Priyo Dwi Utomo

Internet, Intranet, dan Ekstranet

Posted: November 9th 2012

Pada post ini saya akan menjelaskan tentang Internet, Intranet, dan Ekstranet. Pada pertemuan ke 8 saya dijelaskan oleh Pak Sigit mengenai bab ini. Berikut akan saya jelaskan lagi lewat tulisan saya.

Internet mempunyai peran yang sangat penting dalam kehidupan modern sekarang. Bayangkan saja jika internet kita down, pasti akan sangat menyusahkan. Pekerjaan akan terhambat. Bayangkan saja koneksi internet kita down padahal kita ada tugas untuk membuat blog ini, tidak akan bisa bukan? Maka itu internet sangat berperan dalam kehidupan manusia modern sekarang. Dengan internet kehidupan kita akan sangat dimudahkan teruatama dalam hal pertukaran informasi. Seperti tidak ada penghalang jika kita bisa memanfaatkan internet dengan baik. Informasi-informasi apapun terdapat bebas di internet.  Juga ada intranet dan extranet yang memiliki kegunaan yang sama dalam hal fungsionalny mencari informasi sebanyak-banyaknya dengan cepat dan tepat.

Internet adalah jaringan terbesar di dunia yang digunakan untuk pertukaran informasi yang saling terhubung menggunakan sebuah standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) yanfg digunakan oleh hampir setiap orang di dunia. Internet sangat membantu organisasi-organisasi, lembaga pemerintah, sekolah-sekolah dan masih banyak lagi.

Internet juga menyediakan jasa komunikasi-komunikasi bagi para penggunanya, diantaranya :

    • E-Mail, merupakan sebuah pesan elektronik. Kita bisa dengan mudahnya dan cepatnya menulis sebuah surat ke teman kita.
    • Chatting, adalah komunikasi yang lebih hidup, interaktif, percakapan tertulis berdasarkan kelompok topik yang dibicarakan.
    • Telnet, remote working atau bisa dijelaskan seorang user melakukan pekerjaan di komputer lain melalui jaringan internet.
    • Instant Messaging, Teks pesan instan antara pengguna internet.

Intranet adalah jaringan lingkup yang lebih sempit, misal dalam lingkup perusahaanyang menyediakan layanan untuk karyawannya bertukar informasi dengan mudah dan cepat. Intranet menggunakan semua Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya, klien dan juga server.

Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain. Ekstranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan.

Seperti itulah yang saya tangkap dari penjelasan Pak Sigit tentang Internet, Intranet, dan Ekstranet. Semoga membantu. Thanks


Leave a Reply

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php