Priyo Dwi Utomo

Function, Enterprise, and Interorganizational System

Posted: November 18th 2012

Pada post ini saya akan menjelaskan tentang Function, Enterprise, and Interorganizational System. Pada pertemuan ke 9 saya dijelaskan oleh Pak Sigit mengenai bab ini. Berikut akan saya jelaskan lagi lewat tulisan saya.

Functional Information System

Adalah sekumpulan sistem yang terdiri dari beberapa sistem informasi kecil yang berfungsi untuk merekam sekaligus menyimpan data. Transaction Processing Systems berfungsi sebagai pemrosesan order, hutang dan piutang, manajemen persediaan, pengiriman, dan penerimaan, data besar perusahaan, daftar gaji dan periodic reports and statements.

Sistem Informasi Manajemen

Manajemen Information Server menggunakan data dari Transaction Processing System sebagai data dasar. Sistem ini memiliki fungsi sebagai penyedia informasi setiap hari bagi manajemen. Sistem ini juga berfungsi sebagai report data.

Decision Suport System

Adalah suatu sistem yang membantu manajer melakukan pengambilan keputusan. Sistem ini hampir sama dengan MIS namun lebih kompleks dan hebat. User dapat berinteraksi secara langsung dengan sistem ini.

Sistem informasi Interorganizational

Adalah suatu sistem elektronik yang berisi beragam informasi yang melingkup antara beberapa organisasi yang terhubung. Sistem ini mempunyai keunggulan yaitu proses transaksi menjadi lebih efisien, namun sistem ini juga memiliki kekurangan, diantaranya yaitu pengaruh politik budaya dan ekonomi.

Seperti itulah yang saya tangkap dari penjelasan Pak Sigit tentang Function, Enterprise, and Interorganizational System. Semoga membantu. Thanks


Leave a Reply

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php