Priyo Dwi Utomo

Telekomunikasi dan Jaringan

Posted: October 31st 2012

Pada post ini saya akan menjelaskan tentang Telekomunikasi dan Jaringan. Pada pertemuan ke 7 saya dijelaskan oleh Pak Sigit mengenai bab ini. Berikut akan saya jelaskan lagi lewat tulisan saya.

Telekomunikasi dan Jaringan memiliki arti sebuah proses yang terjadi antara 2 atau lebih perangkat multimedia atau komputer yang mampu mentransfer suatu data, instruksi, dan informasi. Dengan ini suatu organisasi akan sangat dimudahkan dalam bekerja, misal dalam transfer data dan berbagi informasi, baik dalam jaringan lokal maupun interlokal.

Suatu jaringan dibagi menjadi 2 macam yaitu yang memakai kabeh dan tanpa kabel atau bisa disebut wireless. Jaringan wireless mentransfer data melalui gelombang radio yang terbagi menjadi 2 yaitu analog dan digital.

Dalam jaringan terdapat komponen-komponen pendukung terjadinya suatu komunikasi, yaitu:

1. Hardware

Perangkat utama dalam telekomunikasi, berfungsi sebagai alat pengirim dan penerima data. Terdapat 3 jenis yaitu Modem (analog-digital), Multiplex (kabel telepon) dan Front End Processor.

2. Media

Komunikasi tidak akan berlajan ketika tidak ada media. Media memiliki peran sangat penting di telekomunikasi. Beberapa media telekomunikasi yaitu Twisted pair wire, Kabel coaxial, Kabel fiberoptic, Microwave, Radio, Infrared, dll.

3.  Network

Network memiliki fugsi sebagai penghubung antara media, hardware maupun software dalam komunikasi. Network terbagi menjadi 2 yaitu LAN (Local Area Network) dan WAN (Wide Area Network)

4.  Software

Software merupakan komponen penting dalam telekomunikasi. Software berperan sebagai sistem dari telekomunikasi tersebut. Berfungsi sebagai keamanan terhadap privasi dan error-fixing.

5.   Provider

Penyedia layanan provider, layanan yang menyangkut Internet (Internet Service Provider)

6.   Protocol

Protocol berfungsi sebagai pengatur bagaimana komunikasi bisa ditampilkan. Protocol antara lain yaitu Ethernet dan Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP-IP)

Seperti itulah yang saya tangkap dari penjelasan Pak Sigit tentang Telekomunikasi dan Jaringan. Semoga membantu. Thanks


Leave a Reply

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php