pradhanahanggarjita

PTI {COMPUTER HARDWARE}

Posted: September 23rd 2012

Pada minggu keempat ini kami mepelajari tentang Computer Harware, secara garis besar berisi tentang bagian-bagian dari komputer. Beberapa komponen keras dalam sistem informasi contohnya CPU (central processing unit)/system unit, Memory (primary and secondary storage), input devices, output devices. Ada dua komponen motherboard contohnya : processor dan memory atau lebih disebut ram. Beberapa komponen yang ada dalam computer processor, memory, adapter card, ports, drivebays, power supply. Adapun adapter card dibedakan menjadi 4 yaitu sound card, modem card, video card, network card. Pengetian dari motherboard adalah unit system yang berisi kartu adapter, chip prosessor, dan chip memory komponen komponen tersebut sering disebut dengan nama system board. Dalam sebuah computer pasti ada yang namanya mikroprosesor yang digunakan untuk mengeksekusi instruksi untuk melakukan tugas pengolahan data.

Ada beberapa urutan dalam sebuah computer yaitu control unit digunakan untuk akses intruksi program, control data di seluruh system. Arithmetic-Logic Unit (ALU) digunakan untuk melakukan penghitungan data, dan perbandingan data dala system. Register digunakan untuk menyimpan data dan instruksi dari Arithmetic-Logic Unit (ALU). Kemudian langakah selanjutnya melalui memori utama didalamnya berisi komponen elektronik yang gunanya untuk menyimpan instruksi, data, dan hasil. Sebenarnya ada beberapa jenis memori yang biasa digunakan untuk menyimpan data contohnya disket, vcd, dvd, flasdisk, ataupun menggunakan harddisk. Komputer adalah digital, dan mewakili data dalam pola bit
Bit adalah istilah untuk digit biner. Sistem biner terdiri dari dua nilai: 0 & 18 bit = byte. Bytes merupakan ukuran dasar dari penyimpanan di komputer. Kode ASCII memberikan karakter unik untuk setiap pola 1s 0s & dalam byte. Kilobyte, Megabytes, Gigabytes, terabyte itu adalah beberapa satuan.

Komputer umumnya diklasifikasikan oleh kekuatan pemrosesan mereka beberapa contohnya Supercomputers, Mainframes, Midrange, Workstations, Microcomputers, Computing appliances, Classification boundaries are blurred. Supercomputers biasanya digunakan karena sangat canggih dan tercepat,sedangkan Mainframes digunakan karena memori sangat besar 5o Megabyte Untuk Lebih dari Satu Gigabyte Ram biasanya digunakan oleh militer, untuk mini computer digunakan karena digunakan di pabrik lab ataupun universitas datanya besar 10 Megabyte untuk Lebih dari Satu Gigabyte Ram, untuk microcomputer biasanya digunakan untuk desktop atau computer portable. Untuk perbaikan dibeberapa aspek dikantor-kantor kita harus memperhitungkan juga keuntungan dan kerugian jika menggunakan teknologi tersebut, jika tidak maka kita hanya akan membuang uang secara sia-sia saja.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php