be a smart student


Untuk menjadi sarjana  semestinya cukup waktu empat tahun. Kurikulum dari semua program studi strata 1 di universitas atau sekolah tinggi sudah dirancang demikian.  Namun dalam prakteknya, tidak banyak mahasiswa yang berhasil menyelesaikan studinya tepat waktu.

Tentunya banyak faktor yang menyebabkan kondisi tersebut: bangun kurikulum, proses pembelajaran, sarana pendukung, dosen dan mahasiswa.  Pada tulisan ini saya akan membatasi pada faktor terakhir, mahasiswa.

Apakah yang perlu disiapkan untuk bisa menyelesaikan studinya tepat waktu dengan hasil yang memuaskan?

Ketika kita sekolah dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas, telah diajarkan menjadi pekerja keras.  Jadwal dan disiplin ketat, serta disertai banyak pekerjaan rumah.   Selain itu pengawan dan  bimbingan guru selalu melekat.  Kondisi tersebut berubah total saat studi di perguruan tinggi.  Jadwal kuliah memang ketat juga, namun pengawasan dosen tidaklah seketat saat sekolah, bukan? Demikian juga dengan tugas-tugas.  Perbedaan yang mencolok adalah soal kemandirian.  Studi di pertguruan tinggi adalah pendidikan untuk orang dewasa. Karenanya diasumsikan  mahasiswa mempunyai kemandirian yang cukup.

Asumsi ini tentunya tidak seratus persen benar. Untuk menyiapkan prasyarat tersebut, pihak pengelola kemudian menyelenggarakan berbagai program pengenalan kampus dan studi di perguruan tinggi. Berbagai nama pernah kita dengar untuk program tersebut: inisiasi, OPSPEK, atau bridging programme .

Dari pengalaman pribadi selama studi dan pengalaman mendampingi mahasiswa, untuk sukses studi tidaklah cukup bekerja keras, anda harus menjadi a smart student.  Lalu apa yang diperlukan untuk bisa menjadi smart?

Ada beberapa ketrampilan belajar (study/learning skills) yang perlu dikuasai dan dipraktekkan dengan baik dan terpola. Ketrampilan belajar yang utama adalah gaya belajar, critical thinking, teknik membaca, teknik mencatat, teknik mencari sumber informasi (ilmiah), teknik menulis ilmiah, strategi menghadapi ujian, kerjasama tim, dan teknik presentasi.  Topik-topik tersebut akan saya bahas pada posting selanjutnya.   Sambil menunggu, tidak ada salahnya anda memulai dengan menengok situs-situs  berikut:

This entry was posted in Edukasi, Study Skills. Bookmark the permalink.

Leave a Reply