ICIDO'S

WEEK 3 : TEKNOLOGI INFORMASI DALAM ORGANISASI MODERN

Posted: September 17th 2012

KONSEP FUNDAMENTAL

Informasi infrastuktur

Fasilitas fisik, pelayanan dan manajemen yang membantu semua organisasi dalam penghitungan sumber daya.

-mendefinisikan integrasi, operasi, dokumentasi, maintenance, dan menejemen penghitungan sumber daya

-mendefinisikan bagaimana penghitungan sumber daya yang spesifik disusun, dioperasikan dan diatur.

Informasi Arsitektur :

Menggabungkan kebutuhan informasi, infrastruktur informasi yang ada dan yang direncanakan dan aplikasi perangkat lunak.Menbanatu memastikan TI organisasi bertemu dengan strategi bisnis yang dibutuhkan.

 

KONSEP FUNDAMENTAL : JENIS SISTEM INFORMASI

 

Sistem Informasi (IS): Sebuah sistem yang mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menganalisis data dan menyebarkan informasi untuk tujuan tertentu. (Turban & Rainer, 2003)

 

1. Transaction Processing System (TPS)

-Mendukung / melakukan / mengotomatisasi kegiatan bisnis rutin.
-Mengumpulkan, menyimpan, mengolah, dan menyebarkan data transaksi bisnis dasar.
-Menyediakan data dasar bagi banyak sistem lain.

-Kompleks dan canggih.
-Penting untuk keberhasilan bisnis saat ini

 

2. Management Information System ( MIS )

– Dukungan rutin pengambilan keputusan
– Akses, mengatur, meringkas, dan menampilkan informasi.
– Tekankan pelaporan rutin tentang isu-isu yang diketahui dan diantisipasi.
– Juga, menjawab pertanyaan dan perkiraan

 

3. Kantor Sistem Otomasi:

seperti sistem pengolah kata yang dikembangkan untuk mendukung kantor dan pekerja administrasi.

 

4. Sistem Pendukung Keputusan:

dukungan yang kompleks, pengambil keputusan yang tidak rutin oleh manajer

-Sistem Informasi Eksekutif – dukungan tinggi-manajer tingkat

-Sistem Support Group – mempekerjakan Groupware untuk mendukung orang-orang yang bekerja dalam kelompok

 

5.Intelligent Support System (ISSs)

Termasuk sistem pakar yang memberikan pengetahuan yang tersimpan ahli untuk non-ahli, dan tipe baru sistem cerdas dengan mesin-belajar kemampuan yang bisa belajar dari kasus sejarah.

6. End-user computing:

Penggunaan atau pengembangan sistem informasi oleh pengguna utama dari output sistem ‘, seperti analis, manajer, dan profesional lainnya

7. Knowledge Management Systems

Mendukung menciptakan, mengumpulkan, mengatur, mengintegrasikan, dan menyebarkan pengetahuan dari organisasi

8. Data Warehousing

Sebuah data warehouse adalah database yang dirancang untuk mendukung DSS, ESS dan kegiatan analitis dan pengguna akhir lainnya.

9. Mobile Computing:

Sistem informasi yang mendukung karyawan yang bekerja dengan pelanggan atau mitra bisnis di luar batas-batas fisik perusahaan mereka, dapat dilakukan melalui jalur kabel atau jaringan nirkabel

 

BAGAIMANA SISTEM INFORMASI MENDUKIUNG KEORGANISASIAN

>          Pertama, mempertimbangkan bagaimana organisasi yang terstruktur:
-Biasanya oleh departemen fungsional
-Sering dalam hirarki

– Mungkin oleh proyek atau dalam struktur matriks

>          Kedua, Klasifikasi yang paling umum adalah:
-Klasifikasi oleh dukungan
-Klasifikasi menurut tingkat organisasi

>          Sistem Informasi dalam suatu organisasi yang dikembangkan untuk mendukung cara organisasi terstruktur.

>          Sistem informasi terdiri dari berbagai aplikasi
-Sebuah aplikasi adalah sistem yang dikembangkan untuk tujuan tertentu.

>          Aplikasi dan sistem dapat mendukung :
– Individu / tim
– Departemen
– Divisi / Unit
– Seluruh perusahaan

 

>          Sistem informasi juga dapat berada antar-organisasi

– Menghubungkan dua atau lebih organisasi yang mempunyai kepentingan umum atau kebutuhan bisnis.
– Penting dalam memfasilitasi e-commerce.

 

Dukungan IS yang diperlukan oleh orang-orang tergantung pada peran mereka dalam organisasi.
-Manajer puncak membuat keputusan strategis
-Manajer menengah membuat keputusan taktis
-Manajer lini membuat keputusan operasi
-Pekerja pengetahuan membuat dan mengintegrasikan pengetahuan
-Pekerja administrasi menggunakan dan memanipulasi informasi

 

Bagaimana Sumber Daya Informasi yang Dikelola dalam Organisasi
• sumber daya informasi mencakup banyak hal, termasuk
– Hardware (komputer, server, perangkat lain)
– Software (alat pengembangan, bahasa, aplikasi)
– Database
– Jaringan (area lokal, wide area, internet, intranet)
– Prosedur
– Fisik bangunan
– Sumber sangat mahal, manajemen yang tepat sangat penting.
• Tanggung jawab untuk sumber daya informasi bersama oleh Departemen IS dan pengguna akhir.
• Organisasi harus menentukan siapa yang bertanggung jawab untuk perencanaan, pembelian, pengembangan, dan memelihara sumber informasi.
• Kerjasama sangat penting

 

Peran Departemen Sistem Informasi
• Pergeseran dari teknis untuk orientasi manajerial.
• Meningkatkan fokus pada menambahkan nilai strategis bagi organisasi.
• SI ditantang untuk menambah nilai strategis, manajemen IS menjadi lebih kompleks.
• Chief Information Officer (CIO) kepala IS di banyak organisasi.

 

ringkasan
• Arsitektur Informasi rincian informasi persyaratan dan bagaimana persyaratan berjalan dan akan memusakan
• Informasi Infrastruktur terdiri dari semua fasilitas, layanan, dan manajemen yang mendukung semua sumber daya komputasi.
• Sistem Informasi diklasifikasikan menurut jenis (TPS, MIS, Dukungan, Intelejen).
• Sistem Informasi dirancang untuk mendukung struktur organisasi.
• Pengelolaan sumber daya SI adalah tanggung jawab bersama  Departemen SI  dan pengguna akhir.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php