Fransiscus Pandhu

Electronic Commerce

Posted: November 25th 2012

Pada pertemuan minggu kemarin membahas tentang E-Commerce. Langsung saja, apa itu E-Commerce?E-Commerce adalah proses dari membeli, menjual, atau menukar produk, pelayanan, dan informasi melalui kmputer, jaringan, dan yang pokok adalah internet. E-Commerce dibagi menjadi 2, yaitu pure e-commerce dan partial e-commerce. pure e-commerce dilakukan dengan digital secara keseluruhan, sedangkan partial e-commerce dilakukan dengan mengkombinasikan digital dan fisik, biasanya memiliki toko secara online dan offline (fisik). setelah itu e-commerce dikembangkan lagi dan muncullah e-business yang merupakan perluasan dari e-commerce. jika e-commerce hanya meliputi jual-beli barang, jasa, dan sebagainya, maka e-business memiliki tambahan yaitu pelayanan konsumen, berkolaborasi dengan rekan bisnis, serta melakukan transaksi elektronik pada sebuah perusahaan.

Dalama melakukan tansaksi lewat E-commerce, ada beberapa system pembayaran diantaranya Electronic checks, Electronic credit cards, Electronic cash in PC, Pembayaran Electronic dengan e-cash, Smart cards, Person-to-person payment systems, Electronic Funds Transfer (EFT). Electronic wallets, Purchasing cards. Setiap system pembayaran dituntut meiliki enkripsi unruk kemanan, dimana enkripsi sendiri adalah suatu proses pembuatan pesan terbaca kecuali oleh mereka yang memiliki kunci deskripsintersebut atau pemiliknya saja. Namun pembayaran yang lebih serng digunkan adalah secara offline, dimana pedagang tidak diharuskan membayar apapun ke pihak credit / bank.

Dalam jaman sekarang ini, E-Commerc suda banyak digunaka oleh banyak perusahaan sebagai media sebuah perusahaan untuk menyediakan pelayanan yang fleksibel kepada konsumen, secara online, sehingga memberi kemudahan kepada para konsumen-konsumen. Sebagai contohnya adalah  hotel raffles, mereka menggunakan e-commerce untuk memberikan kemudahan para turis yang ingin menginap, mereka menyediakan layanan reservasi, travel, dsb. lalu ada juga Qantas airways, dalam perusahaan penerbangan masa kini e-commerce sudah menjadi sebuah hal yang wajib dimiliki jika ingin mendapatkan banyak konsumen, Qantas adalah salah satu pelopornya, mereka menyediakan kemudahan dalam reservasi tiket, informasi, ataupun pembelian merchandise melalui e-commerce tersebut.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php