Fransiscus Pandhu

Perangkat Keras Komputer(Computer Hardware)

Posted: September 23rd 2012

Pada pertemuan minggu keempat ini, dalam mata kuliah Pengenalan Teknologi Informasi, disampaikan sebuah materi yang yaitu Computer Hardware. Langsung saja, sebenarnya Computer Hardware itu apa?Computer Hardware adalah sebuah perangkat atau alat yang berfungsi memasukkan input data dan mengeluarkannya menjadi sebuah output data. Perangkat keras atau Computer Hardware ini memiliki beberapa komponen, yaitu :

  1.  Central Processing Unit(CPU); Juga bisa disebut processor, CPU ini berfungsi untuk membawa informasi yang menjelaskan apa yang dikerjakan oleh komputer. Didalam CPU ini terdapat beberapa komponen utama yaitu Processor, Memory, Adapter Cards(Sound Card, Modem Card, Video Card, dan Network Card), Ports, Drive Bays, Powers Supply. Ada juga Motherboard, ini merupakan papan sirkuit utama didalam sistem unit, didalamnya terdapat kartu adaptor, chip processor, dan chip memory.
  2. Memory; Memory ini adalah tempat penyimpanan data dan instruksi sementara dari sebuah perangkat komputer. Memory ini dibedakan menjadi 2 tipe, yaitu primary storage, dan secondary storage. Perbedaan primary storage dan secondary storage, sebagai berikut: Primary Storage adalah sebuah tempat penyimpanan sementara dari sebuah sistem komputer. Dalam primary storage ini memiliki sifat volatile atau tidak ada daya data yang hilang. Contohya : Random Access Memory(RAM), Cache Memory. Secondary Storage adalah nonvolatile memory yang dapat dihapus dan diprogram kembali. Contohnya : Hard Disk, Compact Disk, dan lainnya
  3. Input Device; Input Device adalah sebuah komponen hardware untuk mengenter data atau instruksi. Input device dibagi menjadi 2 tipe yaitu data dan instruksi. Salah satu input device yang modern adalah stylus, stylus adalah hardware yang berbentuk seperi ballpoint yang dapat digunakan untuk menulis dalam layar komputer, melalui tekanan-tekanan.
  4. Output Device; Output Device berfungsi sebagai pemroses data yang digunakan untuk membuat formasi yang berguna yang di sebut sebagai sebuah informasi.

Hirarki Komputer adalah computer yang diklasifikasikan berdasarkan power prosesnya. Contoh computer hirarki adalah Supercomputers, Mainframes, Midrange, Workstations, Microcomputers, and Computing appliances.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php