Pentingnya Vitamin E

Pentingnya Vitamin E

Pentingnya vitamin E

Vitamin E adalah nutrisi yang larut dalam lemak (lemak tubuh Anda menyerapnya) yang membantu melindungi sel-sel Anda dari kerusakan radikal bebas, yang berhubungan dengan kanker dan kondisi kesehatan lainnya. Banyak ilmuwan percaya itu dapat membantu mencegah atau menunda timbulnya puluhan penyakit kronis seperti penyakit Alzheimer, penyakit jantung, kanker, infeksi kandung kemih dan katarak. Vitamin ini juga dipercaya dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV.

Tanda-tanda kekurangan vitamin E

Ada beberapa tanda yang menunjukkan Anda mungkin kekurangan vitamin E, termasuk:

  • Rasa sakit, kesemutan atau kehilangan sensasi di tangan atau kaki Anda
  • Perkembangan masalah pencernaan seperti malabsorpsi
  • Masalah dengan kantong empedu, hati, atau pankreas Anda

Beberapa penelitian menunjukkan masalah kulit (seperti kekeringan atau kepekaan terhadap cahaya) mungkin juga merupakan tanda kekurangan vitamin E, tetapi sebagian besar ilmuwan sepakat lebih banyak penelitian perlu dilakukan sebelum hubungan dapat dikonfirmasi.

Apakah Anda berisiko kekurangan vitamin E?

Kekurangan vitamin E di AS jarang terjadi. Namun, orang yang kesulitan menyerap lemak dari makanannya lebih berisiko, karena lemaklah yang menyerap vitamin E sehingga tubuh dapat menggunakannya. Kelompok berisiko lainnya termasuk:

Orang-orang yang sedang dalam pengobatan: Beberapa obat-obatan seperti obat penurun kolesterol menghambat kemampuan tubuh untuk menyerap lemak.
Orang dengan penyakit pencernaan: Orang yang menderita sindrom Crohn atau iritasi usus akan lebih sulit menyerap lemak dan vitamin E dari makanan. Mereka juga mengalami serangan diare (salah satu cara nutrisi dikeluarkan dari tubuh kita).

Orang dengan cystic fibrosis:Penyakit paru-paru, saluran pencernaan, pankreas, dan hati ini mengganggu pencernaan normal dan, karenanya, penyerapan nutrisi serta lemak.

Bayi prematur: Bayi yang lahir prematur atau dengan berat lahir sangat rendah mungkin lebih sulit menyerap vitamin E dan lemak dari makanannya. (Situasi ini biasanya membaik seiring waktu dan dengan perawatan medis.)

Dosis harian yang disarankan untuk vitamin E

Recommended Dietary Allowance (RDA) untuk vitamin E bervariasi berdasarkan jenis kelamin dan kelompok umur.
Anak-anak (usia 0-4 bulan): 4 mg per hari
Anak-anak (usia 7-12 bulan): 5 mg per hari
Anak-anak (usia 1-3): 6 mg per hari
Anak-anak (usia 4-8): 7 mg per hari
Anak-anak (usia 9-13): 11 mg per hari
Dewasa (usia 14 dan lebih tua): 15 mg per hari
Wanita hamil: 15 mg per hari
Wanita menyusui: 19 mg per hari

Toksisitas vitamin E sangat jarang dan hanya benar-benar terjadi pada orang mengonsumsi suplemen vitamin E. Akibatnya, Tingkat Intake Atas yang Dapat Ditoleransi telah ditetapkan untuk nutrisi pada 1.000 miligram per hari. Sebelum Anda mengonsumsi lebih dari jumlah vitamin E yang disarankan, bicarakan dengan dokter Anda.

Sumber makanan untuk vitamin E

Minyak, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau dan sereal yang diperkaya adalah sumber makanan vitamin E yang paling umum.
Beberapa pilihan sehat meliputi:

Minyak gandum, 1 sdm = 20,3 mg
Biji bunga matahari, panggang kering, 1/4 cangkir = 18,1 mg
Almond, kering dipanggang, 1/4 cangkir = 8,97 mg
Zaitun, 1 cangkir = 4,03 mg
Selai kacang, halus, 2 sdm = 4,2 mg
Bayam, direbus, 1 cangkir = 1,72 mg
Kiwi, sedang, 1 = 0,85 mg
Brokoli, dikukus, 1 cangkir = 0,75 mg

Cara mendapatkan lebih banyak vitamin E dalam diet Anda

Berikut adalah beberapa cara cepat dan mudah untuk mendapatkan lebih banyak vitamin E dalam diet Anda.

1. Makan lebih banyak lemak sehat. Sumber lemak tak jenuh, seperti wijen, rami, dan minyak zaitun serta kacang-kacangan penuh dengan lemak kaya vitamin E sehat.

2. Simpan makanan Anda dengan benar. Vitamin E sangat sensitif terhadap oksigen sehingga yang terbaik adalah menyimpan makanan kaya vitamin E Anda dalam wadah tertutup, tertutup dan kokoh.

3. Makan makanan yang tidak diproses. Makanan olahan memiliki 50 hingga 90 persen lebih sedikit vitamin E daripada yang tidak diproses.

4. Dapatkan cukup vitamin C dan seng dalam makanan Anda.  Vitamin C dan seng membantu meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk menyerap dan menggunakan vitamin E.

beranda

Tips untuk Musim Panas yang Sehat

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.