ULASAN CRUSADER KINGS 3

94

ULASAN CRUSADER KINGS 3

Ada Raja Tentara Salib baru di atas takhta.

Aku benar-benar terjebak dalam plot Crusader Kings 3 dan silsilah keluarga. Itu penjaga penjara saya, membuat saya terlalu sibuk mengatur pembunuhan dan menjadi sahabat pena dengan Raja Prancis untuk meninggalkan flat. Saya mungkin harus melakukan sesuatu tentang itu, tetapi saya harus menyelesaikan krisis suksesi ini. Anda tahu bagaimana itu. 

beranda

Tidak pernah ada waktu yang tepat untuk menjauh ULASAN PARADISE KILLER dari RPG strategi besar Paradox. Anda tidak bisa hanya berjalan-jalan saat penguasa Anda berada di ambang kematian atau Kekaisaran Bizantium baru saja mengumumkan perang suci — selalu ada seseorang di suatu tempat yang menyalakan api yang harus Anda tangani. Ini Sindrom Satu Krisis Lagi dan saya mengalaminya dengan buruk.  

Siapa pun yang memainkan Crusader Kings 2 harus terbiasa dengan penyakitnya dan bersiap dengan baik untuk sekuelnya. Anda sekali lagi adalah kepala dari dinasti abad pertengahan awal, dan Anda akan mencoba untuk membuatnya tetap berjalan selama mungkin dengan mengklik, mengklik, mengklik peta yang rumit dan tumpukan menunya. Alat Anda adalah diplomasi, intrik, peperangan dan keberuntungan, dan tujuan Anda adalah apa pun yang muncul dalam pikiran Anda. 

(Kredit gambar: Paradox Interactive)

Seperti semua game strategi besar, itu dikutuk untuk terlihat sangat mengesankan, tapi ini yang paling ramah dari semuanya. Ini tidak menghilangkan kerumitannya, tetapi jauh lebih baik dalam menunjukkan bagaimana semuanya terhubung. Di atas tutorial berguna yang membantu Anda memulai di Irlandia, ada menu tutorial yang dapat diakses kapan saja, serta persediaan tooltips yang tampaknya tak terbatas. Bahkan tooltips memiliki tooltips. Mendapatkan nasihat seperti melangkah melalui portal ke dimensi yang dibangun murni dari tip tentang bagaimana memimpin dinasti abad pertengahan, yang ternyata cukup membantu.

Namun, jangan terlalu terpaku pada hal itu. Anda bisa terobsesi dengan angka dan powergame sepanjang sejarah, atau Anda bisa melakukan perjalanan eksperimental untuk menciptakan masyarakat matriarkal di Afrika Utara yang didirikan oleh Viking, tetapi Anda tidak perlu ambisi epik untuk mendapatkan hasil maksimal dari Crusader Kings 3; yang Anda butuhkan hanyalah keluarga yang tidak berfungsi. 

Bayangkan The Sims, tetapi Anda memiliki 20 orang di rumah Anda, setengah dari mereka menderita PMS yang ganas, dan yang lainnya merencanakan kudeta. Ini kekacauan yang sangat besar. Dinasti Anda juga tidak berada dalam ruang hampa, dan akan terus-menerus bertabrakan dengan keluarga dan pengadilan lain, tetapi Anda dapat menghabiskan banyak waktu hanya dengan menyia-nyiakan urusan rumah tangga Anda dan mengamankan cengkeraman Anda atas wilayah Anda. 

(Kredit gambar: Paradox Interactive)

Raja Salib selalu tentang karakter alih-alih bangsa, tetapi mereka tidak pernah tampak begitu kaya dan begitu nyata sebelumnya. Masing-masing penuh dengan hak pilihan dan ambisi dan akan lebih sering berubah menjadi anak pemarah ketika mereka tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan. Mengadopsi mereka adalah tanggung jawab besar. Mereka mungkin tamak, kejam, saleh, horny, mabuk terus-menerus — jika Anda mencari kata sifat, Anda akan menemukannya. Semuanya memiliki akar penyebab, sesuatu yang sifatnya dapat dilacak kembali, seperti penindas masa kecil atau pertempuran yang berjalan buruk, menciptakan karakter yang dibentuk oleh masa lalu mereka. 

Mereka mulai berkembang bahkan sebelum mereka lahir. Orang tua dapat mewariskan sifat bawaan kepada anak-anak mereka yang dapat diperkuat dari generasi ke generasi, memungkinkan Anda mempromosikan hal-hal seperti kecerdasan dan fitur simetris melalui perjodohan dan ilmu buruk. Perkawinan sedarah adalah salah satu cara untuk melakukannya — hal yang sangat normal untuk ditulis dalam ulasan videogame — tapi itu bom waktu. Salah satu dinasti saingan saya akhirnya hampir menghancurkan dirinya sendiri dengan menyimpan semuanya dalam keluarga, yang membuat seluruh generasi hampir seluruhnya tidak subur. Penggemar Big Game of Thrones.

Crusader Kings 3 tidak benar-benar membutuhkan kita sama sekali.

Karakter berumur panjang dapat memperoleh sejumlah sifat yang membingungkan selama hidup mereka, beberapa di antaranya sedikit kontradiktif, tetapi selalu ada beberapa sifat kepribadian inti yang dapat diandalkan yang muncul ke permukaan. Setiap orang mendapat julukan yang merangkumnya, jadi Anda tidak perlu menelusuri lembar karakter mereka untuk mengukurnya. Aku akan menjadi Fraser, kritikus yang lelah. Ini sangat berguna ketika Anda mengatur pernikahan atau mempertimbangkan seseorang untuk pekerjaan di dewan Anda. Anda tidak ingin marshal Anda menjadi orang yang tidak rasional — kecuali Anda berpikir itu mungkin hanya sebuah tawa — dan pernikahan dengan penjahat yang kesal mungkin tidak akan menjadi pernikahan yang sangat membahagiakan.

(Kredit gambar: Paradox Interactive)

Detail ini sering kali tercermin dalam penampilan karakter. Setiap orang mendapatkan model 3D, dianimasikan secara halus dan berpose untuk mencerminkan suasana hati dan kepribadian mereka. Saya melihat banyak cemberut, tetapi saya hanya memiliki efek itu pada orang-orang. Selama bertahun-tahun Anda akan menyaksikan mereka berubah saat mereka mengambil luka, penyakit, dan hanya usia. Anda bisa melihat sekilas kehidupan mereka hanya dengan melihatnya. Bertemu dengan semua orang yang hidup ini sangat menyegarkan setelah menghabiskan bertahun-tahun bersama Crusader Kings 2, di mana saya harus berinteraksi dengan foto yang diambil saat bangun peti mati terbuka.

Terkadang mereka terlihat seperti dipesan lebih dahulu. Semua cerita mereka acak, narasi yang muncul, tetapi kemudian Anda mendapatkan busur yang tampaknya terlalu sempurna ini. Ada karakter yang menjalani perjalanan ini membawa mereka dari bukan siapa-siapa menjadi raja, penuh kejutan, comeback heroik, romansa rahasia — banyak hal. Crusader Kings 3 tidak benar-benar membutuhkan kita sama sekali. 

Untuk benar-benar membuat tanda di dunia, serta menjaga dinasti yang sulit diatur, pertama-tama Anda harus fokus untuk memperkuat penguasa Anda dan memenuhi beberapa pencapaian pribadi. Untungnya, selalu ada satu peristiwa atau peristiwa lain yang meluncur cepat ke arah Anda dengan peluang untuk berkembang. Anda mungkin masuk ke kamar Anda suatu malam dan menemukan anggota pengadilan Anda menganiaya salah satu sepatu atau pispot Anda, pada saat mana Anda dapat mengusir mereka atau memanggil penjaga, tetapi Anda mungkin malah memutuskan bahwa, sebenarnya, membelai benda-benda acak adalah sangat sesuai dengan jenismu. Dan voila, Anda punya hobi baru. Acara yang lebih sehat termasuk percakapan yang sangat menyenangkan dengan teman baru dan mendapatkan anjing yang sangat keren. Iklanhttps://f6b6caa9f7e471bedc682774ea37ebfe.safeframe.googlesyndication.com/safeframe/1-0-37/html/container.html

(Kredit gambar: Paradox Interactive)

Saat ini, Paradox telah menjadi master teks peristiwa yang ringkas — Paradox menangkap Anda dengan cepat, dan secepat itu memungkinkan Anda beralih ke skandal berikutnya. Anda dapat mengatakan bahwa penulis paling senang dengan hal-hal cabul, tetapi bahkan korespondensi biasa dengan para uskup dapat dibaca. Dengan karakter yang lebih nyata, membaca sekilas huruf mereka sepertinya tidak sopan. 

Gaya hidup memungkinkan Anda memahat penguasa Anda tanpa harus bergantung pada peristiwa acak. Mereka adalah kelas yang efektif, masing-masing mewakili salah satu keterampilan permainan. Melalui pendidikan mereka, setiap orang memiliki kecenderungan untuk gaya hidup tertentu, tetapi Anda dapat memilih yang mana yang Anda inginkan dan mengatur ulang semua perkembangan Anda jika Anda berubah pikiran. Setiap gaya hidup dibagi menjadi beberapa area yang dapat Anda fokuskan, memberi Anda bonus pasif yang terus-menerus dan memungkinkan Anda mulai mendapatkan XP yang dapat digunakan untuk membuka fasilitas dari tiga pohon gaya hidup. Di mana pendahulunya mengambil banyak inspirasi dari RPG, ini adalah sistem perkembangan RPG lengkap yang didorong oleh cerita daripada pembunuhan dan pencarian. 

Gaya hidup intrik adalah hal yang paling saya sukai. Ini memberi Anda kaki di dunia rahasia, skema dan kait yang suram, serta acara pemijahan yang memungkinkan Anda menjelajahi sisi teduh Anda. Saya sering memulai dengan niat baik, tetapi tidak butuh waktu lama sebelum saya memutar web saya. Atau setidaknya mencoba. Pada lebih dari satu kesempatan, saya terlambat menyadari bahwa saya benar-benar lalat. 

(Kredit gambar: Paradox Interactive)

Pembangkit tenaga listrik Mediterania yang indah yang pernah saya bangun seumur hidup akhirnya hancur ketika mulut besar saudara laki-laki saya mengeluarkan saya karena membunuh saudara kita yang lain, saudara yang lebih bodoh. Saya melakukan perbuatan itu, saya akan mengakuinya. Saya mengirim kepala intel saya untuk menggali rahasia yang bisa saya gunakan sebagai pengait untuk membuat orang melakukan penawaran saya. Saya merayu pengikut saudara saya dan menyuap salah satu kesatria untuk bergabung dengan saya dalam rencana itu. Dan ketika dia meninggal, saya menggunakan rahasia yang telah saya kumpulkan untuk memaksa para bangsawan yang takut membuat kesepakatan yang buruk dan memberi saya lebih banyak uang. Jadi ketika saudara laki-laki saya yang masih hidup mengetahui tentang perbuatan itu, dia mencoba memeras saya dan, gagal, dia memberi tahu semua orang. Semua bawahan saya dengan ego mereka yang terluka menunggangi saya, tentu saja. Saya menemui akhir yang buruk. Itulah yang saya dapatkan dengan menyeret pantat saya yang berusia 70 tahun ke dalam pertempuran. 

Keterikatan saya dengan intrik akhirnya membunuh saya, tetapi itu juga bertanggung jawab atas seumur hidup yang terjebak di kepala saya. Gaya hidup membantu mengubah iring-iringan pop-up dan acara menjadi cerita yang kohesif, mengatur nada dan memastikan drama yang Anda ikuti memberi Anda kesempatan untuk mengembangkan keterampilan yang Anda minati, atau setidaknya membangun masa lalu Anda. Dan ya, terkadang itu akan menyebabkan kematian Anda. 

Ancaman paling berbahaya bagi seorang penguasa, bagaimanapun, adalah stres. Itulah yang membuat Anda tetap jujur. Atau kejam. Atau rakus. Anda mendapatkan stres setiap kali Anda bertindak melawan kepribadian Anda. Jika Anda suci dan mulai berguling-guling di atas jerami dengan seorang punggawa, Anda akan didera rasa bersalah. Itu licik. Itu membuat saya sekali hanya karena saya memikirkan tentang sahabat saya yang telah meninggal. Boom — Saya merasa stres. Aku menekan botol untuk menekan perasaan itu, dan kemudian aku terus memukul botol itu sampai aku terlihat seperti gammon. Dan kemudian saya mati, lagi. Advertisementhttps://f6b6caa9f7e471bedc682774ea37ebfe.safeframe.googlesyndication.com/safeframe/1-0-37/html/container.html

(Kredit gambar: Paradox Interactive)

Kadang-kadang saya membujuk diri sendiri untuk mengambil hukuman stres — itu hanya meracuni satu orang, tidak apa-apa, lakukan saja — tetapi dengan cepat meningkat. Ada begitu banyak cara yang bisa membunuhmu atau hanya membuatmu sama sekali tidak berguna, jadi prospek stres dalam game membuatku sangat stres dalam kehidupan nyata. Itu mengagumkan. Ada lebih banyak bobot untuk pilihan ini, lebih banyak risiko, dan harga kehendak bebas adalah ancaman konstan dari krisis eksistensial. 

Saya selalu memiliki masalah dengan RPG yang memungkinkan Anda membuat pilihan yang benar-benar di luar karakter tanpa konsekuensi nyata. Anda dapat memainkan Commander Shepard sebagai teladan kebajikan dan kemudian berbalik dan menjadi seperti, “Saya super rasis sekarang, teman-teman”, dan tidak ada yang menganggap itu aneh. Tidak apa-apa. Ini beberapa karma merah. Crusader Kings 3 akan membunuhmu jika kamu mencoba omong kosong itu. 

Meskipun Anda dapat menghabiskan waktu berjam-jam yang terbungkus dalam permainan peran dan intrik, ada dunia simulasi yang sangat besar untuk dilukis dalam warna Anda. Ini adalah peta luas kaleidoskopik yang membentang dari Islandia ke Nigeria hingga Tibet. Apa yang biasanya merupakan bagian kecil dari tanah dengan sedikit fitur pengenal di Crusader Kings 2 sekarang menjadi wilayah besar dengan karakter mereka sendiri. 

(Kredit gambar: Paradox Interactive)

Medan yang beragam, keunikan geografis yang unik, dan bangunan khusus membuat area ini berbeda dan menjadikannya hadiah yang sangat menggoda bagi calon penakluk. Ini juga pertimbangan yang harus Anda pertimbangkan jika Anda adalah penakluknya. Mungkin benteng yang Anda mengepung memiliki tembok yang kokoh secara monumental, atau medannya dapat membuat pasukan kavaleri Anda yang berat dirugikan. Peta yang diperluas juga berarti kerutan taktis yang diperluas — yang disambut baik — yang membuat perkelahian menjadi bukan permainan angka murni. 

Crusader Kings 3 akan membunuhmu jika kamu mencoba omong kosong itu.

OK, sering kali hal itu hanya tergantung pada siapa yang paling banyak orang yang bersedia untuk bertempur. Dan biasanya Anda harus mengejar mereka dan melawan mereka lagi sampai mereka benar-benar musnah. Itu masih Raja Tentara Salib. Namun, ada lebih banyak peluang untuk mendapatkan keunggulan, seperti menggunakan ksatria dan pasukan khusus yang lebih berkualitas tinggi. Ksatria seperti anggota biasa pengadilan Anda yang menginginkan gelar dan warisan dan litani hal-hal lain, tetapi mereka juga pejuang brilian yang akan berperang bersama komandan tentara dan memotong jalan mereka melalui pungutan petani. Mereka adalah orang yang tangguh, tetapi saat mereka tumbuh lebih berpengaruh, mereka akan memiliki harapan yang lebih besar, dan kesatria terhebat Anda juga bisa menjadi saingan terhebat Anda. Semuanya sangat Arthur dan Lancelot.

Ada cara lain untuk menaklukkan dunia yang tidak datang dengan tanggung jawab mengelola kerajaan yang membentang di benua. Anda dapat memperluas dinasti Anda ke setiap sudut peta tanpa melahap setiap daerah, menggunakan pernikahan dan warisan untuk menempatkan kerabat Anda di kursi kekuasaan di luar wilayah Anda sendiri. Anggota kuat dari dinasti Anda mungkin juga memutuskan untuk membentuk cabang kadet, keluar dari pengaruh Anda dan mendapatkan kendali atas anggota keluarga di rumah baru ini.

(Kredit gambar: Paradox Interactive)

MENANGKAN KEMULIAAN ABADI DENGAN PANDUAN CK3 INI

Perintah konsol Crusader Kings 3
(Kredit gambar: Paradox Interactive)

Anda tidak mengorbankan kekuatan; Anda membagi tanggung jawab. Rumah-rumah lain dan penguasa independen berkontribusi pada kemasyhuran dinasti, dan sebagai kepala yang berarti Anda dapat mengerahkan beban dan menghabiskan kemasyhuran itu untuk warisan seluruh dinasti — pikirkan keuntungan, tetapi itu permanen dan untuk seluruh keluarga. Akhirnya Anda dapat membangun dinasti panglima perang atau memastikan bahwa semua alam di bawah payung dinasti Anda berjalan dengan efisiensi seperti mesin. Ini adalah tujuan jangka panjang, tetapi Anda bisa mendapatkan warisan pertama cukup awal, yang meletakkan dasar bagi dinasti khusus Anda. 

Sungguh melegakan membiarkan beberapa karakter lain melakukan beberapa pekerjaan berat. Memimpin sebuah dinasti menuju keabadian memang melelahkan, tapi sekarang ini adalah usaha tim. Beberapa cabang akan layu dan mati, sementara yang lain mungkin menanamkan diri di dalam kerajaan asing dan kemudian suatu hari memerintahnya, tapi aku bahagia selama aku mendapatkan ketenaran yang manis itu. Menyebarkan dinasti Anda memungkinkan Anda menikmati hantaman kekuasaan dan derasnya ekspansi tetapi tidak meninggalkan Anda dengan banyak masalah administratif baru. Semua kemuliaan, tetapi tidak sebanyak kerja kerasnya — itu adalah mimpi.     

Ambisi paling tinggi, tentu saja, adalah membuat semua orang setuju bahwa tuhan Anda adalah yang terbaik, atau Anda bisa ikut serta dalam kegilaan terbesar abad pertengahan: bidah! Ya, jika Anda bosan dengan Katolik atau agama mapan lainnya, Anda bisa membuat iman Anda sendiri. Hal ini dapat menyebabkan banyak ketidakstabilan, menghilangkan kepercayaan yang dominan dan membutuhkan waktu seumur hidup yang dikhususkan untuk kesalehan untuk melakukannya, tetapi itu sepenuhnya sepadan. 

(Kredit gambar: Paradox Interactive)

Agama di Crusader Kings 3 sangat berpengaruh dan biasanya penuh dengan aturan yang merusak kesenangan semua orang. Mereka ketat dan terlalu tertarik pada apa yang dilakukan orang di kamar tidur mereka sendiri, atau terkadang di pantai, dan di belakang istal. Keyakinan baru Anda bisa menyingkirkan semua itu. Keyakinan dibangun dari prinsip-prinsip, tradisi yang datang dengan mekanisme khusus — hal-hal normal seperti persekutuan, pengorbanan manusia dan kanibalisme ritual — dan doktrin yang menentukan legalitas hal-hal seperti hubungan sesama jenis, yang bisa menjadi pendeta dan jika perceraian diperbolehkan. Ada 14 doktrin yang harus Anda selesaikan, trio prinsip untuk dipilih (dari daftar sekitar 50), dan kemudian Anda harus memutuskan sifat apa yang bajik atau berdosa. Anda mungkin juga menjadikan diri Anda kepala agama saat Anda melakukannya, tetapi jika Anda ‘ 

Menciptakan budaya baru bekerja dengan cara yang hampir sama, tetapi ada juga sistem budaya terpisah yang terkait dengan inovasi. Undang-undang baru, unit unik, dan bonus khusus dapat dibuka seiring waktu untuk semua orang dalam budaya, tetapi hanya penguasa dominan yang benar-benar dapat memilih inovasi apa yang akan difokuskan. Bahkan penelitian pun menjadi sumber persaingan dan intrik lain saat Anda mencoba untuk mempertahankan rekan penguasa di belakang Anda. Sama seperti kepercayaan baru yang terus bermunculan, budaya baru juga dapat muncul dan mulai menantang tetangga mereka yang lebih mapan.

(Kredit gambar: Paradox Interactive)

Crusader Kings 3 selalu bergerak, selalu melompat ke cerita baru, jadi Anda tidak pernah terlalu mapan. Tapi juga tidak pernah keluar dari zona nyamannya. Paradoks tidak mengambil arah yang berbeda atau membuat perubahan yang akan membuat Anda terengah-engah. Hal-hal yang membuat Crusader Kings 2 begitu bertahan telah didorong ke depan lebih banyak lagi, sementara beberapa pembengkakan yang terakumulasi selama lebih dari satu dekade telah terkikis. Ini sekuel yang sangat masuk akal.

Saya tahu, saya tahu — ‘masuk akal’ bukanlah kata-kata yang paling membesarkan hati. Izinkan saya meyakinkan Anda, bahwa Raja Salib 3 luar biasa. Ini adalah mesin cerita yang tak tertahankan yang mengeluarkan aliran konstan alt-histories yang menarik, karakter yang menyebalkan dan teka-teki sosial yang membuat saya terobsesi untuk mengungkapnya. Saya tidak bisa membayangkan selesai dengan itu. Saya hanya hidup dari drama digital sekarang. Akankah Alfred akhirnya meninggalkan ruang penyiksaan dan mendapatkan teman? Apa yang akan Bjorn lakukan sekarang setelah dia tahu istrinya jatuh cinta dengan kanselirnya? Dan siapa yang akan melakukan patricide selanjutnya? Saya perlu menghabiskan lebih sedikit waktu untuk menulis ulasan dan lebih banyak waktu dengan dinasti saya.

TELL ME WHY REVIEW

69

TELL ME WHY REVIEW

Petualangan Dontnod gagal memenuhi premisnya yang membumi.

Mungkin cocok jika permainan tentang anak kembar terasa terbelah dua. Di satu sisi, film thriller kelam dengan horor supernatural. Di sisi lain, drama yang hangat tentang usia dewasa tentang identitas dan keluarga. Kedua permainan ini memiliki potensi tetapi dibanting menjadi satu, seperti dua kereta yang bertabrakan, membuat pemain memilih melalui reruntuhan. Ada hal-hal baik yang perlu diselamatkan tetapi tetap saja terasa retak dan rusak.

beranda

Yang layak diselamatkan adalah beberapa bagian yang ULASAN PARADISE KILLER tersebar, dan bab kedua yang cukup besar dan menarik. Kembar Tyler dan Alyson dipersatukan kembali untuk pertama kalinya dalam sepuluh tahun sejak kematian ibu mereka, yang kami diberitahu bahwa Tyler dibunuh untuk membela diri. Sekarang mereka mengunjungi kembali rumah keluarga dan segala macam kenangan menyakitkan muncul ke permukaan. Di depan juga ada cerita tentang identitas Tyler sebagai pria trans, perjuangannya dengan identitas itu di masa lalunya serta berurusan dengan prasangka di masa sekarang.

Jika Tell Me Why hanya seperti itu, mungkin itu adalah salah satu game favorit saya tahun ini. Penggambarannya tentang pedesaan Alaska sangat indah dan sangat detail, Dontnod benar-benar tertarik untuk tinggal di luar angkasa serta pemandangan besar itu. Ada rasa tempat yang kuat. Sayang sekali rasanya sebagian besar tidak relevan dengan cerita yang diceritakan. Saya ingin hidup dalam drama kota kecil, menjelajahi navigasi Tyler di bagian dunia yang lebih konservatif, dan saudara kandung mencoba menghidupkan kembali hubungan mereka setelah sekian lama berpisah. Kadang-kadang itu memenuhi janji. Terutama di tengah, ada segmen panjang dari drama taruhan rendah — seperti si kembar membersihkan rumah lama mereka atau mendamaikan keluhan mereka dengan sosok ayah — yang membuat saya terpesona.

(Kredit gambar: Xbox Game Studios)

Gim ini dikecewakan di sini seperti halnya di tempat lain oleh beberapa mekanisme yang sangat sederhana, memisahkan diri antara pilihan dialog dan petunjuk kontekstual untuk menggunakan item, dan sejumlah besar teka-teki yang sangat membosankan. Secara harfiah ada urutan di mana Anda harus menghitung barang di gudang. Saya serius — hanya melihat beberapa kaleng dan menghitungnya. Namun yang mengejutkan, narasi game ini paling cekatan dalam urutan ini, mampu menarik kita ke dalam kehangatan hubungan si kembar atau menyampaikan momen-momen lembut saat mereka mengatasi rasa sakit yang belum terselesaikan di masa lalu mereka. Dialognya cukup kikuk dan terlalu bergantung pada eksposisi, dan upaya sesekali remaja berbicara menyakitkan “bagaimana Anda melakukan sesama anak”, tapi mungkin itu hanya menambah pesona canggung dari anak-anak muda ini yang tumbuh dalam isolasi.

Upaya sesekali pada remaja berbicara menyakitkan “bagaimana Anda lakukan sesama anak”.

Itu tidak pernah bertahan lama. Karena Tell Me Why juga ingin menceritakan kisah gelap dan misterius tentang masa lalu si kembar, dengan sosok berkerudung berbahaya yang mengejar mereka dan menutupi konspirasi sementara ancaman supernatural membayangi segalanya. Whiplash terasa saat permainan berbelok di antara dua nada ini berbatasan dengan mematikan. Saya sering mendapati diri saya perlu meluangkan waktu sebentar untuk bergabung dengan perubahan mendadak yang tidak terduga, seperti pembukaan dengan montase yang menghangatkan hati yang disetel ke musik indie yang muncul tepat setelah melihat seorang anak mengaku melakukan pembunuhan. Kedua sisi cerita Tell Me Why ini saling melemahkan. Alur cerita thrillernya dibatalkan oleh keinginan untuk bersikap baik dan menghormati karakternya, tidak pernah menghadapi mereka dengan ancaman yang serius atau mengganggu. Permainan’

(Kredit gambar: Xbox Game Studios)

Untuk pujiannya, Tyler menjadi lebih dari satu karakter catatan, dengan aspirasi dan kecemasannya tersebar di seluruh. Meskipun ada salah langkah, setidaknya mereka bermaksud baik, dan game tersebut berusaha keras untuk menghormati identitas Tyler seperti beberapa game dalam lingkup ini yang pernah ada — bahkan jika itu menghilangkan beberapa realitas yang mungkin Anda harapkan akan dia hadapi. dengan. Hal yang sama tidak dapat dikatakan tentang Alyson yang sebagian besar ada untuk menentang eksplorasi Tyler ke masa lalunya. Pemeran lainnya lebih buruk, meskipun dalam beberapa hal bisa dimaafkan — fokusnya tepat pada si kembar. Tapi itu hanya membuat kurangnya perhatian Alyson terasa mencolok, yang memalukan. Saat-saat langka ketika kita melihat sekilas kehidupannya di luar masa lalunya dan hubungannya dengan saudara laki-lakinya menghidupkannya dan permainan, terlepas dari teka-teki dan pilihan hafalannya.

Fokus pada masa lalu Tyler ini mungkin terbayar jika bukan karena penanganannya yang ceroboh, plot thriller game tersebut tampaknya menuntut agar hidupnya penuh liku-liku yang hanya berfungsi untuk merongrong trauma orang tua yang kejam yang sangat nyata bagi terlalu banyak. Ada banyak materi untuk dijelajahi di sana, tetapi semakin gim ini terus mengejar hantu misteriusnya, semakin sedikit ruang yang dibuat untuk perjuangan Tyler dan penyembuhannya. Tidak hanya itu, liku-liku menukar tema dunia nyata dengan hal-hal yang fantastis dan, pada akhirnya, tidak masuk akal. Apa yang dimulai sebagai, mungkin tidak perlu, kisah gelap tentang trauma masa kanak-kanak berakhir lebih banyak tentang kejahatan paranormal. Saya berharap Tell Me Why menikahi elemen-elemen itu dengan lebih baik atau meninggalkan hal-hal supernatural sama sekali. 

Untuk sebagian besar bab tengahnya, aku mulai membeli saudara kandung, dan kota Delos Crossing, dan peduli tentang pilihan yang akan mereka buat mengenai masa depan mereka. Pada akhirnya, permainan berhenti meminta saya untuk terlibat dengan dua manusia yang dapat dipercaya dan sebaliknya bersikeras bahwa saya peduli dengan musuh yang fantastis dan dapat diprediksi. Videogame sering kali membahas yang terakhir sehingga pengabaian Tell Me Why dari yang pertama terasa seperti tangisan malu yang nyata. Dalam adegan singkat itu Tell Me Why benar-benar terasa seperti ada sesuatu yang istimewa. Kira itu benar-benar bukan apa-apa selain patah hati.

ULASAN PARADISE KILLER

91

ULASAN PARADISE KILLER

Standar baru untuk genre detektif, ditambah beberapa vaporwave bangers.

beranda

Paradise Killer adalah gim detektif tempat Anda bebas menyelidikinya sesuai keinginan Anda. Itulah hal favorit saya tentang itu: Saya menjelajahi struktur eko-brutalistnya, berspekulasi, dan menuduh karakter hiper-eksentriknya dengan kecepatan saya sendiri, atas kemauan saya sendiri, berdasarkan bukti yang saya temukan, tanpa pernah didorong ke arah tertentu . Selama satu jam terakhir, saya harus bermain sebagai jaksa di persidangan dan menggunakan semua bukti, testimonial, dan informasi yang saya kumpulkan untuk menangkap pelaku (atau pelaku?) Pembunuhan brutal. Saat saya membaca catatan saya, saya merasa seperti saya benar-benar telah mencapai sesuatu. Paradise Killer memberi saya rasa kebebasan yang tidak pernah saya rasakan dalam permainan detektif. 

Di mana sebagian besar bagian investigasi dalam game dipandu pengalaman yang menuntun pemain ke jalan dengan jawaban di akhir, Paradise Killer terbuka. Saat Anda mengambil bukti, secara otomatis akan menautkan dirinya ke pihak terkait di file Anda. Jika tidak ada tautan yang jelas, itu masuk ke tumpukan yang tidak disortir yang tidak dapat digunakan pada uji coba terakhir kecuali Anda mengetahui bagaimana tautan itu terhubung ke seseorang. Sistem itu membuat perenungan hal-hal seperti motif dan kemasukakalan. Saya kembali dan mewawancarai kembali subjek dengan pengetahuan baru untuk melihat apakah mereka salah dan memberi tahu saya sesuatu yang tidak semestinya. Saya harus penasaran dan mengasah keterampilan detektif saya, dan ketika saya akhirnya menyelesaikan persidangan, saya benar-benar merasa telah mendapatkan kesimpulan yang memuaskan.

(Kredit gambar: Fellow Traveler / Kaizen Game Works)

Masalah di surga

Ada satu kejahatan utama yang harus dipecahkan di Paradise Killer, tetapi ada banyak kejahatan terkait yang harus diselesaikan, juga, dan saya suka bahwa saya dapat memprioritaskan pencarian kotoran pada kasus-kasus dan orang-orang yang menurut saya menarik. Itu berarti, pada akhir permainan, alur cerita yang paling saya pedulikan adalah yang akhirnya menjadi yang terdalam. 

Paradise Killer berlangsung di pulau tropis ideal yang penuh gaya. Penduduknya menyembah dewa alien dan mengorbankan manusia dalam upaya tahunan untuk memanggil mereka. Mereka telah mencoba 24 kali di 24 pulau berbeda dan tidak pernah berhasil. Mereka selalu memanggil iblis secara tidak sengaja. Tapi pulau berikutnya ini seharusnya berbeda. Seharusnya itu yang sempurna. Ini adalah pengaturan yang aneh untuk permainan yang memaksa Anda untuk membeli banyak kegilaan, tapi itu menyenangkan.

(Kredit gambar: Fellow Traveler / Kaizen Game Works)

Anda bermain sebagai Lady Love Dies, seorang “investigasi aneh” terkenal yang dipanggil keluar dari pengasingan setelah pejabat tertinggi pulau dibunuh pada malam sebelum mereka beralih ke pulau baru yang sempurna. Terserah Anda untuk mencari tahu siapa yang melakukan ini, mengapa mereka melakukan ini, dan bagaimana caranya. Anda harus menginterogasi tokoh-tokoh kunci, memecahkan teka-teki hieroglif untuk mendapatkan informasi tersembunyi, dan mengumpulkan bukti dengan sahabat karib komputer Anda saat menjelajahi pulau untuk menghukum siapa pun dan semua orang yang bertanggung jawab atas tindakan keji tersebut. 

Paradise Killer menghargai eksplorasi. Saya menghabiskan sebagian besar waktu saya melintasi borough Paradise, menikmati pemandangan yang subur, mengambil barang koleksi dan Kristal Darah, mata uang utama yang digunakan untuk perjalanan cepat dan membeli barang-barang seperti rahasia pasar gelap. Ada banyak berjalan-jalan, yang membuat santai, terutama setelah Anda mulai mengambil kaset. Soundtrack ini menampilkan beberapa musik fantastis: musik pop kota yang asyik, jazz ambient, dan disko. Kadang-kadang saya akan beristirahat dari misteri pembunuhan yang mendesak untuk bersantai di tepi pantai, mengagumi realitas alternatif ini dan kesalahan dunia lain. 

Ada rahasia di setiap sudut dan celah peta, dan ke mana pun saya memutuskan untuk pergi, saya membuat kemajuan dengan narasi atau menemukan lebih banyak konteks tentang dunia offbeat game. Saya tidak pernah menekankan tentang bukti, karena dengan rasa ingin tahu platforming di sekitar dan melihat pemandangan selalu mengarah pada penemuan. Ada suatu kali saya jatuh dari sebuah bangunan ke bebatuan di dekat air, dan saya sempat kesal karena harus mendaki jalan kembali ke pulau itu. Tetapi ketika saya berjalan kembali, saya menemukan pisau berkarat yang tampaknya dengan mudah dibuang dari tempat kejadian perkara. Saya mencatatnya dalam penyelidikan, dan saya melihatnya menghubungkan banyak orang yang bahkan tidak terpikir oleh saya untuk mencurigainya. Sebuah plot konspirasi baru terurai di depanku, Saya meletakkan pin di petunjuk yang saya selidiki dan melepaskan semuanya untuk mencari tahu lebih lanjut tentang itu. Kebebasan untuk mengungkap misteri tak terduga dengan cara yang tidak ortodoks itulah yang membuat Paradise Killer menonjol sebagai game detektif.

(Kredit gambar: Fellow Traveler / Kaizen Game Works)

Kepercayaan itu cepat berlalu

Paradise Killer dihuni oleh beberapa karakter yang benar-benar menarik. Model karakter 2.5D menonjol di sekitar peta, dan berinteraksi dengannya mengubah berbagai hal menjadi mode novel visual. Mengobrol dengan karakter itu menyenangkan. Ada suara mesin tik yang diputar saat teks muncul, dan klik-klak yang halus melakukan pekerjaan yang baik untuk memusatkan perhatian Anda pada dialog tanpa menjadi gangguan. Anda dapat bergosip dan menginterogasi setiap karakter sambil lalu, dan banyak permainan berlarian di antara mereka untuk menguatkan cerita mereka. Rasanya salah satu dari mereka bisa saja melakukan kejahatan, dan kemungkinan yang luas itu menarik dan menegangkan untuk dipikirkan sebagai penyidik. 

Saya suka bagaimana Paradise Killer menjabarkan semua tersangka potensial, membuat Anda curiga terhadap mereka semua, dan kemudian memungkinkan Anda memutuskan bagaimana menangani situasi dengan cara Anda. Saya bersenang-senang berbicara dengan Carmelina, kepala arsitek pulau itu. Saya pikir dia membenci Lady Love Dies, tetapi bahkan ketika saya kehabisan file kasus untuk ditanyakan kepadanya, dia bergosip tentang semua karakter lain, menawarkan sekilas gambaran yang lebih besar dari misteri pulau itu. Narasi dalam Paradise Killer rumit dan terjalin dengan cara yang mencengangkan; karakter memiliki motivasi dan sejarah interpersonal yang kaya yang dapat dengan mudah Anda lewatkan jika Anda tidak memperhatikan. Menghabiskan waktu dengan orang-orang keren di pulau itu mengungkap jaringan politik yang berantakan.Iklanhttps://b608dd45973bed2b922ae5dcff09a6c9.safeframe.googlesyndication.com/safeframe/1-0-37/html/container.html

(Kredit gambar: Fellow Traveler / Kaizen Game Works)

Langkahnya terbuai beberapa kali, tapi itu adalah jebakan yang memungkinkan pemain untuk mengejar keunggulan yang mereka inginkan. Paradise Killer memikat saya dengan sangat baik sehingga itu tidak masalah: Bahkan ketika saya tidak memainkannya, saya memikirkannya di belakang pikiran saya. Siapa yang melakukan ini? Bagaimana mereka melakukan ini? Mengapa orang berbohong kepada saya? Paradise Killer tidak pernah memberi tahu Anda jika bukti Anda cukup untuk membuktikan kebenaran. Bahkan ketika saatnya untuk uji coba, Anda tidak benar-benar tahu.

Saya menghabiskan sekitar 10 jam berjalan-jalan di sekitar Paradise, dan pada akhirnya masih ada beberapa alur cerita yang saya rasa belum cukup saya gali. Saya jarang memutar ulang game, tetapi saya sudah memulai permainan lain dari yang satu ini. Misteri dan kepribadian yang rumit dan menarik yang saya temukan dalam petualangan pulau saya memiliki intensitas yang luar biasa bagi mereka yang membuat saya tidak pernah ingin meninggalkan dunia aneh gelombang uap, setan, dan pengkhianatan. Paradise Killer menetapkan standar baru untuk gameplay investigasi; Saya merasa tidak terikat dan tenggelam dalam misteri dunia dengan cara yang belum pernah saya rasakan dalam permainan detektif sebelumnya. Kemilau neon, soundtrack fantastis, karakter unik, dan alur naratif menjadikannya salah satu film terbaik yang bisa Anda mainkan.