Fransiscus Pandhu

Wireless, Mobile Computing, and Mobile Commerce

Posted: December 2nd 2012

Pada pertemuan minggu yang lalu, mata kuliah ini membahas tentang bagaimana itu Wireless, Mobile Computing, and Mobile Commerce digunakan dan dioperasikan didalam teknologi informasi. Pertama-tama kita harus mengetahui apa itu Wireless, Mobile Computing, dan Mobile Commerce itu, sebagai berikut ini:

Wireless Device adalah perangkat nirkabel yang berukuran kecil, mudah dibawa atau dipakai, memiliki daya komputasi yang baik dalam melakukkan tugas-tugas produktif dan dapat berkomunikasi secara nirkabel ke internet maupun perangkat lain. WAP (Wireless Application Protokol (WAP) merupakan standar yang memungkinkan perangkat nirkabel dengan layar tampilan kecil, bandwith rendah dan memori minimal untuk mengakses web-based informasi dan layanan. Selin itu ada juga Wireless Transmisi Media yaitu Sistem transmidi microwave yangbanyak digunakan untuk volume tinggi, komunikasi jarak jauh atau point to pint. Point to point memiliki dua karakteristik pertama, pemancar dan penerima harus dalam pandangan satu sama lai, dan kedua yaitu transmisi itu sendiri harus diarahkan langsung dari pemancar ke penerima.

Sedangkan, Wireless Application Protocol (WAP) merupakan standar yang memungkinkan perangkat nirkabel dengan layar tampilan kecil, koneksi bandwidth rendah, Microbrowser yang khusus digunakan oleh piranti mobile yang memiliki keterbatasa akses web,dan pager yaitu dimana seseorang dapat mengirim pesan ke seseorang, namun hanya 1 jalan tidak bisa bolak-balik berbentuk text.

Setelah itu, Mobile Computing ialah koneksi nirkabel antara perangakt mobile dan lingkungan komputasi lain seperti internet atau intranet, da memiliki 2 karakteristik utama yaitu mobilitan dan jangkauan yang luas. Mobile Commerce mengacu pada e-commerce transaksi yang dilakukan secara nirkabel terutama melaui internet. Perkembangan m-commerce didukung beberapa factor yaitu: meluasnya ketersedia perangkat mobile, Tidak perlu untuk PC, penurunan harga dan peningkatan Bandwith. Pervasif Computing ialaih kmputasi Ubiquitous yang dapat teetanam dalam benda-benda disekitar kita seperti lantai, lampu, mobil, mesin cuci, oven, atau rumah pintar dan peralatan pintar. Dalam Jaringan nirkabel terdapat WSNs (Wireless Sensor Network yaitu jaringan yang saling berhubungan, bertenaga baterai, sensor nirkabel yang disebut motes yang ditempatkan kedalam lingkungan fisik.

Dalam teknologi informasi, wireless ini dig unakan dalam mencari sebuah informasi, jadi wireless ini berarti sebuah perangkat untuk mengakses internet dengan tanpa kabel, kemudian untuk mobile computing adalah koneksi tanpa kabel yang menghubungkan antara perangkat mobile, yang saling berhubungan. Jadi dari kedua hal itu saling berhubungan, hanya saja cakupan dari wireless lebih sempit dibandingkan mobile computing, dan mobile commerce.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php