Berbagai Dampak Negatif Game Online Untuk Anda Ketahui

Berbagai Dampak Negatif Game Online Untuk Anda Ketahui. Bermain game online tentu bukan merupakan hal yang asing lagi bagi Anda. Game memang memiliki sisi positif jika digunakan sesuai porsinya, seperti menghilangkan kejenuhan atau mengurangi rasa stres dan bosan.

Baik dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua dewasa ini bermain game online. Negatifnya, mayoritas dari mereka justru menggunakan waktu produktif hanya untuk bermain game online ini. Alhasil, banyak waktu yang terbuang sia-sia. Anda sendiri pasti sering melihat anak-anak saat secara sembunyi-sembunyi bermain game saat berada di kelas atau orang dewasa yang bermain game di waktu mereka seharusnya bekerja.

Simak di situs judi qq online untuk mendapatkan lebh banyak permainan game online dan untuk memudahkan Anda mendapatkan penghasilan.

Tanpa Anda sadari, bila tidak dikontrol dengan baik game online justru akan merugikan Anda. Selain yang di singgung di atas masih terdapat beberapa dampak negatif game online ini. Berikut adalah daftarnya!

Kecanduan

Istilah kecanduan game online pasti sudah sering Anda dengan, masalah ini adalah salah satu efek paling berbahaya bagi Anda maupun bagi anak-anak.

Telah banyak ahli klinis yang menyatakan bahwa bermain game online dapat menimbulkan obsesi berlebihan pada seseorang. Obsesi ini bahkan menyamai derajatnya dengan kecanduan narkoba atau alkohol. Dampak negatif game online yang semacam ini sangatlah berbahaya.

Terdapat beberapa ciri dari orang yang telah kecanduan game ini, adapun detail nya adalah sebagai berikut:

  1. Berkurangnya Fokus Pada Kegiatan Sehari-hari

Bila Anda melihat ada seseorang yang sering abai terhadap kondisi di sekelilingnya. Hal demikian bisa saja disebabkan oleh kecanduan game online. Dampak negatif game online ini akan menjadikan seseorang tidak peduli dengan sekelilingnya, betapapun pentingnya urusan atau peristiwa yang sedang terjadi. Mereka cenderung tidak fokus dan tidak peduli dengan lingkungan di sekitranya.

  1. Mudah Emosi

Ciri lain dari mereka yang kecanduan game adalah sering mengalami emosi yang memuncak. Orang yang kecanduan, ketika di alihkan untuk melakukan aktivitas selain bermain game akan mudah naik pitam. Bahkan, di suruh mandi pun mereka kadang juga marah sebab mengganggu konsentrasi mereka saat bermain.

  1. Malas Beraktivitas

Malas beraktivitas juga merupakan bagian dari dampak negatif game online yang menjadi ciri dari kecanduan game. Umumnya karena terlalu asyik bermain, hingga berjam-jam, bahkan berhari-hari mereka tidak melakukan aktivitas apapun selain bermain game. Hal ini seringkali mengakibatkan orang menjadi tidak produktif dan menyia-nyiakan waktu.

  1. Mengabaikan Keselamatan

Karena saking kecanduannya, pemain game online bahkan tidak mau lepas dari bermain saat sedang melakukan aktivitas lain, termasuk saat bepergian. Oleh karena itu, baik dalam kondisi menyetir atau berjalan kaki, fokus mereka hanya mengarah pada permainan game. Hal ini tentu menjadi sangat berbahaya bagi keselamatan saat bepergian. Misalnya, saat menyeberang jalan seringkali kita melihat seseorang tidak lagi fokus pada ramainya kendaraan, mereka justru asyik melanjutkan bermain game.

  1. Gangguan Penglihatan

Selain kecanduan, dampak negatif game online selanjutnya adalah berkurangnya kualitas kesehatan mata. Terlalu banyak melihat layar smartphone atau PC saat bermain game akan mengakibatkan gangguan pada organ mata seseorang.

Hal ini karena, mata manusia yang tidak mampu memproteksi dari paparan sinar layar monitor dari gadget atau komputer yang digunakan bermain game. Sinar ini biasa disebut oleh ilmuan sebagai sinar biru.

Studi yang dilakukan oleh Harvard Unversity menyatakan bahwa sinar biru menjadi salah satu penyebab kerusakan pada retina mata. Saat menyorot ke mata pemain, sinar biru ini tidak disaring, melainkan langsung mengenai retina mata. Hal inilah yang menyebabkan dampak negatif game online berupa berkurangnya kualitas penglihatan.

  1. Obesitas

Ternyata game juga memiliki dampak negatif berupa obesitas lho! Ah masa, hanya bermain game saja bisa menyebabkan obesitas?

Alasan mengapa dampak negatif game online bisa menyebabkan obesitas adalah karena saat bermain game tentu seseorang cenderung malas bergerak. Hanya bagian mata dan tangan saja yang paling sering digunakan, anggota tubuh lain hanya sesekali saja.

Aktivitas yang cenderung minim pergerakan inilah yang menjadi penyebab obesitas. Sebenarnya tidak hanya game, jenis aktivitas apapun yang kurang unsur geraknya bisa menyebabkan obesitas. Selain itu, fakta menunjukkan bahwa pemain game cenderung menerapkan pola makan yang buruk, oleh karenanya hal ini juga menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan mereka.

  1. Sindrom Quervain

Dampak negatif game online selanjutnya adalah Sindrom Quervainyakni kondisi di mana pergelangan tangan termasuk ibu jari Anda terasa sakit. Penyakit ini merupakan jenis kelainan yang disebabkan oleh adanya peradangan pada tendon. Adapun penyebab dari kelainan ini tidak lain adalah aktivitas gerak berulang pada bagian tangan yang tentu ini dilakukan saat Anda bermain game bukan?

Rasa sakit yang disebabkan oleh kelainan ini bisa terasa lebih parah ketika seseorang mencoba menggerakkan lengan atau saat memutar jempol. Bahkan dalam kasus tertentu rasa sakit dapat menjalar ke seluruh bagian lengan seseorang.

  1. Isolasi Sosial

Isolasi sosial merupakan istilah yang digunakan bagi seseorang yang secara pribadi atau tekanan orang lain tidak melakukan hubungan sosial sebagaimana manusia pada umumnya. Aktivitas sosial pada dasarnya merupakan kebutuhan dasar bagi setiap manusia layaknya makan dan minum, dan apabila seseorang enggan untuk melakukan hal ini artinya ada kebutuhan yang tidak dipenuhi seseorang secara individual. Oleh karena itu, perilaku ini merupakan salah satu dampak negatif game online juga.

Pemain yang kecanduan game online cenderung lebih suka menghabiskan waktu mereka di kamar untuk bermain. Mereka ogah-ogahan untuk melakukan hubungan sosial seperti bergaul dengan teman, keluarga dan tetangga. Lama kelamaan perilaku ini akan menjadi kebiasaan, inilah yang kemudian disebut sebagai isolasi sosial. Perilaku semacam ini tentu sangat berbahaya bagi perkembangan pribadi seseorang, sebab keterampilan sosial mereka akan sangat buruk.

  1. Kebingungan Membedakan Realitas dan Fantasi

Dampak negatif game online berikutnya adalah sulitnya membedakan dunia nyata dengan dunia game. Sebagaimana disinggung di atas bahwa keterampilan sosial pecandu game sangatlah buruk. Oleh karena itu, saat keluar dan bergaul dengan sesama mereka cenderung mengadopsi hasil sosialisasi dari bermain game online kedalam dunia nyata. Mereka akan mempraktekkan apa saja yang diperoleh dari dunia game.

Kondisi di atas seringkali menyebabkan pecandu game kesulitan membedakan mana realitas mana yang fantasi. Mereka cenderung akan menyamakan dunia nyata dengan dunia game. Hal ini tentu sangatlah berbahaya bukan?

  1. Masalah Finansial

Masalah keuangan juga merupakan dampak negatif game online, sebab tidak semua game online bisa dimainkan gratis. Permainan yang gratis pun juga menyediakan berbagai item yang berbayar. Bagi mereka yang kecanduan maka akan rela mengeluarkan dana berapapun untuk mendapatkan item game online yang diinginkan.

Masalahnya tidak semua pemain adalah orang kaya atau anak orang kaya, mereka akan sering meminta uang tidak hanya untuk membeli paket data tetapi untuk membeli item game yang bahkan harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Hal ini sering mengakibatkan terjadinya masalah keuangan yang cukup buruk bagi pribadi seseorang maupun orang tua.

Maka demikianlah pembahasan menyangkut dampak negatif game online yang harus dihindari dengan baik. Perlu diperhatikan bahwa bermain game secara proporsional adalah teknik terbaik untuk menghindari dampak tersebut di atas, bahkan justru bisa berdampak positif bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *