar-benar ada dalam sistem komputer
  • Manajemen file dan keamanan – Mengelola pengaturan, dan akses ke file diadakan di penyimpanan sekunder
  • Fault toleranceSistem dapat menghasilkan hasil yang benar dan terus beroperasi bahkan di hadapan kesalahan atau kesalahan
  • User interface – Memungkinkan pengguna untuk memiliki kontrol langsung dari objek yang terlihat (ikon) dan tindakan yang mengganti sintaks perintah yang kompleks

 2. System Support Programs : dukungan kemampuan khusus (Mendukung operasi, manajemen, dan pengguna sistem komputer)

Contoh :

  • Sistem Utilitas : Melakukan tugas umum: menyortir catatan, memeriksa integritas disk, menciptakan direktori dan subdirektori, memulihkan file tidak sengaja terhapus, mencari file yang tersimpan, mengelola penggunaan memori, dan mengarahkan output.
  • Performance monitors :  memantau proses pekerjaan,  menghasilkan laporan statistik pada penggunaan sumber daya sistem
  • Security monitors : memantau penggunaan sistem komputer untuk melindungi dan sumber daya dari penggunaan yang tidak sah, penipuan, atau perusakan.

Application Software : Instruksi yang melakukan tugas-tugas pengguna tertentu

Tipe :

  • Proprietary application software : khusus dibuat untuk kebutuan tertentu
  • Off-the-shelf application software : software dibuat untuk dijual

Masalah yang terjadi pada Software :

  • Software Licensing
  • Software Upgrades
  • Open Systems
  • Open Source Software

Bahasa Pemrograman

  • Generasi pertama : Machine Language,  terdiri dari nilai 0 dan 1,  merupakan satu-satunya bahasa yang dimengerti komputer)
  • Generasi Kedua : Assembly Language, satu-ke-satu korespondensi ke bahasa mesin, lebih user-friendly dari bahasa mesin (mnemonic daripada digit biner), assembler – program yang menerjemahkan program bahasa assembly ke bahasa mesin
  • Generasi Ketiga : Procedural Languages, salah satu instruksi diterjemahkan ke dalam instruksi banyak bahasa mesin, Contoh: Cobol, C, Fortran, QuickBasic
  • Generasi Keempat : Nonprocedural Languages, memungkinkan pengguna untuk menentukan hasil yang diinginkan tanpa harus menentukan prosedur rinci yang diperlukan untuk mencapai hasil, contoh – data base bahasa query – SQL
  • Generasi Kelima : Natural Language Programming Languages, menerjemahkan bahasa alami ke dalam bentuk, terstruktur mesin-dibaca, sangat kompleks dan eksperimental
  • Visual Programming Languages, digunakan dalam lingkungan grafis, contoh: Visual Basic dan Visual C + +, populer untuk pengguna non teknis
  • Hypertext Markup Language (HTML), standar bahasa yang digunakan dalam World Wide Web, berisi teks, gambar, dan jenis-jenis informasi seperti file data, audio, video, dan program komputer dieksekusi
  • Extensible Markup Language (XML), peningkatan pada fungsi dokumen web
  • Component-ware, software komponen yang dapat dirakit oleh pengembang yang diperlukan,  “Plug and Play” pengembangan perangkat lunak
  • Virtual Reality Modeling Language (VRML), format file untuk menggambarkan tiga dimensi dunia interaktif dan benda-benda, dapat digunakan dengan World Wide Web
  • Object-Oriented Programming Languages (OOP),  berdasarkan obyek – Kemasan data dan petunjuk tentang apa yang harus dilakukan dengan data bersama-sama, contoh: Java, C + +, unified Modeling Language (UML) – alat untuk pemodelan sistem berorientasi objek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php