pradhanahanggarjita

PTI {Busines and Information Technology}

Posted: September 11th 2012

Pada minggu pertama ini kami mepelajari tentang BUSINESS AND INFORMATION TECHNOLOGY atau lebih disebut dengan Bisnis dan Teknologi Informasi. Ada beberapa karakteristik contohnya rapid change(cepat berubah), complexity(kompleksitas), Global economy(ekonomi global), Hyper-competition(hyper-kompetisi), Costumer focus(focus kepada kostumer). Bisnis juga menghadapi tekanan untuk menghasilkan lebih banyak dengan sumber daya yang lebih sedikit. Tekanan bisnis biasa menyebabkan provokasi respon organisasi proaktif dan reaktif. Beberapa ospek yang dapat menyebabkan tekanan bisnis sepeti contohnya Market,Teknologi,Sosial. Pengertian dari market itu sendiri adalah kompetisi global yang menggantikan link kerja, untuk teknologi adalah inovasi yang dapat menimbulkan ketertinggaln bagi bisnis teknologi, sedangkan social adalah tanggung jawab social terhadap lingkungan bisnis.

Beberapa cara yang bisa dilakukan dengan IT dan ada konsekuensi penggunaan TI sangat menarik contohnya E-banking,GPS,GPRS. Struktur organisasi, manajemen, dan proses bisnis sering berubah dengan IT contohnya mempersingkat proses kerja,pelanggan orientasi, penyimpanan informasi lebih baik. Banyak karier yang dapat didaptkan dari IT contohnya sales department,departemen keuangan,departemen pemasaran,pabrik dan juga pengolahan makanan. Setelah mempelajari beberapa hal diatas mulai masuk pada definisi tentang Data, Informasi, Pengetahuan,Computer literacy. Pengertian dari data fakta yang masih mentah dan belum terorganisir, untuk Informasi pengertiannya data yang terorganisir dalam cara yang berarti, pengertian dari pengetahuan adalah informasi yang digunakan untuk menyampaikan pemahaman pembelajaran, sedangkan untuk computer literacy adalah pengetahuan dan pemahaman tentang computer. Ada beberapa contohnya gambar audio/gambar, grafis, text, voice, analisis marketing, laporan produksi, dan lain-lain.

System adalah suatu set komponen untuk mendukung tujuan bersama. Ada 6 komponen yang sangat penting input, processing, output, control, feedback, boundary. Beberapa contoh input seperti webcame, keyboard, scanner, mouse. Sedangkan contoh dari output seperti monitor, speaker, printer. Ada satu lagi hal yang paling penting yaitu unit sytem yaitu PC jika tidak ada sytem ini maka computer tidak bisa hidup. Dari beberapa kasus dapat disimpulkan bahwa computer adalah perangkat elektronik yang dioperasikan berdasarkan memori-memori yang disimpan dalam suatu memori perangkat lunak. Beberapa komponen dalam computer yaitu hardware, input, output. Input digunakan untuk memasukkan data sedangkan output untuk mengeluarkan sytem, dan system unit untuk memproses data. Ada 2 komponen motherboard yaitu processor dan memori. Dalam suatu computer juga harus memiliki software computer, sebuah program untuk mengetahui system kerja suatu computer. Ada 2 macam software yaitu aplikasi dan system. Aplikasi software program yang digunakan untuk users.

Ada beberapa kategori computer mulai dari personal computer(deskop), mobile computer & mobile devise, midrage servers, mainframe, super computer.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php