PARTNERKIT

Apakah Kelelahan Adrenal atau Apakah Anda Benar-Benar Lelah?

Posted: October 7th 2019

Apakah Kelelahan Adrenal atau Apakah Anda Benar-Benar Lelah?

Apakah Anda pernah memiliki kombinasi stres tingkat tinggi yang sangat menyenangkan dan sama sekali tidak berenergi? Meskipun Anda mungkin merasa stres dan lelah karena litani kengerian dalam berita atau hanya umpan Facebook yang sangat menjengkelkan, mungkin juga ada ketidakseimbangan adrenal yang memperburuk gejala Anda. Yang mengatakan, adrenal Anda mungkin tidak ada hubungannya dengan itu. Kelelahan adrenal telah menjadi diagnosis panas dari naturopaths dan praktisi pengobatan alternatif, tetapi komunitas medis tradisional tidak melompat pada kereta kelelahan.

Sebelum Anda mulai khawatir tentang keseimbangan hormon Anda, inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang kelelahan adrenal, kontroversi seputar penyakit, dan apa yang harus dilakukan jika Anda mengalami gejala.

Apa Adrenalnya?

The kelenjar adrenal bertanggung jawab untuk mengatur sejumlah hormon yang mempengaruhi metabolisme Anda, tekanan darah, dan respon sistem kekebalan tubuh. Tetapi bintang sebenarnya dari pertunjukan adrenal adalah stres.

Baik kortisol maupun adrenalin diatur oleh kelenjar adrenalin. Adrenalin (dan sepupu noradrenalin dekat) terlibat selama masa stres tinggi ketika tubuh Anda memicu “respons melawan-atau-lari.” Anda tahu, perasaan itu ketika Anda melihat tweet yang benar-benar mengerikan dan Anda tidak yakin apakah Anda harus menghabiskan hari Anda membongkar troll atau bersembunyi di bawah selimut selama beberapa jam.

Untuk stres tingkat rendah, kortisol mengambil kendali. Hormon ini dinaikkan dalam situasi stres dan menyebabkan detak jantung Anda meningkat, membantu Anda memetabolisme gula lebih cepat, dan umumnya membuat berbagai hal bergerak untuk merespons situasi yang tidak rileks.

Apa Kelelahan Adrenal?

Pada tahun 1998, James Wilson, DC, Ph.D., menciptakan istilah “kelelahan adrenal ,” yang juga disebut stres adrenal, kelelahan adrenal, hipoadrenalisme, atau “hal di mana Anda lelah sepanjang waktu dan saya pikir itu stres atau sesuatu ”jika Anda berbicara dengan teman ibu Anda yang melihat sesuatu tentang kelelahan adrenal di sebuah majalah di kasir di Whole Foods.

Kelelahan adrenal tidak berarti Anda memiliki kelenjar kecil yang mengantuk di atas ginjal Anda. Beberapa dokter percaya itu disebabkan oleh pengerjaan kelenjar adrenal yang berlebihan. Ketika tubuh Anda terkena stres jangka panjang dan adrenal Anda terus memompa hormon untuk mengatasinya, akhirnya mereka lelah. Adrenal tidak dapat menghasilkan cukup hormon yang diperlukan untuk menangani stres kronis.

Setelah kelenjar lelah, Wilson mengatakan Anda dapat mengalami serangkaian gejala, seperti:

  • Kelelahan
  • Berat badan bertambah / tidak mampu menurunkan berat badan
  • Kabut otak
  • Merasa lari ke bawah atau kewalahan
  • Mengidam makanan ringan asin atau manis
  • Kesulitan memantul kembali dari stres

Kelelahan adrenal berbeda dari penyakit Addison atau insufisiensi adrenal. Untuk kelainan itu, kelenjar adrenal rusak secara fisik (sering karena masalah autoimun) dan tidak dapat menghasilkan hormon yang tepat. Untuk kelelahan adrenal, adrenal secara fisik utuh, mereka hanya tidak berfungsi dengan baik.

Pada dasarnya, ini adalah kondisi medis yang disebabkan oleh terlalu banyak stres, dan Wilson mengklaim penyakit ini disebabkan oleh semua tekanan tambahan dari dunia modern. Meskipun kita mungkin memiliki lebih sedikit momen “pertarungan atau pelarian” yang sebenarnya daripada leluhur kita, kita dihadang oleh stresor tingkat rendah di hampir sepanjang jam. Tentu saja, manusia purba harus membangun rumah mereka sendiri dari bahan-bahan yang sulit dikerjakan dan menangkal serangan beruang, tetapi mereka tidak memeriksa ponsel mereka pada jam 1 pagi untuk memastikan bos mereka tidak marah pada mereka.

Tetapi apakah Kelelahan Adrenal Nyata?

Dalam “ Kelelahan Adrenal Tidak Ada: Tinjauan Sistematik ,” para ilmuwan di Universitas Federal Sao Paulo mengatakan bahwa kelelahan adrenal jelas nyata. Hanya bercanda! Judulnya cukup banyak memberikannya. Ketika para profesional ini mencari melalui 3.470 studi di PubMed tentang kelelahan adrenal, mereka tidak menemukan bukti substansial bahwa itu adalah penyakit nyata. Studi sebelumnya yang mendukung kelelahan adrenal tidak mengukur hormon stres pasien dengan tepat, dan ada beberapa studi ilmiah tentang penyakit ini untuk memulai.

The Endocrine News menyatakan bahwa sebagian besar gejala kelelahan adrenal tidak sesuai dengan gejala kekurangan adrenal, penyakit yang terbukti secara ilmiah. Dengan kekurangan, Anda akan melihat penurunan berat badan, muntah, diare, mual, kelelahan, dan tekanan darah rendah. Dengan kelelahan, orang mengeluh merasa lelah, tidak ingin bangun dari tempat tidur, mengidam junk food, dan menambah berat badan. Meskipun kedua kelainan tersebut membuat Anda lelah, tidak masuk akal bahwa kekurangan adrenal (yang disebabkan oleh kelenjar yang rusak secara fisik) akan menghasilkan gejala yang berbeda dari kelenjar adrenal yang terlalu berlebihan untuk menghasilkan hormon yang cukup.

Untuk menambah bahan bakar ke api “kelelahan adrenal adalah mitos”, Masyarakat Endokrin tidak mengenalinya sebagai gangguan nyata, dan Google dipenuhi dengan artikel seperti “ Kelelahan Adrenal: Penyakit Palsu ” dari para profesional medis yang berkualifikasi. Singkatnya, komunitas medis menganggap kelelahan adrenal benar-benar dibuat-buat.

Jika Kelelahan Adrenal Palsu, Mengapa Saya Mendengarnya Terlalu Banyak?

Ketika Wilson menciptakan istilah “kelelahan adrenal,” ia memberi nama pada sejumlah gejala yang menjangkiti banyak pasien. Bahkan hari ini, dia masih menggunakan kuesioner ini sebagai alat diagnostik utama . Berikut beberapa contoh pertanyaan tempat Anda menilai setiap jawaban dalam skala dari 0 (tidak pernah) hingga 3 (intens atau sering):

  • Kemampuan saya untuk mengatasi stres atau tekanan telah menurun.
  • Pemikiran saya bingung atau tergesa-gesa di bawah tekanan.
  • Otot-otot saya kadang terasa lebih lemah dari seharusnya.
  • Saya sering merasa lapar, bingung, gemetar, atau agak lumpuh karena stres.
  • Saya kesulitan bangun di pagi hari.
  • Saya butuh kopi atau stimulan lain untuk membangunkan saya di pagi hari.

Bagaimana Anda mengerjakan kuis? Anda mungkin punya beberapa 2 dan 3, kan? Tentu saja! Setiap kali saya melihat kuis, saya pikir, Oh sial, saya mungkin mengalami ini karena menyajikan banyak gejala yang sangat umum . Agar adil, kuis penuh jauh lebih lama dari ini dan beberapa pertanyaan cukup spesifik (“Saya mendapatkan rasa sakit pada otot-otot di sisi leher saya” dan “Tidur saya yang terbaik, paling menyegarkan datang pada 7-9 pagi” ). Tetapi sebagian besar pertanyaan tidak jelas dan berlaku untuk banyak orang.

Wilson menerbitkan teorinya tentang kelelahan adrenal dengan versi kuis ini dalam bukunya, Adrenal Fatigue: The 21st Century Stress Syndrome. Buku itu diakui oleh beberapa masyarakat medis, meskipun tidak satupun dari mereka yang didukung oleh dewan kedokteran resmi Amerika, menurut Cedar-Sinai .

Karena gejalanya begitu umum dan kelelahan adrenal sepertinya akhirnya memberi orang jawaban untuk pertanyaan “Mengapa saya lelah sepanjang waktu, tidak bisa menurunkan berat badan, dan merasa berkabut”, banyak orang mendukung (dan masih mendukung) ini diagnosa. “Kelelahan adrenal dapat memiliki gejala yang melemahkan pada tubuh,” kata Suzanne Demers , DC, dan dokter kedokteran fungsional. “Banyak orang akan menambah berat badan dan tidak akan bisa menurunkan berat badan, dan mungkin juga merasakan depresi ringan atau penurunan kemampuan mereka untuk menangani stres.”

Demers tidak sendirian, karena banyak naturopath dan dokter pengobatan alternatif percaya pada kelelahan adrenal. Sebagian besar akan mengklaim bahwa obat konvensional belum mengetahui pengetahuan mereka tentang penyakit ini.

Meskipun bukti tidak mendukung kelelahan adrenal, tidak 100 persen membuktikan bahwa itu tidak ada. Pada 1981, Barry Marshall, MD, menemukan bahwa sebagian besar bisul disebabkan oleh bakteri tertentu, tetapi komunitas medis menolak keras hipotesisnya. Ide-idenya tidak mulai mendapatkan daya tarik sampai dia minum bakteri, memberi dirinya bisul, dan menyelesaikan semuanya dengan antibiotik sederhana. Pada 2005, ia dianugerahi Hadiah Nobel untuk terobosan ilmiahnya .

Sekarang, cerita yang satu ini tidak membuktikan bahwa para ilmuwan selalu salah. Ini hanya menunjukkan bahwa penemuan dapat terjadi bahwa komunitas medis tidak secara otomatis setuju. Dalam kasus kelelahan adrenal, sangat tidak mungkin bahwa komunitas medis tidak benar. Tetapi naturopaths dan orang yang mencari pengobatan alternatif memiliki cukup keraguan untuk menjaga iman mereka dalam kelelahan.

Tetapi, Saya Mengalami Gejala Kelelahan Adrenal — Apa yang Dapat Saya Lakukan?

Ini masalahnya. Sekalipun kelelahan adrenal tidak nyata, gejalanya tetap ada. Merasa lelah sepanjang waktu, murung, rewel, mendambakan-y, stres, dan tertekan adalah semua hal yang nyata, dan Anda tidak harus merasa seperti itu. Dengan gejala yang terus-menerus ini, sebaiknya beri tahu dokter Anda untuk mencoba mendapatkan diagnosis yang lebih spesifik.Jika Anda sudah mengunjungi dokter, atau gejalanya ringan dan Anda ingin mengetahuinya sendiri, ada beberapa penyebab utama utama untuk gejala kelelahan adrenal Anda.

Jika Bukan Kelelahan Adrenal, Ada Apa?

Meskipun penelitian menunjukkan bahwa stres tidak membuat kelenjar adrenalin Anda lelah, itu tidak berarti bahwa stres tidak memiliki konsekuensi pada tubuh Anda. Sebuah makalah dari University of Miami menemukan bahwa stres kronis secara langsung menyebabkan tekanan darah tinggi dan penurunan respons imun. Ketika hormon stres tetap tinggi, pasien pulih lebih lambat dari penyakit dan lebih mudah sakit. Makalah ini juga menemukan bahwa gejala yang biasanya terkait dengan sakit (kelelahan, malaise, tidak nafsu makan) tidak disebabkan oleh penyakit tetapi oleh upaya tubuh untuk menjadi lebih baik. Pada dasarnya, stres melawan pilek adalah penyebab semua perasaan tidak enak, bukan pilek itu sendiri.

Sebuah studi dari University College London menemukan hubungan positif antara kortisol tinggi kronis dan obesitas. Ini tidak membuktikan bahwa stres menyebabkan kenaikan berat badan, tetapi menunjukkan bahwa hormon stres tinggi mungkin menjadi bagian dari penyebabnya. Bahkan jika kortisol tinggi bukanlah penyebab utama, stres memiliki dampak yang jelas pada berat badan karena kebanyakan orang beralih ke makanan atau alkohol ketika tingkat stres mereka tidak terkendali. Jika Anda terus-menerus merasa stres dan berulang kali beralih ke es krim dan nacho untuk menenangkan Anda, kemungkinan kenaikan berat badan cukup besar. Paling tidak, itulah tepatnya yang saya lakukan saat mengalami tekanan hebat, dan bocah, betapa, saya bertambah berat badan! Jelas, tidak semua orang merespons stres dengan makan, tetapi itu pasti terjadi.

Jadi, stres dapat menyebabkan kelelahan, malaise, tidak nafsu makan, nafsu makan lebih banyak, tekanan darah tinggi, penurunan respons imun, dan kenaikan berat badan — hampir semua gejala kelelahan adrenal.

Jika Anda benar-benar tidak berpikir stres adalah masalahnya, itu mungkin depresi. Sekarang, depresi terdengar sangat menakutkan dan buruk, tetapi itu umum dan dapat diobati. Sekitar 16 juta orang Amerika memiliki gangguan depresi mayor, sementara 6,8 juta orang dewasa memiliki gangguan kecemasan umum, menurut Asosiasi Anxiety and Depression of America (ADAA) .

Sebelum Anda berpikir, tidak mungkin, saya pasti tidak mengalami depresi , berikut adalah beberapa gejala utama (melalui ADAA ):

  • Suasana hati yang sedih, cemas, atau kosong yang berkelanjutan
  • Mengurangi energi atau meningkatkan kelelahan
  • Insomnia, bangun pada jam-jam aneh, atau tidur berlebihan
  • Berat badan bertambah
  • Penurunan berat badan
  • Kegelisahan
  • Sakit kepala, gangguan pencernaan, dan rasa sakit yang tampaknya tidak memiliki penyebab lain dan tidak menanggapi pengobatan

Kedengarannya sangat mirip dengan gejala kelelahan adrenal, ya? Depresi bukan hanya perasaan sedih, tetapi juga dapat bermanifestasi dalam cara fisik dan emosional yang kompleks. Menggunakan diri saya sebagai contoh, perut saya sangat sakit sehingga tidak ada yang bisa mengetahuinya (bahkan setelah tes senilai $ 4.000. Terima kasih, asuransi buruk!) Tetapi ketika saya akhirnya mendapatkan bantuan untuk gangguan depresi utama saya yang penuh, rasa sakit itu pergi.

Sekarang, mendengar “itu hanya stres atau mungkin depresi” mungkin tidak terlalu menghibur. Tetapi ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk melawan gejala-gejala stres umum, bahkan tanpa mengunjungi dokter. Namun, jika Anda mengira itu adalah depresi, pasti ada baiknya memeriksakan diri ke profesional kesehatan mental untuk mendapatkan diagnosis lengkap dan pilihan perawatan.

Atau, Anda mungkin memiliki disfungsi sumbu hipotalamus-hipofisis (coba katakan itu lima kali cepat). Either way, Anda harus diperiksa – jika Anda telah mengalami banyak gejala yang terkait dengan kelelahan adrenal, dokter Anda hampir pasti akan ingin Anda mendapatkan latihan penuh untuk kelelahan secara umum.

Bagaimana Merasa Lebih Baik

Banyak saran tentang cara memerangi kelelahan adrenal juga membantu mengatasi stres atau gangguan mood ringan. Mereka tidak selalu mudah, tetapi perubahan pola makan dan gaya hidup yang disarankan dapat meringankan gejala Anda.

Tidur

Hal terpenting yang harus dilakukan untuk gejala Anda adalah mengurangi stres, dan satu cara yang baik untuk melakukannya adalah tidur lebih banyak. Pernahkah Anda mulai menangisi sesuatu karena Anda terlalu lelah untuk berurusan? Saya sudah! Dengan cukup tidur , Anda dapat segera meringankan beberapa gejala yang terkait dengan kelelahan adrenal.

“Tetap pada jadwal tidur teratur 8-10 jam per malam,” kata Demers. Ini akan meningkatkan kejernihan mental, meningkatkan suasana hati Anda, dan membuatnya lebih mudah untuk menghadapi situasi yang membuat stres. Mendapatkan 8-10 (10!) Malam lebih mudah dikatakan daripada dilakukan, terutama jika Anda memiliki anak. Demers merekomendasikan tidur pada waktu yang sama setiap malam dan melakukan beberapa aktivitas (bahkan berjalan) di siang hari. Kombinasi rutin dan menggerakkan tubuh Anda akan membantu Anda rileks di malam hari dan sampai ke Kota Tunda sedikit lebih cepat.

Ubah Diet Anda

Karena peradangan adalah salah satu penyebab utama stres internal, yang terbaik adalah memotong makanan yang meradang dan menambahkan lemak sehat dan bahan anti-inflamasi alami .

Makanan yang Anda harus makan lebih banyak cenderung mengandung asam lemak omega-3 tingkat tinggi , yang membantu mengurangi peradangan. Omega-3 sangat penting untuk melawan gejala kelelahan adrenal, menurut Barry Sears, Ph.D. , pendiri Yayasan Riset Inflamasi dan penulis The Zone Diet . Dia merekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen minyak ikan untuk mendapatkan omega-3 dosis tinggi dan terkonsentrasi. “Ketika Anda meningkatkan asupan asam lemak omega-3, Anda mengurangi produksi hormon pro-inflamasi (eikosanoid),” kata Sears. Ini membantu menangkal efek stres kronis pada tubuh. Ketika peradangan berkurang, orang biasanya merasa lebih energik dan mengalami penurunan berat badan.

Pendekatan diet ini tidak bekerja dalam semalam, tetapi Anda akan melihat beberapa perubahan gejala setelah 4-6 minggu. Jika, setelah beberapa bulan, perubahan pola makan ini tidak membuat Anda marah tentang kopi yang tidak dapat Anda minum, mungkin sudah saatnya untuk mengunjungi dokter dan mengevaluasi kembali gejala Anda.

Lurus saja Turunkan Stres Anda

Cara terbaik untuk melawan gejala kelelahan adrenal adalah dengan menurunkan stres Anda. Mudah kan? Tidak ada yang lebih menenangkan daripada seseorang yang memberi tahu Anda, “Tenang! Santai sekarang, atau kesehatan Anda akan menderita selamanya! “

Anda tidak bisa berharap stres segera hilang, tetapi Anda bisa menemukan cara untuk rileks. Pertama, untuk terus mengatasi stres Anda, Anda harus mengidentifikasi mereka. Luangkan beberapa menit untuk menuliskan semua yang menyebabkan Anda stres. Tidak masalah apakah itu hal besar seperti utang atau sesuatu yang kecil seperti pasangan bilik yang bermain game di ponsel mereka dengan volume yang dinaikkan — catatlah. Kemudian, lihat apakah ada stresor yang bisa Anda singkirkan. Tentu, Anda tidak dapat secara ajaib menghapus penyebab stres utama, tetapi menghilangkan beberapa hal kecil dapat membuat perbedaan besar.

“Yang paling penting, jadwalkan waktu untuk diri sendiri setiap minggu atau setiap minggu,” kata Demers. Ambil setidaknya dua jam seminggu untuk menghabiskan waktu sendirian, melakukan apa pun yang Anda inginkan. Tanpa memikirkan pekerjaan atau merencanakan perjalanan Anda ke toko kelontong. Alih-alih, gunakan dua jam itu untuk membaca dengan tenang, pijat, atau duduk di taman. Jujur, Anda bisa menatap dinding atau pesta Real Housewive s – lakukan saja apa pun yang terasa menenangkan bagi Anda. Dan sesibuk apa pun Anda, letakkan “waktu saya” ini di kalender dan pertahankan.

Saya Masih Berpikir Mungkin Menjadi Masalah Adrenal

Jika Anda khawatir bahwa Anda mungkin menderita penyakit Addison atau kekurangan adrenal, yang terbaik adalah melakukan tes darah stimulasi ACTH . Anda memberi sedikit darah, lalu mendapatkan suntikan hormon adrenokortikotropik (ACTH), dan memberikan darah lagi. Pada dasarnya, ini menunjukkan bagaimana tubuh Anda bereaksi terhadap isyarat untuk memberikan kortisol. Tes ini tidak akan mengkonfirmasi kelelahan adrenal tetapi akan membantu mendiagnosis gangguan adrenal yang lebih serius.

Jika Anda atau dokter masih percaya itu mungkin adrenal, Anda dapat meminta tes air liur. The kortisol / DHEAS tes air liur mengukur hormon stres dalam ludah Anda dan bagaimana mereka berubah sepanjang hari.Jika hasil Anda menunjukkan fungsi adrenal yang rendah, Anda dapat berbicara dengan dokter Anda (atau membuat beberapa perubahan pola makan dan gaya hidup yang disarankan dalam artikel ini). Sekarang, tes ini tidak diakui sebagai tes yang tepat untuk kadar kortisol dan terbukti salah pada 61 persen pasien, menurut Harvard Health Blog. Tetapi jika Anda ingin tahu tentang kadar hormon Anda sepanjang hari, tes ini dapat memberi Anda beberapa wawasan tentang apa yang terjadi dalam tubuh Anda.

Kelelahan adrenal mungkin atau mungkin tidak nyata, tetapi itu tidak berarti gejala Anda “dibuat-buat” atau “semuanya ada di kepala Anda.” Kemungkinan besar, stres umum adalah penyebabnya, dan itu mengacaukan tubuh Anda dengan berbagai cara . Jika gejala Anda parah, silakan kunjungi dokter dan profesional kesehatan mental; dan sementara itu, Anda dapat mencatat gejala Anda atau mencoba beberapa perubahan pola makan dan melihat apakah mereka membuat perbedaan. Tetapi yang terpenting, cobalah untuk mengurangi stres Anda. Tidak masalah diagnosis resmi, menambahkan relaksasi adalah obat yang harus kita semua minum.

beranda

21 Resep Sup Mie Yang Membuktikan Bukan Semua Tentang Ayam


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php