Fransiscus Pandhu

JARINGAN DAN TELEKOMUNIKASI

Posted: November 4th 2012

Arti komunikasi secara umum adalah proses dimana dua atau lebih komputer atau peralaatan yang sejenis dalam mentransfer data, intruksim dan informasi. Telekomunikasi ini terdiri dari beberapa komponen, yaitu hardware, software, media, networks, protokol, data communication providers, dan aplikasi. Signal dalam telekomunikasi dibedakan menjadi 2 yaitu,  sinyal analog yang bersifat kontiniu (amplitudo dan frekuensi), dan sinyal digital yang penyampaian informasinya dalam bentuk biner. Kedua sinyal ini masing-masing memiliki kelemahan dan kelebihan, maka tergantung situsi dan kondisi pakai.

Sedangkan Jaringan/Network, diartikan sebagai komunikasi antara perangkat, media, dan perangkat lunak(software) yang dibutuhkan untuk menghubungkan dua atau lebih sistem komputer. Lingkungan dari jaringan tersebut yaitu Local Area Network(LAN)-mencakup daerah geografis yang relative sempit, untuk menghubungkannya dan dapat digunakan berbagai topologi, Wide Area Networks(WAN)- jaringan yang menyebar di jarak geografis yang relative luas, internet , cakupannya adalah dunia.

Sistem Telekomunikasi sudah digunakan dalam dunia bisnis untuk menyediakan jaringan, dengan cara pemrosesan terdistribusi memungkinkan komuter di berbagai lokasi untuk berkomunikasi melalui link Telekomunikasi. Pengolahan jaringan dilakukan melalui client server processing dan Peer-to-peer processing. Didalam telekominikasu juga terdapat berbagai aplikasi yaitu Electronic mail, Video conferencing, Electronic Data Interchange, Transfer Dana Elektronik, Faksimil, Telecommuting, dan Distenc Learning.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php