
94
ULASAN CRUSADER KINGS 3
Ada Raja Tentara Salib baru di atas takhta.
Aku benar-benar terjebak dalam plot Crusader Kings 3 dan silsilah keluarga. Itu penjaga penjara saya, membuat saya terlalu sibuk mengatur pembunuhan dan menjadi sahabat pena dengan Raja Prancis untuk meninggalkan flat. Saya mungkin harus melakukan sesuatu tentang itu, tetapi saya harus menyelesaikan krisis suksesi ini. Anda tahu bagaimana itu.
Tidak pernah ada waktu yang tepat untuk menjauh ULASAN PARADISE KILLER dari RPG strategi besar Paradox. Anda tidak bisa hanya berjalan-jalan saat penguasa Anda berada di ambang kematian atau Kekaisaran Bizantium baru saja mengumumkan perang suci — selalu ada seseorang di suatu tempat yang menyalakan api yang harus Anda tangani. Ini Sindrom Satu Krisis Lagi dan saya mengalaminya dengan buruk.
Siapa pun yang memainkan Crusader Kings 2 harus terbiasa dengan penyakitnya dan bersiap dengan baik untuk sekuelnya. Anda sekali lagi adalah kepala dari dinasti abad pertengahan awal, dan Anda akan mencoba untuk membuatnya tetap berjalan selama mungkin dengan mengklik, mengklik, mengklik peta yang rumit dan tumpukan menunya. Alat Anda adalah diplomasi, intrik, peperangan dan keberuntungan, dan tujuan Anda adalah apa pun yang muncul dalam pikiran Anda.
Seperti semua game strategi besar, itu dikutuk untuk terlihat sangat mengesankan, tapi ini yang paling ramah dari semuanya. Ini tidak menghilangkan kerumitannya, tetapi jauh lebih baik dalam menunjukkan bagaimana semuanya terhubung. Di atas tutorial berguna yang membantu Anda memulai di Irlandia, ada menu tutorial yang dapat diakses kapan saja, serta persediaan tooltips yang tampaknya tak terbatas. Bahkan tooltips memiliki tooltips. Mendapatkan nasihat seperti melangkah melalui portal ke dimensi yang dibangun murni dari tip tentang bagaimana memimpin dinasti abad pertengahan, yang ternyata cukup membantu.
Namun, jangan terlalu terpaku pada hal itu. Anda bisa terobsesi dengan angka dan powergame sepanjang sejarah, atau Anda bisa melakukan perjalanan eksperimental untuk menciptakan masyarakat matriarkal di Afrika Utara yang didirikan oleh Viking, tetapi Anda tidak perlu ambisi epik untuk mendapatkan hasil maksimal dari Crusader Kings 3; yang Anda butuhkan hanyalah keluarga yang tidak berfungsi.
Bayangkan The Sims, tetapi Anda memiliki 20 orang di rumah Anda, setengah dari mereka menderita PMS yang ganas, dan yang lainnya merencanakan kudeta. Ini kekacauan yang sangat besar. Dinasti Anda juga tidak berada dalam ruang hampa, dan akan terus-menerus bertabrakan dengan keluarga dan pengadilan lain, tetapi Anda dapat menghabiskan banyak waktu hanya dengan menyia-nyiakan urusan rumah tangga Anda dan mengamankan cengkeraman Anda atas wilayah Anda.
Raja Salib selalu tentang karakter alih-alih bangsa, tetapi mereka tidak pernah tampak begitu kaya dan begitu nyata sebelumnya. Masing-masing penuh dengan hak pilihan dan ambisi dan akan lebih sering berubah menjadi anak pemarah ketika mereka tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan. Mengadopsi mereka adalah tanggung jawab besar. Mereka mungkin tamak, kejam, saleh, horny, mabuk terus-menerus — jika Anda mencari kata sifat, Anda akan menemukannya. Semuanya memiliki akar penyebab, sesuatu yang sifatnya dapat dilacak kembali, seperti penindas masa kecil atau pertempuran yang berjalan buruk, menciptakan karakter yang dibentuk oleh masa lalu mereka.
Mereka mulai berkembang bahkan sebelum mereka lahir. Orang tua dapat mewariskan sifat bawaan kepada anak-anak mereka yang dapat diperkuat dari generasi ke generasi, memungkinkan Anda mempromosikan hal-hal seperti kecerdasan dan fitur simetris melalui perjodohan dan ilmu buruk. Perkawinan sedarah adalah salah satu cara untuk melakukannya — hal yang sangat normal untuk ditulis dalam ulasan videogame — tapi itu bom waktu. Salah satu dinasti saingan saya akhirnya hampir menghancurkan dirinya sendiri dengan menyimpan semuanya dalam keluarga, yang membuat seluruh generasi hampir seluruhnya tidak subur. Penggemar Big Game of Thrones.
Crusader Kings 3 tidak benar-benar membutuhkan kita sama sekali.
Karakter berumur panjang dapat memperoleh sejumlah sifat yang membingungkan selama hidup mereka, beberapa di antaranya sedikit kontradiktif, tetapi selalu ada beberapa sifat kepribadian inti yang dapat diandalkan yang muncul ke permukaan. Setiap orang mendapat julukan yang merangkumnya, jadi Anda tidak perlu menelusuri lembar karakter mereka untuk mengukurnya. Aku akan menjadi Fraser, kritikus yang lelah. Ini sangat berguna ketika Anda mengatur pernikahan atau mempertimbangkan seseorang untuk pekerjaan di dewan Anda. Anda tidak ingin marshal Anda menjadi orang yang tidak rasional — kecuali Anda berpikir itu mungkin hanya sebuah tawa — dan pernikahan dengan penjahat yang kesal mungkin tidak akan menjadi pernikahan yang sangat membahagiakan.
Detail ini sering kali tercermin dalam penampilan karakter. Setiap orang mendapatkan model 3D, dianimasikan secara halus dan berpose untuk mencerminkan suasana hati dan kepribadian mereka. Saya melihat banyak cemberut, tetapi saya hanya memiliki efek itu pada orang-orang. Selama bertahun-tahun Anda akan menyaksikan mereka berubah saat mereka mengambil luka, penyakit, dan hanya usia. Anda bisa melihat sekilas kehidupan mereka hanya dengan melihatnya. Bertemu dengan semua orang yang hidup ini sangat menyegarkan setelah menghabiskan bertahun-tahun bersama Crusader Kings 2, di mana saya harus berinteraksi dengan foto yang diambil saat bangun peti mati terbuka.
Terkadang mereka terlihat seperti dipesan lebih dahulu. Semua cerita mereka acak, narasi yang muncul, tetapi kemudian Anda mendapatkan busur yang tampaknya terlalu sempurna ini. Ada karakter yang menjalani perjalanan ini membawa mereka dari bukan siapa-siapa menjadi raja, penuh kejutan, comeback heroik, romansa rahasia — banyak hal. Crusader Kings 3 tidak benar-benar membutuhkan kita sama sekali.
Untuk benar-benar membuat tanda di dunia, serta menjaga dinasti yang sulit diatur, pertama-tama Anda harus fokus untuk memperkuat penguasa Anda dan memenuhi beberapa pencapaian pribadi. Untungnya, selalu ada satu peristiwa atau peristiwa lain yang meluncur cepat ke arah Anda dengan peluang untuk berkembang. Anda mungkin masuk ke kamar Anda suatu malam dan menemukan anggota pengadilan Anda menganiaya salah satu sepatu atau pispot Anda, pada saat mana Anda dapat mengusir mereka atau memanggil penjaga, tetapi Anda mungkin malah memutuskan bahwa, sebenarnya, membelai benda-benda acak adalah sangat sesuai dengan jenismu. Dan voila, Anda punya hobi baru. Acara yang lebih sehat termasuk percakapan yang sangat menyenangkan dengan teman baru dan mendapatkan anjing yang sangat keren. Iklanhttps://f6b6caa9f7e471bedc682774ea37ebfe.safeframe.googlesyndication.com/safeframe/1-0-37/html/container.html
Saat ini, Paradox telah menjadi master teks peristiwa yang ringkas — Paradox menangkap Anda dengan cepat, dan secepat itu memungkinkan Anda beralih ke skandal berikutnya. Anda dapat mengatakan bahwa penulis paling senang dengan hal-hal cabul, tetapi bahkan korespondensi biasa dengan para uskup dapat dibaca. Dengan karakter yang lebih nyata, membaca sekilas huruf mereka sepertinya tidak sopan.
Gaya hidup memungkinkan Anda memahat penguasa Anda tanpa harus bergantung pada peristiwa acak. Mereka adalah kelas yang efektif, masing-masing mewakili salah satu keterampilan permainan. Melalui pendidikan mereka, setiap orang memiliki kecenderungan untuk gaya hidup tertentu, tetapi Anda dapat memilih yang mana yang Anda inginkan dan mengatur ulang semua perkembangan Anda jika Anda berubah pikiran. Setiap gaya hidup dibagi menjadi beberapa area yang dapat Anda fokuskan, memberi Anda bonus pasif yang terus-menerus dan memungkinkan Anda mulai mendapatkan XP yang dapat digunakan untuk membuka fasilitas dari tiga pohon gaya hidup. Di mana pendahulunya mengambil banyak inspirasi dari RPG, ini adalah sistem perkembangan RPG lengkap yang didorong oleh cerita daripada pembunuhan dan pencarian.
Gaya hidup intrik adalah hal yang paling saya sukai. Ini memberi Anda kaki di dunia rahasia, skema dan kait yang suram, serta acara pemijahan yang memungkinkan Anda menjelajahi sisi teduh Anda. Saya sering memulai dengan niat baik, tetapi tidak butuh waktu lama sebelum saya memutar web saya. Atau setidaknya mencoba. Pada lebih dari satu kesempatan, saya terlambat menyadari bahwa saya benar-benar lalat.
Pembangkit tenaga listrik Mediterania yang indah yang pernah saya bangun seumur hidup akhirnya hancur ketika mulut besar saudara laki-laki saya mengeluarkan saya karena membunuh saudara kita yang lain, saudara yang lebih bodoh. Saya melakukan perbuatan itu, saya akan mengakuinya. Saya mengirim kepala intel saya untuk menggali rahasia yang bisa saya gunakan sebagai pengait untuk membuat orang melakukan penawaran saya. Saya merayu pengikut saudara saya dan menyuap salah satu kesatria untuk bergabung dengan saya dalam rencana itu. Dan ketika dia meninggal, saya menggunakan rahasia yang telah saya kumpulkan untuk memaksa para bangsawan yang takut membuat kesepakatan yang buruk dan memberi saya lebih banyak uang. Jadi ketika saudara laki-laki saya yang masih hidup mengetahui tentang perbuatan itu, dia mencoba memeras saya dan, gagal, dia memberi tahu semua orang. Semua bawahan saya dengan ego mereka yang terluka menunggangi saya, tentu saja. Saya menemui akhir yang buruk. Itulah yang saya dapatkan dengan menyeret pantat saya yang berusia 70 tahun ke dalam pertempuran.
Keterikatan saya dengan intrik akhirnya membunuh saya, tetapi itu juga bertanggung jawab atas seumur hidup yang terjebak di kepala saya. Gaya hidup membantu mengubah iring-iringan pop-up dan acara menjadi cerita yang kohesif, mengatur nada dan memastikan drama yang Anda ikuti memberi Anda kesempatan untuk mengembangkan keterampilan yang Anda minati, atau setidaknya membangun masa lalu Anda. Dan ya, terkadang itu akan menyebabkan kematian Anda.
Ancaman paling berbahaya bagi seorang penguasa, bagaimanapun, adalah stres. Itulah yang membuat Anda tetap jujur. Atau kejam. Atau rakus. Anda mendapatkan stres setiap kali Anda bertindak melawan kepribadian Anda. Jika Anda suci dan mulai berguling-guling di atas jerami dengan seorang punggawa, Anda akan didera rasa bersalah. Itu licik. Itu membuat saya sekali hanya karena saya memikirkan tentang sahabat saya yang telah meninggal. Boom — Saya merasa stres. Aku menekan botol untuk menekan perasaan itu, dan kemudian aku terus memukul botol itu sampai aku terlihat seperti gammon. Dan kemudian saya mati, lagi. Advertisementhttps://f6b6caa9f7e471bedc682774ea37ebfe.safeframe.googlesyndication.com/safeframe/1-0-37/html/container.html
Kadang-kadang saya membujuk diri sendiri untuk mengambil hukuman stres — itu hanya meracuni satu orang, tidak apa-apa, lakukan saja — tetapi dengan cepat meningkat. Ada begitu banyak cara yang bisa membunuhmu atau hanya membuatmu sama sekali tidak berguna, jadi prospek stres dalam game membuatku sangat stres dalam kehidupan nyata. Itu mengagumkan. Ada lebih banyak bobot untuk pilihan ini, lebih banyak risiko, dan harga kehendak bebas adalah ancaman konstan dari krisis eksistensial.
Saya selalu memiliki masalah dengan RPG yang memungkinkan Anda membuat pilihan yang benar-benar di luar karakter tanpa konsekuensi nyata. Anda dapat memainkan Commander Shepard sebagai teladan kebajikan dan kemudian berbalik dan menjadi seperti, “Saya super rasis sekarang, teman-teman”, dan tidak ada yang menganggap itu aneh. Tidak apa-apa. Ini beberapa karma merah. Crusader Kings 3 akan membunuhmu jika kamu mencoba omong kosong itu.
Meskipun Anda dapat menghabiskan waktu berjam-jam yang terbungkus dalam permainan peran dan intrik, ada dunia simulasi yang sangat besar untuk dilukis dalam warna Anda. Ini adalah peta luas kaleidoskopik yang membentang dari Islandia ke Nigeria hingga Tibet. Apa yang biasanya merupakan bagian kecil dari tanah dengan sedikit fitur pengenal di Crusader Kings 2 sekarang menjadi wilayah besar dengan karakter mereka sendiri.
Medan yang beragam, keunikan geografis yang unik, dan bangunan khusus membuat area ini berbeda dan menjadikannya hadiah yang sangat menggoda bagi calon penakluk. Ini juga pertimbangan yang harus Anda pertimbangkan jika Anda adalah penakluknya. Mungkin benteng yang Anda mengepung memiliki tembok yang kokoh secara monumental, atau medannya dapat membuat pasukan kavaleri Anda yang berat dirugikan. Peta yang diperluas juga berarti kerutan taktis yang diperluas — yang disambut baik — yang membuat perkelahian menjadi bukan permainan angka murni.
Crusader Kings 3 akan membunuhmu jika kamu mencoba omong kosong itu.
OK, sering kali hal itu hanya tergantung pada siapa yang paling banyak orang yang bersedia untuk bertempur. Dan biasanya Anda harus mengejar mereka dan melawan mereka lagi sampai mereka benar-benar musnah. Itu masih Raja Tentara Salib. Namun, ada lebih banyak peluang untuk mendapatkan keunggulan, seperti menggunakan ksatria dan pasukan khusus yang lebih berkualitas tinggi. Ksatria seperti anggota biasa pengadilan Anda yang menginginkan gelar dan warisan dan litani hal-hal lain, tetapi mereka juga pejuang brilian yang akan berperang bersama komandan tentara dan memotong jalan mereka melalui pungutan petani. Mereka adalah orang yang tangguh, tetapi saat mereka tumbuh lebih berpengaruh, mereka akan memiliki harapan yang lebih besar, dan kesatria terhebat Anda juga bisa menjadi saingan terhebat Anda. Semuanya sangat Arthur dan Lancelot.
Ada cara lain untuk menaklukkan dunia yang tidak datang dengan tanggung jawab mengelola kerajaan yang membentang di benua. Anda dapat memperluas dinasti Anda ke setiap sudut peta tanpa melahap setiap daerah, menggunakan pernikahan dan warisan untuk menempatkan kerabat Anda di kursi kekuasaan di luar wilayah Anda sendiri. Anggota kuat dari dinasti Anda mungkin juga memutuskan untuk membentuk cabang kadet, keluar dari pengaruh Anda dan mendapatkan kendali atas anggota keluarga di rumah baru ini.
MENANGKAN KEMULIAAN ABADI DENGAN PANDUAN CK3 INI
Anda tidak mengorbankan kekuatan; Anda membagi tanggung jawab. Rumah-rumah lain dan penguasa independen berkontribusi pada kemasyhuran dinasti, dan sebagai kepala yang berarti Anda dapat mengerahkan beban dan menghabiskan kemasyhuran itu untuk warisan seluruh dinasti — pikirkan keuntungan, tetapi itu permanen dan untuk seluruh keluarga. Akhirnya Anda dapat membangun dinasti panglima perang atau memastikan bahwa semua alam di bawah payung dinasti Anda berjalan dengan efisiensi seperti mesin. Ini adalah tujuan jangka panjang, tetapi Anda bisa mendapatkan warisan pertama cukup awal, yang meletakkan dasar bagi dinasti khusus Anda.
Sungguh melegakan membiarkan beberapa karakter lain melakukan beberapa pekerjaan berat. Memimpin sebuah dinasti menuju keabadian memang melelahkan, tapi sekarang ini adalah usaha tim. Beberapa cabang akan layu dan mati, sementara yang lain mungkin menanamkan diri di dalam kerajaan asing dan kemudian suatu hari memerintahnya, tapi aku bahagia selama aku mendapatkan ketenaran yang manis itu. Menyebarkan dinasti Anda memungkinkan Anda menikmati hantaman kekuasaan dan derasnya ekspansi tetapi tidak meninggalkan Anda dengan banyak masalah administratif baru. Semua kemuliaan, tetapi tidak sebanyak kerja kerasnya — itu adalah mimpi.
Ambisi paling tinggi, tentu saja, adalah membuat semua orang setuju bahwa tuhan Anda adalah yang terbaik, atau Anda bisa ikut serta dalam kegilaan terbesar abad pertengahan: bidah! Ya, jika Anda bosan dengan Katolik atau agama mapan lainnya, Anda bisa membuat iman Anda sendiri. Hal ini dapat menyebabkan banyak ketidakstabilan, menghilangkan kepercayaan yang dominan dan membutuhkan waktu seumur hidup yang dikhususkan untuk kesalehan untuk melakukannya, tetapi itu sepenuhnya sepadan.
Agama di Crusader Kings 3 sangat berpengaruh dan biasanya penuh dengan aturan yang merusak kesenangan semua orang. Mereka ketat dan terlalu tertarik pada apa yang dilakukan orang di kamar tidur mereka sendiri, atau terkadang di pantai, dan di belakang istal. Keyakinan baru Anda bisa menyingkirkan semua itu. Keyakinan dibangun dari prinsip-prinsip, tradisi yang datang dengan mekanisme khusus — hal-hal normal seperti persekutuan, pengorbanan manusia dan kanibalisme ritual — dan doktrin yang menentukan legalitas hal-hal seperti hubungan sesama jenis, yang bisa menjadi pendeta dan jika perceraian diperbolehkan. Ada 14 doktrin yang harus Anda selesaikan, trio prinsip untuk dipilih (dari daftar sekitar 50), dan kemudian Anda harus memutuskan sifat apa yang bajik atau berdosa. Anda mungkin juga menjadikan diri Anda kepala agama saat Anda melakukannya, tetapi jika Anda ‘
Menciptakan budaya baru bekerja dengan cara yang hampir sama, tetapi ada juga sistem budaya terpisah yang terkait dengan inovasi. Undang-undang baru, unit unik, dan bonus khusus dapat dibuka seiring waktu untuk semua orang dalam budaya, tetapi hanya penguasa dominan yang benar-benar dapat memilih inovasi apa yang akan difokuskan. Bahkan penelitian pun menjadi sumber persaingan dan intrik lain saat Anda mencoba untuk mempertahankan rekan penguasa di belakang Anda. Sama seperti kepercayaan baru yang terus bermunculan, budaya baru juga dapat muncul dan mulai menantang tetangga mereka yang lebih mapan.
Crusader Kings 3 selalu bergerak, selalu melompat ke cerita baru, jadi Anda tidak pernah terlalu mapan. Tapi juga tidak pernah keluar dari zona nyamannya. Paradoks tidak mengambil arah yang berbeda atau membuat perubahan yang akan membuat Anda terengah-engah. Hal-hal yang membuat Crusader Kings 2 begitu bertahan telah didorong ke depan lebih banyak lagi, sementara beberapa pembengkakan yang terakumulasi selama lebih dari satu dekade telah terkikis. Ini sekuel yang sangat masuk akal.
Saya tahu, saya tahu — ‘masuk akal’ bukanlah kata-kata yang paling membesarkan hati. Izinkan saya meyakinkan Anda, bahwa Raja Salib 3 luar biasa. Ini adalah mesin cerita yang tak tertahankan yang mengeluarkan aliran konstan alt-histories yang menarik, karakter yang menyebalkan dan teka-teki sosial yang membuat saya terobsesi untuk mengungkapnya. Saya tidak bisa membayangkan selesai dengan itu. Saya hanya hidup dari drama digital sekarang. Akankah Alfred akhirnya meninggalkan ruang penyiksaan dan mendapatkan teman? Apa yang akan Bjorn lakukan sekarang setelah dia tahu istrinya jatuh cinta dengan kanselirnya? Dan siapa yang akan melakukan patricide selanjutnya? Saya perlu menghabiskan lebih sedikit waktu untuk menulis ulasan dan lebih banyak waktu dengan dinasti saya.