ICIDO'S

WEEK 5 : SOFTWARE KOMPUTER

Posted: October 3rd 2012

Komputer terdiri dari dua perangkat yaitu perangkat keras dan perangkat lunak. Sekarang saya akan membahas tentang perangkat lunak komputer. Perangkat lunak komputer atau yang sering disebutĀ Software ComputerĀ merupakan perangkat yang ada di dalam perangkat keras komputer. Perkembangan software tidaklah secepat perkembangan hardware, hardware bisa berkembang dalam waktu yang relatif singkat tetapi software tidak akan bisa berkembang secepat hardware itu sendiri karena perkembangan sotfware selalu mengikuti perkembangan hardware.

Beberapa istilah dasar :
Program komputer – urutan instruksi untuk komputer
Stored Program konsep – instruksi yang ditulis dalam program disimpan dan dieksekusi oleh CPU ketika dibutuhkan
Pemrograman – Proses penulisan (atau coding) program
Programmer – individu yang melakukan pemrograman

Software komputer dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :

Sistem software :

Instruksi yang mengelola sumber daya perangkat keras

Sistem software adalah perangkat lunak yang:
Mengontrol dan mendukung kegiatan sistem komputer
Mendukung aplikasi perangkat lunak dengan mengarahkan fungsi dasar komputer
Memfasilitasi pengembangan program, pengujian, dan debugging
Adalah independen dari setiap jenis tertentu aplikasi

Sistem Kontrol Program adalah :
Kontrol penggunaan semua sumber daya sistem (hardware, software, data); sistem operasi

Sistem Operasi :

Program sistem kontrol utama
mengawasi keseluruhan operasi komputer
mengalokasikan waktu CPU dan memori utama untuk program yang berjalan pada komputer
menyediakan antarmuka antara pengguna dan perangkat keras

Proses manajemen – mengelola program berjalan pada prosesor
-Multitasking atau Multiprogramming – mengelola dua atau lebih tugas, atau program, yang berjalan pada sistem komputer pada saat yang sama
-Multithreading – jenis multitasking, menjalankan dua atau lebih tugas dari aplikasi yang sama secara bersamaan
-Timesharing – banyak pengguna berbagi CPU yang sama, masing-masing menggunakan terminal input / output yang berbeda
-Multiprocessing – pengolahan simultan dengan beberapa CPU

-Virtual memory – mensimulasikan lebih memori utama daripada benar-benar ada dalam sistem komputer
-Manajemen file dan keamanan – mengelola pengaturan, dan akses ke, file diadakan di penyimpanan sekunder
-Toleransi kesalahan – sistem dapat menghasilkan hasil yang benar dan terus beroperasi bahkan di hadapan kesalahan atau kesalahan
-User interface – memungkinkan pengguna untuk memiliki kontrol langsung dari objek yang terlihat (ikon) dan tindakan yang mengganti sintaks perintah yang kompleks

Sistem Pendukung Program :

Mendukung operasi, manajemen, dan pengguna sistem komputer
contoh:
sistem Utilitas
Melakukan tugas umum: menyortir catatan, memeriksa integritas disk, menciptakan direktori dan subdirektori, memulihkan file tidak sengaja terhapus, mencari file yang tersimpan, mengelola penggunaan memori, dan mengarahkan output.

Contoh (lanjutan)
kinerja monitor
memantau proses pekerjaan
menghasilkan laporan statistik pada penggunaan sumber daya sistem
Keamanan monitor
memantau penggunaan sistem komputer untuk melindungi dan sumber daya dari penggunaan yang tidak sah, penipuan, atau perusakan
Software Aplikasi :
Instruksi yang melakukan tugas-tugas pengguna tertentu

Program melakukan kegiatan pengolahan informasi yang spesifik dan fungsionalitas pengguna
Jenis Software Aplikasi
-Proprietary aplikasi perangkat lunak
Alamat kebutuhan bisnis yang spesifik atau unik bagi perusahaan
-Off-rak-aplikasi perangkat lunak
Penjual program yang dikembangkan dijual ke banyak organisasi
Mungkin paket standar atau mungkin disesuaikan

Aplikasi Personal Software – program aplikasi off-the-shelf mendukung jenis umum pengolahan

Software Perizinan

-Hak Cipta – hak hukum eksklusif untuk mereproduksi, mempublikasikan, dan menjual perangkat lunak
Izin – izin yang diberikan di bawah hukum untuk terlibat dalam kegiatan lain yang melanggar hukum
-Software Upgrade
Mungkin atau mungkin tidak menawarkan perangkat tambahan yang berharga
Risiko bahwa perangkat lunak revisi mungkin mengandung bug
Upgrade dalam sebuah organisasi besar merupakan tanggung jawab utama, sehingga harus menilai manfaat dari rilis baru

-Open System
Sebuah model dari produk komputasi yang bekerja sama
Memberdayakan desainer untuk memilih perangkat keras komputer terbaik, sistem operasi, dan perangkat lunak aplikasi tanpa kekhawatiran kompatibilitas
-Open Source Software
Kode software yang ditawarkan secara bebas kepada pengembang

 

Bahasa Pemrograman terdiri dari 6 generasi yaitu

1. Generasi pertama – Machine language

Bahasa pemrograman masi menggunakan bahasa biner yaitu 0 dan 1 sehingga bahasa pembrigraman generasi pertama sangat sulit untuk dipelajari.

2. Generasu kedua – Assemble language

Bahasa pemrograman yang lebih singkat dari pada machine language.

3. Generasi ketiga – Procedural language

Dalam bahasa pemrograman generasi ketiga sudah termasuk perintah perintah. Kodenya lebih singkat dari generasi kedua.

4.Generasi keempat – nonprocedural language

5. Generasi kelima – Intelligent language

menggunakan bahasa yang natural dalam melakukan pemrosesan.

Berikut penjelasan lebih lanjut untuk generasi bahasa pemrograman :

-Machine language (generasi pertama bahasa pemrograman)
Komputer ‘bahasa ibunya’
Terdiri dari digit biner (0s, 1s)
Satu-satunya bahasa yang dimengerti komputer

-Assemlbe language (generasi kedua bahasa pemrograman)
Satu-ke-satu korespondensi ke bahasa mesin
Agak lebih user-friendly dari bahasa mesin (mnemonic daripada digit biner)
Assembler – program yang menerjemahkan program bahasa assembly ke bahasa mesin

-Procedural Language (bahasa generasi ketiga)
Salah satu instruksi diterjemahkan ke dalam instruksi bahasa mesin banyak
Program menggambarkan pemrosesan komputer langkah-demi-langkah
Mendekati bahasa alami, menggunakan kata-kata umum daripada mnemonik disingkat
Contoh: Cobol, C, Fortran, QuickBasic
Compiler – menerjemahkan seluruh program sekaligus
Interpreter – menerjemahkan dan mengeksekusi satu pernyataan sumber program pada satu waktu

– Nonprocedural Language (bahasa generasi keempat)
Memungkinkan pengguna untuk menentukan hasil yang diinginkan tanpa harus menentukan prosedur rinci yang diperlukan untuk mencapai hasil
Contoh – data base bahasa query – SQL
Dapat digunakan oleh pengguna non teknis

-Intelligent (generasi kelima (cerdas) bahasa)
Menerjemahkan bahasa alami ke dalam bentuk, terstruktur mesin-dibaca
Sangat kompleks dan eksperimental

Berikut tentang Bahasa Pemrograman Tertentu :

-Visual Pemrograman Bahasa
Digunakan dalam lingkungan grafis
Contoh: Visual Basic dan Visual C + +
Populer untuk pengguna non teknis

-Hypertext Markup Language (HTML)
standar bahasa yang digunakan dalam World Wide Web
berisi teks, gambar, dan jenis-jenis informasi seperti file data, audio, video, dan program komputer dieksekusi

-Extensible Markup Language (XML)
Peningkatan pada fungsi dokumen web

-Komponen-ware
Software komponen yang dapat dirakit oleh pengembang yang diperlukan
“Plug and Play” pengembangan perangkat lunak

-Virtual Reality Modeling Language (VRML)
format file untuk menggambarkan tiga dimensi dunia interaktif dan benda-benda
dapat digunakan dengan World Wide Web

-Object-Oriented Programming Languages (OOP)
berdasarkan pada objek – Data kemasan dan instruksi tentang apa yang harus dilakukan dengan data bersama-sama
Contoh: Java, C + +
Unified Modeling Language (UML) – alat untuk pemodelan sistem berorientasi objek

 

Masalah yang dihadapi dalam banyak organisasi …
Tekanan kompetitif memerlukan perubahan dalam prosedur organisasi, namun
semua berbeda jenis kompleksitas perangkat lunak dan perangkat keras dalam menyebabkan begitu banyak digunakan bahwa perubahan sulit
solusi pilihan
Software paket dengan modul fungsional terpadu (yaitu, sumber daya manusia, operasi, pemasaran, keuangan, akuntansi, dll)
Penggunaan middleware untuk menghubungkan aplikasi yang berbeda
Perusahaan perangkat lunak yang mengelola semua operasi organisasi


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php