Categories
Uncategorized

Olahraga Untuk Ibu Hamil : Ringan Namun Efektif

Untuk seorang ibu hamil melakukan aktivitas yang berat adalah hal yang sensitif dan cenderung tidak boleh dilakukan, bukan berarti seorang ibu hamil hanya diam saja tanpa melakukan apapun ,tapi mereka bisa melakukan aktivitas olahraga ringan  agar mengurangi stres,mengurangi rasa sakit bahwa nanti dalam proses melahirkan bisa dengan mudah dan masih banyak lagi manfaatnya.

Berikut Beberapa olahraga ringan yang bisa dipraktikkan oleh ibu hamil :

  1. Jalan Kaki

Olahraga yang bisa dibilang sangat mudah dilakukan ini ternyata menyimpan banyak manfaat, dan bisa dilakukan di waktu pagi yang dapat membantu melemaskan otot-otot yang tegang  setelah semalaman tidur,melancarkan sirkulasi darah, dan membantu menyegarkan tubuh. Selain bisa dilakukan di waktu pagi,Jalan kaki juga bisa dilakukan di sore hari.

  1. Renang

Terbukti jika olahraga ini dilakukan oleh seorang ibu hamil ini bisa membantu pernafasan jadi lebih teratur dan tidak mudah sesak,terlebih disaat perut sudah mulai membesar.Tapi dalam olahraga ini seorang ibu hamil pantang melakukan gaya kupu-kupu karena memiliki resiko yang besar dan bisa membahayakan janin.

  1. Senam Kegel

Olahraga yang satu ini bisa dilakukan untuk mencegah resiko episitory atau sayatan saat melahirkan dengan normal. Olahraga ini baik untuk seorang ibu hamil karena bisa mengencangkan dan menguatkan otot panggul bagian bawah seperti otot rahim, kantung kemih dan usus besar.

  1. Menari

Rekomendasi olahraga yang satu ini bisa dilakukan oleh ibu hamil karena olahraga dengan gerakan ringan ini baik untuk sendi-sendi pada tubuh, selain itu menari juga memiliki manfaat seperti otot panggul yang lebih kuat, tulang punggung lebih lentur,mengurangi rasa nyeri dan masih banyak lagi.

  1. Yoga

Olahraga yang dianjurkan untuk ibu hamil ini dapat mengurangi ketegangan dan meningkatkan hati yang positif, membentuk otot tubuh lebih rileks dan lentur juga bisa melatih pernafasan ibu hamil agar nanti disaat proses persalinan.

Untuk seorang ibu hamil tidak selamanya bermalas-malasan dirumah, walaupun adanya larangan melakukan aktivitas yang berat, seorang ibu hamil bisa mengisi waktunya dengan olahraga

Categories
kesehatan parenting

Makanan-Makanan Yang Berpotensi Menyebabkan Keguguran

Ketika hamil, biasanya setiap ibu akan senantiasa menjaga janin dengan berbagai cara. Ada beberapa wanita yang hamil kemudian menjadi rajin mengkonsumsi vitamin, kontrol dokter hingga menghindari beberapa makanan yang memiliki potensi menggugurkan kandungan. Apa saja makanan yang dapat menggugurkan kandungan tersebut? berikut daftar serta penjelasannya. 

  1. Nanas, merupakan buah yang dinilai dapat menggugurkan kandungan apabila dikonsumsi pada trimester pertama kehamilan. Hal ini dikarenakan nanas memiliki kandungan bromelain yang dapat menyebabkan kontraksi pada kehamilan berusia muda. 
  2. Hati hewan, merupakan salah satu sumber protein baik yang dapat Anda konsumsi bahkan menjadi salah satu menu MPASI anak. Namun apabila hati hewan dikonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan penumpukan retinol yang dapat membahayakan janin Anda. Maka makanlah hati hewan beberapa kali dalam seminggu saja atau dengan jarak yang wajar.
  3. Aloe vera atau lidah buaya, merupakan tanaman yang memiliki beragam khasiat, biasanya digunakan dalam produk kecantikan kulit. Namun selain khasiatnya untuk kulit, lidah buaya ini merupakan tanaman yang dapat dikonsumsi. Ibu hamil disarankan tidak mengkonsumsi serta menggunakan produk berbahan dasar lidah buaya, karena dapat berpotensi menyebabkan pendarahan pada bagian pinggul, sehingga dapat menyebabkan keguguran. 
  4. Pepaya, merupakan buah yang manis dan lembut namun dapat berpotensi menyebabkan keguguran apabila pepaya yang dimakan oleh ibu hamil merupakan pepaya mentah atau hijau. Hal ini dikarenakan papaya hijau memiliki kandungan enzim serta nanah yang dapat memicu terjadinya kontraksi serta menyebabkan keguguran pada kehamilan trimester awal. 
  5. Produk-Produk Susu yang Tidak Dipasteurisasi, beberapa produk susu serta susu yang tidak dipasteurisasi memiliki bakteri listeria, bakteri ini dapat ditemukan pada makanan mentah. Bakteri listeria ini dapat menyebabkan keguguran pada janin, sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan Anda sebelum mengkonsumsi produk susu yang tidak dipasteurisasi. 
  6. Telur Mentah, telur mentah maupun setengah matang atau telur yang tidak dimasak dengan sempurna dapat berpotensi menyebabkan keguguran pada janin Anda. Karena terdapat bakteri salmonella pada telur yang belum mati apabila tidak terkena panas dengan suhu tinggi. Selain telur mentah, sebaiknya ibu hamil menghindari produk yang berbahan dasar telur mentah seperti mayonnaise. 
  7. Kafein, terdapat beberapa pendapat berbeda mengenai konsumsi kafein selama masa kehamilan. Beberapa berpendapat bahwa mengkonsumsi kafein dalam jumlah yang wajar aman-aman saja bagi kondisi janin, namun beberapa berpendapat bahwa sebaiknya menghindari mengkonsumsi minuman maupun makanan yang mengandung kafein. Oleh karena itu konsultasikan kepada dokter kandungan Anda, agar lebih aman serta akurat. 
  8. Ayam, daging pada bagian paha dinilai berbahaya apabila dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini karena zat atau senyawa pada paha ayam seperti estrogen serta alpha-sitosterol diduga dapat menyebabkan keguguran. Selain itu Anda perlu memasak ayam hingga benar-benar matang agar bakteri salmonella yang ada pada daging ayam tersebut mati dan aman dikonsumsi oleh Anda. 
  9. Kepiting, merupakan salah satu bahan makanan seafood yang sering kita jumpai. Ibu hamil pada tahap trimester awal disarankan menghindari makanan satu ini, karena diduga dapat memicu terjadinya pendarahan internal atau bayi lahir mati. Kepiting juga memiliki kadar kolesterol yang tinggi, sehingga mengkonsumsi kepiting secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan. 
  10. Ikan, seperti halnya kepiting ikan merupakan salah satu makanan bahari yang sering kita jumpai dan diolah dalam berbagai macam makanan. Namun untuk ibu hamil perlu memperhatikan asal ikan agar tidak mengkonsumsi ikan yang berasal dari perairan tercemar dan mengandung bahan berbahaya. 
Categories
Uncategorized

Buku Wajib Bertema Parenting bagi Calon Ibu

Orangtua terutama ibu merupakan orang yang paling bertanggung jawab terhadap tumbuh kembang anak. Segala sikap dan perilaku anak tentu dipengaruhi oleh pengajaran yang diberikan orang tua. Maka dari itu, ada pepatah yang mengatakan bahwa buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Sebab anak merupakan cerminan diri orangtua. Apa yang orangtua berikan akan terpatri dalam jiwa anak, dan akan nampak pada bagaimana anak bersikap dan bertingkah laku. 

Maka dari itu, bagi para calon ibu, wajib hukumnya untuk belajar parenting. Bagaimana agar bisa mendidik dan menjadi ibu yang baik untuk anaknya. Ilmu tentang parenting ini tak harus didapatkan dari pelatihan atau seminar, Anda juga bisa mendapatkannya melalui buku-buku bertema parenting. Dari buku-buku inilah calon ibu dapat mempelajari anak dengan lebih tepat. Bagaimana cara mengajarkan anak berbagai hal dan bagaimana menangani anak ketika mereka sedang sedih, malas, atau melawan orangtua. Nah, berikut ini adalah rekomendasi buku yang  bisa kalian pelajari:

  1. Teach Like Finland

Seperti yang kita ketahui, Finlandia memiliki sistem pendidikan yang dijadikan panutan negara lain. Di sana sekolah-sekolah memberikan pendidikan yang menyenangkan untuk anak-anak. Maka tak heran, di tahun 2001 salah satu siswanya mendapat skor tertinggi pada penyelenggaraan PISA (Programme for International Student Assessment). Dalam buku ini, ayah dan ibu akan mengetahui strategi-strategi pembelajaran yang tidak menekan anak, namun membebaskan mereka dengan tanggung jawabnya masing-masing.  

  1. Adversity Question: Agar Anak tak Gampang Menyerah

Buku adversity Question ini merupakan karangan seorang penulis Miarti Yoga. Dengan membaca buku ini, orangtua akan lebih paham mengenai apa itu Adversity Question.  Sebab istilah tersebut memiliki hubungan yang erat pada anak. Orangtua pun dapat belajar bagaimana membimbing anak supaya tumbuh dan berkembang. Selain itu, dalam buku ini juga dijelaskan tentang cara orangtua untuk membangkitkan kecerdasan anak, serta membuat anak tetap semangat dan tak mudah putus asa.

  1. Media Moms and Digital Dad: Menjadi Orangtua Bijak

Melalui buku Media Moms and Digital Dad ini, orangtua akan dihimbau untuk tidak khawatir dengan pengaruh media. Sebab anak akan tumbuh dengan kehadiran media di sisinya. Dan menurut penulis buku, anak juga akan cenderung menghabiskan waktu lebih banyak bersama media. Maka dari itu, buku ini akan mengajarkan bagaimana cara untuk mengarahkan anak-anak yang sudah terlanjur dekat dengan media tersebut. 

4. Parenthink: Karena Hanya Orangtua Cerdas

Buku karya Mona Ratuliu ini sangat recomended bagi ayah dan juga ibu yang ingin belajar parenting. Di buku ini, orangtua akan disuguhkan dengan pengalaman Mona dalam mengasuh anaknya. Mona sendiri merupakan artis sekaligus penulis yang sudah memiliki tiga orang anak. Anda dapat belajar bagaimana menjadi teladan bagi anak-anak. Selain itu, ayah dan ibu juga dapat belajar memberikan dorongan kepada anak supaya tumbuh dan berkembang dengan baik. 

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi buku parenting yang menarik untuk kalian baca. Bagi para calon ibu, tentu buku-buku itu wajib kalian miliki. Sehingga ketika sudah menjadi ibu, kalian tidak akan kebingungan lagi dalam mengasuh anak. Selain itu, anak dengan orangtua yang sudah memiliki pengetahuan parenting, tentu akan lebih baik dari anak lain. Mereka menjadi lebih terarah dalam berbagai hal. Bakat dan minat anak juga akan lebih berkembang, sebab orang tua akan memberikan perhatiannya pada setiap aspek perkembangan anak. 

Categories
lifestyle parenting

Inspirasi Tema Baby Shower Untuk Sambut Buah Hati

Hallo bunda-bunda, sedang mempersiapkan momen menyambut buah hati? Kelahiran sang buah hati memang menjadi momen yang ditunggu-tunggu setiap calon ibu dan keluarga. Itu lah sebabnya mengapa bunda juga harus mempersiapkannya jauh-jauh hari. Misalnya dengan membuat acara baby shower atau biasa dikenal orang dengan sebutan tujuh bulanan atau mitoni dalam istilah Jawa.  

Baby shower merupakan perayaan menyambut kelahiran sang bayi yang saat ini sudah menjadi trend di kalangan para pasangan muda. Jika sebelumnya acara tujuh bulanan kental dengan nuansa religius dan tradisi, sekarang perayaan tersebut lebih populer disebut baby shower yang bernuansa pesta. Perayaan ini juga didekorasi sedemikian rupa sesuai dengan konsep atau nilai-nilai apa saja yang diharapkan keluarga. 

  Nah, dekorasi dan konsep perayaan ini lah yang perlu bunda siapkan agar dapat menjadi memori yang indah saat bunda sedang menanti-nanti sang buah hati. Sayang sekali jika momen indah ini tidak diabadikan dalam jepretan kamera. Karena kepopuleran perayaan baby shower bunda dapat dengan mudah memperoleh referensi sesuai dengan keinginan bunda. 

Kepopuleran baby shower juga dipengaruhi oleh kalangan selebriti tanah air. Kalangan selebriti Indonesia ini juga dapat dijadikan referensi konsep perayaan baby shower karena dekorasinya yang elegan. Bahkan tak jarang mereka rela merogoh kocek tak sedikit untuk menyambut buah hati mereka dengan acara yang meriah.

Nah bunda-benda, berikut ini ada beberapa konsep acara baby shower yang diadakan selebriti yang bisa dijadikan inspirasi untuk acara bunda. 

  1. Dress code Baby Shower Serba Putih ala Sandra Dewi

(Sumber: Instagram/sandradewi88)

Perayaan Baby Shower yang diadakan keluarga Sandra Dewi tampak elegan dan mewah. Acara yang digelar outdoor itu bertema nuansa putih dengan hiasan bunga-bunga yang semakin mempercantik dekorasi acara. Dress code keluarga yang serba putih juga semakin membuat acara tersebut terkesan elegan dan mewah.  

  1. Baby Shower pasangan Tasya Kamila—Randi Bachtiar bernuansa Kekeluargaan

(Sumber: Instagram/tasyakamila)

Konsep acara yang diusung dalam Baby shower pasangan muda Tasya Kamila—Randi Bachtiar adalah nuansa kekeluargaan yang tampak hangat dan seru. Tasya—Bachtiar tidak menggunakan dekorasi yang terlalu ramai, terlihat simple namun tetap elegan ya bunda.dekorasi dan dress code yang digunakan kombinasi putih, cream, abu, sangat cocok dengan penampilan Tasya bak putri. 

  1. Acara Baby Shower Sederhana Zaskia Adya Mecca

Sumber https://instagram.com/zaskiadyamecca

Zaskia Adya Meca mengadakan perayaan baby showernya dengan sederhana saat mengandung buah hatinya yang ke-4. Ia menggunakan dekorasi serba biru yang ikut dirayakan oleh sahabat, kerabat, serta sanga suami Hanung Bramantyo. 

  1. Baby Shower pasangan Celine—Stefan William Bertema Floral  

Sumber  https://instagram.com/celine_evangelista

Baby Shower yang diadakan Celine berada di ballroom hotel ternama di Jakarta. Pasangan Celine—Stefan sengaja menggunakan dekorasi bernuansa biru dan pink agar para tamu merasa penasaran dengan jenis kelamin sang bayi. Tema yang menarik nih bunda.  Dekorasi acara terasa elegan dengan paduan warna biru pink pastel yang manis seperti aneka balon, bunga mawar biru dan pink, serta aneka macam kue. 

  1. Nuansa Biru di Baby Shower Natasha Rizky

Sumber https://instagram.com/natasharizkynew

Natasha Rizky mengadakan baby shower dengan sederhana bersama sahabat dan keluarganya. Perayaan itu digelar di sebuah salon kecantikan bertema vintage yang dilengkapi dengan dekorasi serba biru dan aneka kue berwarna pink pastel.  

  1. Tema Winter Wonderland di Baby Shower Ashanty

Sumber https://instagram.com/ashanty_ash

Sebelum merayakan pesta baby showernya, rupanya Ashanty terlebih dahulu mengadakan prosesi tujuh bulanan ala tradisi jawa. Setelah itu dilanjutkan perayaan baby shower bertema winter wonderland dengan dekorasi ruangan dihiasi pohon-pohon berwarna putih dan nuansa biru.  

  1. Baby Margaretha tampil elegan di perayaan Baby Shower-nya 

Sumber https://instagram.com/babymargaretha1

Inspirasi berikutnya datang dari selebriti Baby Margaretha yang juga menggunakan nuansa warna biru di acara baby showernya. Dress biru yang digunakan Baby Margaretha tampak anggun dan menambah kesan elegan penampilannya bersama sang suami yang juga menggunakan kombinasi warna biru pastel.

Categories
kesehatan lifestyle

Cara Mengembalikan Kulit Gosong Setelah Bermain di Pantai

Pantai ialah salah satu tempat yang dipilih keluarga untuk menghabiskan waktunya bersama keluarga. Di pantai anda dapat menghabiskan waktu anda dengan cara bermain pasir, berjemur, berenang dan lain sebagainya. Namun, Sebagian orang bermain di pantai ialah hal yang menyebalkan karena dengan bermain di pantai maka anda dapat terpapar sinar matahari yang secara tidak langsung dapat membuat kulit anda mejadi kering atau gorong. Meskipun anda sudah mengenakan perawatan kulit maupun tabit surya, apaabila anda seharian melakukan aktivitas di pantai maka juga akan membuat kulit anda menjadi terbakar.

Bagi anda yang ingin bermain atau beraktivitas di pantai seharian, anda tak perlu lagi takut akan terpapar sinar matahari atau terbakar kulitnya. Karena ada beberapa cara yang dapat anda lakukan setelah anda bermain atau beraktivitas di pantai seharian. Apa saja Caranya ? mari siak penjelasan selengkapnya dibawah ini !

  • Mencuci wajah hingga bersih

Ketika anda sering bermain atau beraktivitas di pantai tentunya anda akan terpapar atau terbakar sinar matahari. Selain anda dapat akan terpapar atau terbakar sinar matahari, ketika anda sering bermain atau beraktivitas tersebut juga dapat membuat anda menjadi mudah terkena keringat, debu ataupun kotoran lainnya.

Oleh sebab itu anda perlu membersihkan semua kotoran yang menempel dalam wajah anda.  Anda dapat membersihkan semua kotoran yang menempel tersebut menggunakan sabun wajah yang mempunyai kandungan gel yang dapat membuat kulit anda terasa lembab. Setelah anda mencuci wajah anda menggunakan sabun wajah maka anda dapat membasuhnya menggunakan air hangat. Ketika anda membasuhnya menggunakan air hangat tersebut tak lupa untuk memijat – pijat kulit wajah anda.

  • Gunakan Masker Dingin

Ketika kulit anda terasa panas akibat terpapar sinar matahari. Ada sebuah cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi kulit anda yang terasa panas akibat terpapar sinar matahari yakni dengan cara mengenakan masker wajah. Dengan anda mengenakan masker maka dapat membantu anda untuk mengurangi rasa panas panas akibat terpapar sinar matahari. Masker yang digunakan ialah masker yang telah tersimpan di dalam lemari es. Anda dapat menyimpan sebagian masker anda di dalam lemari es. Sehingga apabila anda telah sampai di rumah dari berpergian dari pantai, anda dapat mengenakan masker dingin tersebut. Masker dingin tersebut juga dapat membantu anda untuk membuat kulit anda menjadi rileks.

  • Jagalah Kelembaban Kulit

Ketika anda bermain atau beraktivitas di pantai tentunya anda akan terkena air laut. Dimana air laut tersebut dapat mengakibatkan kulit anda menjadi kering. Namun, anda tak perlu khawatir karena ada cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi kulit anda yang kering akibat terkena air laut., caranya yakni dengan menggunakan krim malam sebagai lotion yang dapat digunakan setiap hari.

  • Gunakan Gel Lidah Buaya

Setelah anda bermain atau beraktivitas di pantai tentunya anda akan merasakan kulit wajah yang panas akibat terpapar sinar matahari, anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan cara menggunakan gel lidah buaya, dimana gel lidah buaya tersebut dapat digunakan untuk membantu anda dalam mengurangi sengatan akibat terpapar sinar matahari.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengurangi atau mengembalikan kulit anda yang gosong akibat terpapar sinar matahari.  

Categories
kesehatan parenting

Yuk Kenali SpOG Dengan Subspesialis yang Beraneka Macam

Taukah bunda, kepada siapa anda menanyakan masalah kesehatan kehamilan dan reproduksi wanita? Jawabnya anda perlu menemui atau berkonsultasi secara langsung pada dokter obgyn. Obgyn ialah kepanjangan dari obstetri dan ginekologi atau yang disingkat dengan obgyn. Meskipun dokter mempunyai gelar SpOG atau biasanya disebut sebagai dokter kandungan, tak hanya mengatasi kandungan saja.

Menurut  ilmu kedokteran, obgyn ialah subspesialisasi atau cabang ilmu yang secara khusus mengatasi permasalahan mengenai kandungan serta reproduksi wanita. Untuk lebih jelasnya mari ketahui mengenai beragam subspesialis obgyn!

Bedanya obstetri dan ginekologi

Obstetri merupakan salah satu bagian dari ilmu kedokteran yang berfokus mengatasi permasalahan mengenai kehamilan maupun persalinan. Sedangkan dokter kandungan sendiri merupakan seorang pakar yang menjadi salah satu tempat untuk melakukan konsultasi mengenai kesehatan kandungan dalam tubuh anda. Dimana, ia akan mengawasi mengenai pertumbuhan janin anda lewat USG, dan membantu anda menangani permasalahan atau keluhan anda seputar kehamilan anda, serta membantu anda dalam melakukan proses persalinan ketika anda melahirkan.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, ginekologi ialah suatu bagian dari ilmu kedokteran berkaitan mengenai fungsi dari alat tubuh dan penyakit tertentu pada wanita. Anda dapat melakukan konsultasi dengan seorang pakar ginekologi mengenai semua hal yang berhubungan mengenai permasalahan kewanitaan seperti halnya yaitu menstruasi tidak teratur, kepuihan, kista pada Rahim dan bahkan sampai menopause.

Subspesialis Obgyn

Masalah kesehatan jenisnya sangatlah beragam. Namun tak semua dokter dapat menangani permasalahan kesehatan anda, dan bahkan terdapat juga dokter spesialis yang mengatasi permasalahan secara khusus. Nah salah satunya ialah subspesialis obgyn. Untuk lebih lengkapnya mari kenali mengenai berbagai jenis dari subspesialis dari obgyn yuk!

  1. Subspesialis Fetomaternal

Pada umumnya dokter obgyn dengan supspesialis fetomaternal ini mengatasi permasalahan mengenai  masalah seputar kehamilan yang memerlukan dokter yang mempunyai gelar SpOG(K)FM atau Fetomaternal. Contonya yaitu resiko kelahiran dengan premature, riwayat keguguran terus menerus, diabetes gestasional, dan lainnya.

  • Subspesialis Endokrin dan fertilitas

Dokter obgyn dengan supspesialis Endokrin dan fertilitas mempunyai gelar yakni SpOG(K)FER atau kepanjangan dari endokrinologi dan fertilas. Bagi bunda yang mempunyai masalah mengenai kehamilannya, dan bunda ingin melakukan program bayi tabung, maka dokter dengan supspesialis Endokrin dan fertilitas ini ialah pilhan yang tepat yang dapat membantu anda. Selain dapat membantu anda dalam program bayi tabung, dokter ini juga dapat membantu anda dalam mengatasi permasalahan mengenai ketidakseimbangan hormon yang dapat membawa dampak bagi kematangan sel telur serta penyakit lainnya yang dapat mengakibatkan penurunan kesuburan anda.

  • Subspesialis Onkologi

Dokter obgyn dengan supspesialis Onkologi mempunyai gelar yakni SpOG(K)Onk. Dokter dengan subspesialis ini dapat mengatasi permasalahan mengenai kanker yang terjadi pada reproduksi wanita. Jenis kanker tersebut antara lain kanker ovarium, serviks, vulva dan uterus.

  • Subspesialis Bedah Rekonstruksi Panggul

Pada umumnya dokter obgyn dengan supspesialis Bedah Rekonstruksi Panggul ini mengatasi permasalahan mengenai  masalah operasi bedah yang dilakukan di panggul serta area reproduksi wanita. Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter ini mengenai masalah di panggul serta area reproduksi wanita. Bunda tak perlu khawatir, karena tidak semua masalah berakhir pada operasi bedah, seperti halnya keluhan seputar panggul dan lainnya.

  • Subspesialis Uroginekologi

Dokter obgyn dengan supspesialis Uroginekologi biasanya dapat mengatasi permasalahan mengenai kecacatan anatomi dari rahim maupun jalan lahir. Contohnya yaitu adanya robekan di perineum setelah melhirkan, kecacatan bawaan dari genitalia hingga disfungsi seksual wanita.

Itulah beberapa jenis dokter subspesialis obgyn yang perlu anda ketahui, agar anda tidak salah untuk melakukan konsultasi seputar masalah kewanitaan anda ya! Semoga bermanfaat.

Categories
kesehatan parenting

Ternyata Sifat Dendam Dapat Menurunkan Imunitas Tubuh

Bagi semua orang tentunya pernah memiliki perasaan disakiti. Perasaan disakiti tersebut terkadang masih membekas dihati dan sangat sulit untuk dihilangkan. Dimana, hal yang sulit dihilangkan dan membekas dalam hati tersebut ialah untuk memaafkan seseorang. Dengan perasaan yang masih membekas dan sulit untuk memaafkan tersebut membuat anda mempunyai atau menyimpan perasaan dendam yang terpendam.

Namun, taukah anda apabila anda mempunyai atau menyimpan perasaan dendam secara tidak langsung dapat membuat hubungan anda denga orang lain rusak. Rusaknya hubungan anda dengan orang lain tersebut disebabkan oleh masalah jiwa yang terganggu sehingga dapat berpengaruh pada kesehatan anda.

Apa itu Dendam ?

Perasaan dendam ialah suatu keadaan dimana hati anda mempunyai perasaan hati terhadap seseorang atas kesalahan yang menyakiti anda dan diperbuat oleh orang lain. Serta sulit bagi anda untuk memaafkan kesalahan yang telah diperbuat tersebut. Sehingga membuat anda menyimpan perasaan tersebut.

Bahaya Menyimpan Dendam Bagi kesehatan

Bagi anda yang saat ini sedang menyimpan perasaan dendam sebaiknya kurangin yuk, karena dengan anda menyimpan perasaan dendam maka dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh anda loh! Agar tubuh anda tetap sehat, dan tidak adanya gangguan kesehatan, mari kenali bahaya menyimpan demndam bagi kesehataan. Yuk simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

  1. Mengubah susunan hormon otak

Otak ialah salah satu organ tubuh manusia yang digunakan untuk berfikir. Didalam otak terdapat dua hormon yang saling bekerja. Dua hormon tersebut ialah hormon kortisol dan hormon oksitosin. Hormon kortisol pada umumnya lepas ketika anda mempunyai pengaruh dibawah tekanan mental. Contohnya ketika anda menyimpan perasaan dendam. Sedangkan hormon oksitosin ini bekerja atau memperoduksi ketika anda memberikan maaf atau damai kepada orang lain ataupun diri sendiri.

Hormon kortisol dan hormon oksitosin merupakan hormon yang dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan agar dapat menciptakan sebagai hormon yang bertujuan untuk bekerja mencapai tujuannya. Selain itu juga daoat bertujuan untuk mengontrol stress buruk. Sehingga hormon kortisol merupakan salah satu hormon yang berbahaya apabila diproduksi berkelanjutan karena dapat berdampak pada bekerjanya system saraf pusat terhadap organ – organ lainnya. Sekresi hormon kortisol yang berlebihan tersebut bertujuan untuk menekan hormon oksitosin yang dibutuhkan sebagai kesehatan jiwa. Contohnya menjaga hubungan dengan orang lain secara baik.

  • Memicu gaya hidup tidak sehat

Dengan anda mempunyai perasaan dendam tentunya berhubungan dengan beragam penyakit kronis. Stress buruk yang berlebihan akibat perasaan dendam terhadap seseorang dapat membuat seseorang rendahnya memperhatikan keadaan kesehatannya. Sebuah studi menunjukkan bahwa suatu keadaan temperamental yang disebabkan oleh perasaan dendam dapat membuat seorang cenderung untuk melakukan aktivitas seperti memakan makanan junkfood tauapun merokok. Dimana kedua hal tersebut dapat mengakibatkan resiko penyakit yang dinamakan dengan diabetes mellitus.

  • Meningkatkan resiko kerusakan jantung

Pengumpulan emosi buruk juga dapat mengakibatkan terjadi tekanan darah tinggi pada kesehatan anda, dan apabila hal tersebut berlangsung dengan lama dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh anda. Dengan anda mempunyai perasaan dendam membuat anda secara tidak langsung mempunyai perasaan tertekan ataupun perasaan marah yang dapat mengakibatkan resiko penyakit jantung.

  • Memicu penyakit dengan rasa nyeri kronis

Sebuah asumsi atau pendapat mengatakan bahwa seseorang yang mempunyai perasaan dendam akan mengalami sebagian kondisi medis. Menurut penelitian yang dilakukan oleh masyarakat di Amerika Serikat menyatakan bahwa seseorang yang mempunyai perasaan dendam dapat mempunyai peluang 50% lebih unggul untuk mengalami sakit nyeri seperti sakit punggung, kepala maupun ulserasi lambung.

  • Memicu penuaan dini

Perasaan dendam juga dapat berhubungan dengan  sekresi hormon stress yang dapat memunculkan perasaan fustasi maupun depresi. Selain munculnya masalah emosi, kesehatan tubuh yang diakibatkan stress yang berlebih juga dapat membawa dampak terhadap penuaan diri anda. Penuaan diri anda tersebut muncul karena disebabkan oleh adanya pergantian kromosom DNA sebagai proses regenerasi dalam pembentukan sel baru yang dapat membawa dampak penuaan biologis pada organ kesehatan tubuh anda secara cepat. Namun sebaliknya apabila anda dapat mengontrol emosi anda dengan memberikan maaf pada seseorang dapat membuat mengembalikan stress anda menjadi normal lagi.

Itulah beberapa bahayanya kesehatan tubuh anda apabila anda mempunyai perasaan dendam. Untuk itu mari kurangin untuk menyimpan perasaan dendam, dan belajar untuk memaafkan seseorang demi kesehatan tubuh anda yang akan mendatang.  

Categories
kesehatan parenting

Apa sih Bedanya USG 2D, 3D, atau 4D? Bunda Wajib Menyimak

Bagi calon ibu tentunya kehamilan merupakan sebuah kebahagiaan karena ia dapat memiliki seorang bayi yang dapat dirawatnya dengan baik. Selain merasakan kebahagiaan dapat memiliki seorang bayi, calon ibu tentunya juga ingin melihat perkembangan sikecil disetiap saat. Untuk dapat mengetahui perkembangannya, calon ibu dapat melakukan USG.

Apa itu USG ?

USG atau disebut juga sebagai Ultrasonografi, ialah sebuah teknik untuk memperlihatkan ilustrasi keadaan sikecil saat berada di dalam kandungan. Alat yang digunakannya pun dengan menggunakan gelombang suara yang memiliki frekuensi cukup tinggi sehingga dapat menangkap gambar tubuh sikecil saat berada di dalam kandungan dan memantau perkembangan kehamilan. Selain menangkap gambar, USG juga digunakan oleh dokter untuk mendiagnosis penyakit.

Apakah USG Aman Dilakukan

Berdasarkan penelitian dari American College of Obstetricians and Gynecologist (ACOG) mengatakan tidak adanya bahaya pada kesehatan sikecil saat berada di kandungan ketika ibu hamil melakukan pemeriksaan USG. Dalam melakukan pemeriksaan USG biasanya ibu hamil disarankan untuk memeriksakan secara USG sebanyak 4 kali semasa kehamilannya. Waktu pemeriksaan satu kali dilakukan ketika bumil menginjak trimester ke satu , waktu pemeriksaan ke dua kali dilakukan ketika bumil menginjak trimester ke dua, dan waktu pemeriksaan ketiga dan keempat dilakukan ketika  bumil menginjak trimester ke tiga. Akan tetapi jumlah pemeriksaan bumil dapat berubah sewaktu – waktu karena indikasi medis. Nah, untuk lebih jelasnya sebaiknya bumil berkonsultasi langsung dengan dokter untuk melakukan pemeriksaan USG.

Bumil sering melakukan pemeriksaan USG, masih bingung ingin melakukan USG dengan dimensi berapa? Nah, Dengan berjalannya waktu kini, USG memiliki berbagai jenis yaitu USG 2D, 3D, dan 4D untuk mengetahui selengkapnya. Yuk kenali perbedaanya dibawah ini.

USG 2D

Jenis USG yang pertama yaitu USG 2D. USG 2D ini merupakan salahsatu alat pemeriksaan yang pertama kali digunakan sebelum adanya USG 3D dan USG 4D. USG 2D ini biasanya digunakan untuk mengetahui keadaan sikecil saat berada di dalam kandungan, serta mendiagnosis kelainan pada janin dalam tiga bulam siklus kehamilan pertama. Dalam USG 2D menghasilkan gambar yang berwarna hitam putih. Dalam pemeriksaan USG 2D biasanya dokter memeriksa ukuran bayi, berlimpahnya air ketuban, serta kelainan fisik sikecil. Jika sikecil di diagnosis memiliki kelainan fisik, biasanya dokter memberikan saran untuk memeriksakan dengan USG yang memiliki dimensi tinggi seperti 3D maupun 4D.

USG 3D

Dalam pemeriksaan USG 2D hanya menampilkan visual yang jelas. Hal ini berbeda dengan USG 3D dan 4D. USG 3D dan 4D sebenarnya memiliki kemiripan. Namun sebelumnya mari bahas USG 3D terlebih dahulu. USG 3D menyajikan sebuah gambar yang tidak bergerak atau diam. Keunggulan dari pemeriksaan USG 3D ini yaitu calon ibu dapat melihat perkembangan janin sikecil secara lebih rinci sampai pada bagian dalam organ sikecil. Sehingga dalam USG 3D dapat digunakan untuk membaca kelainan pada organ ketika berada didalam kandungan.

USG 3D ini dapat membantu dokter untuk membaca kelainan seperti bibir sumbing dan jantung sehingga apabila bayi tersebut seudah lahir, maka dokter dapat melakukan penanganan yang tepat terhadap kelainan bibir sumbing maupun jantung.

USG 4D

Pemeriksaan USG yang terakhir ini dinamakan USG 4D. Jenis USG 4D merupakan salahsatu jenis USG yang memiliki teknologi yang sangat unggul daripada USG yang lainnya. Dalam pemeriksaan USG 4D ini hasil yang didapatkan lebih detail dan tepat. Selain hasil yang didapatkan detail dan tepat, USG 4D ini dapat bergerak layaknya film. Dalam pemeriksaan USG 4D ini biasanya digunakan untuk menggambarkan anggota dan gerakan tubuh sikecil ketika berada didalam kandungan ibu. Namun, tidak semua ibu hamil dapat melakukan pemeriksaan USG 4D loh! Ibu hamil yang deiperbolehkan melakukan pemeriksaan 4D ialah ibu hamil yang mmepunyai gejala medis serta yang telah disarankan ataupun dianjurkan oleh dokter untuk melakukan pemeriksaan 4D ini.

Itulah perbedaan dari USG 2D, 3D dan 4D. Semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat ya buat bumil, dan bumil tidak bingung lagi dalam memeriksakan kandungannya. Semoga sehat selalu bumil.

Categories
Uncategorized

Hati-hati, Ternyata Buah ini Bisa Bikin Gemuk!

Pada dasarnya, Buah memiliki banyak sekali manfaatnya. Apalagi apabila anda memakannya, anda akan mendapatkan kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Dengan memakan buah – buahan setiap harinya anda dapat menjaga kebugaran tubuh anda. Bahkan juga dapat digunakan sebagai penangkal resiko penyakit. 

Namun, tidak semua jenis buah dapat membantu anda untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Terdapat beberapa buah – buahan, justru menjadi senjata makan tuan bagi kelancaran program diet anda. Jika anda memakannya terlalu banyak, Karena dapat membuat anda gemuk. Mungkin, sebagian orang bertanya Mengapa Buah dapat membuat Gemuk ? Padahal buah memiliki jumlah kalori yang rendah. Hal itu dapat terjadi karena buah juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi sehingga dapat menyebabkan anda menjadi gemuk. Nah, Apa Saja buah yang dapat buat anda gemuk ? Mari kenali 5 jenis buah ini yang dapat buat anda menjadi gemuk.

  1. Pisang

Pisang ialah jenis buah – buahan yang dapat membuat berat badan anda menjadi naik. Jenis buah – buahan berwarna kuning ini memiliki kandungan karbohidrat serta kalori yang cukup tinggi. Kandungan dalam satu buahnya yaitu sebanyak 27 gram karbohidrat serta mempunyai kandungan kalori sebanyak 180 kalori. Nah, bagi anda yang tidak sengaja kebanyakan makan pisang, maka dapat berpotensi membuat anda gemuk.

2. Alpukat

Jenis buah – buahan yang satu ini memiliki rasa yang sangat lezat dan disukai oleh banyak orang. Bahkan jenis buah – buahan ini juga dijadikan camilan yang dapat menyehatkan tubuh anda. Namun, anda tidak boleh kebanyakan ya ! Hal itu karena buah alpukat ini memiliki kandungan karbohidrat serta kalori yang hampir sama dengan pisang loh! Didalam satu buah alpukat terdapat kandungan kandungan karbohidrat sebesar 8,6 gram serta kandungan kalori sebesar 161 kalori. Agar berat badanmu tetap ideal, maka konsumsi alpukat cukup sewajarnya ya.

3. Mangga

Buah mangga yang biasanya dijadikan sebagai makanan penutup ataupun sebagai camilan dikala bosan ini memiliki kandungan vitamin yang cukup banyak ini antara lain vitamin B, A dan E. Selain memiliki kaya akan vitamin, buah mangga ini juga memiliki kandungan karbohidrat dan kalori yang sangat tinggi. Karbohidrat dalam satu buah mangga yaitu sebanyak 25 gram karbohidrat serta kandungan kalori sebesar 99 kalori. Namun, jika anda sering memakan buah mangga maka dapat menyebabkan gula darah anda meningkat dan juga dapat membuat berat badan anda menjadi naik. Untuk itu konsumsi buah mangga sekucupnya ya !

4. Kurma

Kurma merupakan salah satu jenis buah – buahan yang wajib dihidangkan saat bulan ramadhan. Namun, ternyata buah kurma ini sama seperti buah pisang, mangga, alpukat yaitu dapat menambah berat badan. Didalam satu buah kurma memiliki kandungan karbohidrat serta kalori yang cukup banyak yaitu sebesar 18 gram karbohidrat dan 66,5 kalori. Selain kandungan karbohidrat dan kalori yang cukup tinggi buah kurma juga memiliki kandungan zat besi dan vitamin B6. 

5. Kismis

Kismis merupakan salah satu olahan buah anggur tanpa biji yang mengalami yang diolah dengan proses pengeringan. Didalam 28 gram buah kismis ini memiliki kandungan karbohidrat, kalori dan lemak sebanyak 22 gram karbohidrat, 85 gram kalori dan 0,1 gram lemak. Hal itu yang dapat menyebabkan terjadinya penambahan berat badan apabila mengonsumsi terlalu banyak. Selain kandungan karbohidrat, kalori dan lemak buah kismis juga memiliki kandungan vitamin B serta memiliki sumber magnesium yang baik bagi tubuh.

Bagi anda yang ingin memiliki tubuh yang ideal dan tidak menginginkan gemuk, maka berhati – hatilah untuk memakan jenis buah – buahan tersebut. karena jenis buah – buahan tersebut dapat berpotensi mengakibatkan penambahan berat badan dan membuat anda terlihat gemuk. Apabila anda ingin memakan jenis buah – buahan tersebut, makanlah secukupnya atau sewajarnya. Karena apabila anda memakan jenis buah – buahan tersebut berlebihan, maka dapat membuat tubuh anda mengalami penambahan berat badan sehingga tubuh anda tidak lagi ideal serta membuat anda terlihat gemuk.