Priyo Dwi Utomo

Manajemen Data dan Informasi

Posted: October 31st 2012

Pada post ini saya akan menjelaskan tentang Manajemen Data dan Informasi. Pada pertemuan ke 6 saya dijelaskan oleh Pak Sigit mengenai bab ini. Berikut akan saya jelaskan lagi lewat tulisan saya.

Dalam sebuah Sistem Informasi, terdapat banyak sekali data dan informasi, maka dari itu dibutuhkanlah pengaturan data dan informasi tersebut. Bayangkan saja jika data dan informasi tidak beraturan, pasti kita akan kesulitan untuk mengaksesnya.

Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan atau bisa dikatakan masih mentah, belum diolah. Data adalah fakta-fakta yang belum diorganisir. Sedangkan Informasi adalah kumpulan data yang sudah terolah atau terorganisir.

Data terdiri dari kumpulan files

Files terdiri dari kumpulan record

Record adalah kumpulan field

Field terdiri dari kumpulan berbagai macam karakter

Terdapat berbagai macam tipe data, yaitu auto-number, text, numeric, currency, object, hyperlink dan masih banyak lagi.

Terdapat juga Primary key (identitas unik field pada record), Secondary key (identitas grup dari record), Entity (deskripsi dari  records), dan Attribute (deskripsi dari fields)

Dalam Pengaksesan database ,ada 2 jenis tempat penyimpanan data, Centralized dan Distributed. Pada centralized database memanage data akan lebih mudah karena semua data berada pada satu lokasi yang sama, begitupun ketika dilakukan maintenance, proses akan dimudahkan dengan centralized database. Tetapi centralized database lebih lambat dalam prosesnya karena mungkin terlalu banyak data yang tersimpan di dalamnya. Sedangkan pada distributed database, akan lebih cepat dalam prosesnya karena pengambilan datanya terbagi-bagi sehingga tidak terlalu membebani seperti pada centralized database. Kekurangannya hanyalah ketika maintenance, recovery data akan lebih sulit karena data terbagi-bagi di banyak lokasi.

Masuk ke DMBS, DBMS adalah suatu sistem atau perangkat lunak yang dirancang untuk mengelola suatu basis data dan menjalankan operasi terhadap data yang diminta banyak pengguna. DBMS dirancang untuk bisa mengelola data-data dalam jumah besar. DBMS juga dirancang untuk bisa memanipulasi data dengan lebih mudah. Komponen DBMS terdiri dari Definition Language (DDL), Data Manipulating Language (DML), dan Data Dictionary.

Fungsi DMBS yaitu:

Meningkatkan strategi penggunaan data perusahaan
Mengurangi kompleksitas dari IS environment
Mengurangi redundan dan inkonsistensi data
Meningkatkan data integrity
Application/data independence
Meningkatkan keamanan data
Mengurangi biaya pengembangan dan pemeliharaan
Meningkatkan fleksibility dari IS
Meningkatkan akses data
.
Seperti itulah yang saya tangkap dari penjelasan Pak Sigit tentang Manajemen Data dan Informasi. Semoga membantu. Thanks

Leave a Reply

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php