Fransiscus Pandhu

Internet, Intranet, Dan Ekstranet

Posted: November 10th 2012

Internet diartikan sebagai jaringan terbesar di dunia yang memiliki sifat -sifaat yaitu dapat memberi informasi kepada semua orang walaupun tempatnya berbeda dengan memakai standard dan protocol yang terbuka dan tidak ekslusif dalam jaringan yang berhubungan. Macam-macam service yang sudah ditawarkan oleh internet adalah E-Mail, Web, File Transfer, Chat, Message Board, dan Instant Messaging.

Sedangkan Intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya.VPNs sering digunakan untuk menjaga komunikasi bersama. Keuntungannya yakni biaya lebih rendah, komunikasi lebih baik, meningkatkan susunan entry dan pelayanan customers, serta meningkatkan efektivitas bisnis.

Kemudian Ekstranet adalah  jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain. Contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk extranet adalah Lotus Notes.

Diantara ketiga hal itu, memiliki perbedaan masing-masing yaitu :

  • Internet :komunikasi jaringan komunikasi global yang menghubungkan seluruh komputer di dunia meskipun beda sistem oprasi dan mesin.
  • Intranet : sebuah jaringan koputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet, hanya saja digunakan dalam internal perusahaan atau kantor dengan aplikasi berbasis web dan teknologi komunikasi data seperti internet
  • Ekstranet :  jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman terhadap perusahaan.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php