ICIDO'S

WEEK 10 : E-COMMERCE

Posted: November 19th 2012

Sejarah dan Ruang Lingkup E-Commerce (EC)
sejarah
-Dimulai pada awal 1970-an (jauh sebelum Internet terbuka untuk penggunaan komersial)
-Terbatas untuk perusahaan besar awalnya
-Dana Elektronik Transfer (EFT) dan Electronic Data Interchange (EDI)

Hari lingkup Termasuk
-pengiklanan
-rumah perbankan
-berbelanja di toko-toko elektronik dan mal
-membeli saham
-mencari pekerjaan
-melakukan lelang-
-berkolaborasi secara elektronik dengan mitra bisnis di seluruh dunia
-menyediakan layanan pelanggan

Defini dan Konsep EC
-Electronic Commerce (EC) adalah proses pembelian, penjualan, atau bertukar produk, jasa, dan informasi melalui jaringan komputer, terutama internet

EC didefinisikan dari perspektif ini
-komunikasi
-proses bisnis
-layanan
-online
-kolaborasi
-masyarakat

Tradisional commerce: semua dimensi yang fisik
Bata-dan-mortir organisasi
Lama-ekonomi organisasi (perusahaan)
Lakukan semua bisnis off-line
Menjual produk fisik dengan cara agen fisik

EC VS E-Bussines
E-bisnis adalah definisi yang lebih luas dari EC yang meliputi tidak hanya pembelian dan penjualan barang dan jasa, tetapi juga
pelayanan pelanggan
Bekerja sama dengan mitra bisnis
Melakukan transaksi elektronik dalam sebuah organisasi
Murni vs Partial EC: didasarkan pada tingkat digitalisasi produk, proses, agen pengiriman

Jenis-jenis EC
-Business-to-business EC (B2B)
-Kolaborasi commerce (c-commerce)
-Business-to-consumer EC (B2C)
-Konsumen-ke-bisnis (C2B)
-Konsumen-to-consumer (C2C)
-Intrabusiness (intraorganizational) perdagangan
-Pemerintah-ke-masyarakat (G2C) dan lain-lain
-Mobile commerce (m-commerce)

Electronic Marketplaces

Pasar memfasilitasi pertukaran
-informasi
-barang
-layanan
-pembayaran

Pasar menciptakan nilai ekonomi bagi
-pembeli
-penjual
-pasar perantara
-Masyarakat pada umumnya

Kerangka EC
EC aplikasi yang didukung oleh infrastruktur dan 5 daerah dukungan
-orang-orang
-kebijakan publik
-Standar teknis dan protokol
-mitra bisnis
-Dukungan layanan

Persyaratan Electronic Commerce
Infrastruktur – hardware, software, dan jaringan yang diperlukan untuk melakukan transaksi, berkomunikasi, dan berkolaborasi

Pembayaran Elektronik Mekanisme
-Elektronik pemeriksaan
Nasabah membuka rekening dengan bank
pelanggan e-mail yang dienkripsi cek elektronik ditandatangani dengan tanda tangan digital
pedagang deposito cek di account nya, uang didebet di rekening pembeli dan dikreditkan ke rekening penjual
Kartu kredit Elektronik
-Terenkripsi pembayaran – pembeli e-mail atau dia nomor kartu kredit itu kepada penjual di Internet
-Pembayaran Encrypted – rincian kartu kredit dienkripsi untuk keamanan
Elektronik kas di PC
-Bank menyediakan software khusus untuk konsumen
-pelanggan membeli “uang elektronik” dari bank melalui perangkat lunak
-bank mengirimkan catatan uang elektronik untuk pelanggan ini, mendukung dengan tanda tangan digital
-uang yang disimpan pada PC pembeli dan dapat dihabiskan di setiap toko elektronik yang menerima e-cash
-Perangkat lunak ini juga digunakan untuk mentransfer e-kas dari komputer ke komputer pembeli penjual
-penjual baik deposito e-cash di bank atau menggunakan e-cash untuk melakukan pembelian di tempat lain
Elektronik kartu pembayaran dengan e-cash
-Kartu Kredit dengan menggunakan strip magnetik
-Kartu menyimpan informasi tentang uang tunai prabayar yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran
smart card
-Kartu dengan mikroprosesor dapat menyimpan informasi lebih banyak
Orang-ke-orang sistem pembayaran
-Transfer dana antar individu (PayPal)
Transfer Dana Elektronik (EFT)
-Elektronik transfer uang ke dan dari lembaga keuangan dengan menggunakan telekomunikasi. jaringan
Elektronik dompet
pembelian kartu
keamanan
-Enkripsi – suatu proses pembuatan pesan terbaca kecuali oleh mereka yang memiliki kunci dekripsi berwenang
Single-kunci enkripsi
Publik / swasta kunci enkripsi
Kunci publik infrastruktur
Sertifikat Elektronik
Secure Socket Layer (SSL)-protokol yang digunakan untuk mengenkripsi pesan
Aman Protokol Transaksi Elektronik (SET) – protokol untuk mobil kredit pengolahan

Bagaimana Raffles Hotel ini Melakukan E-Commerce
-masalah
Kesuksesan perusahaan tergantung pada kemampuannya untuk memikat pelanggan untuk hotel dan fasilitas dan kemampuannya untuk mengendalikan biaya
-Solusi
Business-to-consumer-mempertahankan portal publik (raffles.com) yang meliputi:
Informasi tentang hotel
sistem reservasi
Link ke sumber daya wisatawan ‘
Manajemen hubungan pelanggan (CRM) Program
Toko online untuk produk Raffles

Qantas Airways Sebuah Cara Baru untuk Bersaing
-masalah
Biaya bahan bakar meningkat ditempatkan tekanan pada industri penerbangan
Qantas menghadapi dua pesaing utama dan biaya tinggi di Sydney Airport
Lalu lintas udara berkurang setelah 11 September
Qantas dibutuhkan untuk mengganti pesawat agar tetap kompetitif
Perekonomian Australia melambat

-Solusi
Membeli bahan bakar kontrak untuk tanggal masa depan (respon tradisional)
Mengambil langkah-langkah utama untuk menerapkan e-commerce (EC) yang melibatkan:
  membeli,
menjual, dan bertukar barang,
layanan,
informasi, dan
pembayaran elektronik

-Business-to-business (B2B)
E-pasar anggota
Bergabung Airnew Co-Link maskapai besar dengan pemasok
bahan bakar
Bahan Bakar layanan
Cahaya pemeliharaan
Catering

Bergabung Corporcure.com.au dengan 13 perusahaan Australia lainnya besar
Elektronik membeli barang umum dan jasa
perlengkapan kantor
cahaya lampu
pemeliharaan
Business-to-customer (B2C):
pemesanan online
E-mail untuk sering-selebaran anggota
Mileage bonus dan kesempatan untuk Berhadiah € 10.000 AU
Komunikasi nirkabel ad
Business-to-karyawan (B2E):
pelatihan online
online banking


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php