Psikologi dan Efek Menangis

Psikologi dan Efek Menangis

Kita semua pernah mengalami “tangisan yang baik” —apakah setelah putus cinta atau setelah hari yang benar-benar menegangkan, mencucurkan air mata sering kali dapat membuat kita merasa lebih baik dan membantu kita meletakkan segala sesuatu dalam perspektif . Tetapi mengapa menangis bermanfaat? Dan adakah yang namanya “tangisan buruk”?

Psikolog University of South Florida Jonathan Rottenberg dan Lauren M. Bylsma, bersama dengan kolega mereka, Ad JJM
 Vingerhoets dari Tilburg University, menggambarkan beberapa temuan terbaru mereka tentang psikologi tangisan dalam terbitan Desember dalam Current Direction in Psychological Science, jurnal Asosiasi. untuk Ilmu Psikologi.

Para psikolog menganalisis laporan terperinci dari lebih dari 3000 pengalaman menangis baru-baru ini (yang terjadi di luar laboratorium) dan menemukan bahwa manfaat menangis sepenuhnya bergantung pada apa, di mana, dan kapan dari episode menangis tertentu.

Para peneliti menemukan bahwa mayoritas responden melaporkan peningkatan suasana hati mereka setelah serangan menangis. Namun, sepertiga dari peserta survei melaporkan tidak ada peningkatan mood dan sepersepuluh merasa lebih buruk setelah menangis.

Survei juga mengungkapkan bahwa penghambat yang menerima dukungan sosial selama episode tangisan mereka adalah yang paling mungkin melaporkan peningkatan suasana hati.

Penelitian sampai saat ini tidak selalu menghasilkan gambaran yang jelas tentang manfaat menangis, sebagian karena hasilnya seringkali tergantung pada bagaimana menangis dipelajari. Para penulis mencatat beberapa tantangan dalam mempelajari perilaku menangis secara akurat di lingkungan laboratorium.

Relawan yang menangis di lingkungan laboratorium sering tidak menggambarkan pengalaman mereka sebagai katarsis atau membuat mereka merasa lebih baik. Sebaliknya, menangis di lingkungan laboratorium sering mengakibatkan partisipan studi merasa lebih buruk; ini mungkin disebabkan oleh kondisi stres dari penelitian itu sendiri, seperti direkam dalam video atau ditonton oleh asisten peneliti. Ini dapat menghasilkan emosi negatif (seperti rasa malu), yang menetralkan manfaat positif yang biasanya dikaitkan dengan menangis.

Namun, penelitian laboratorium ini telah memberikan temuan menarik tentang efek fisik dari menangis. Pembatas memang menunjukkan efek menenangkan seperti pernapasan yang lambat, tetapi mereka juga mengalami banyak stres dan gairah yang tidak menyenangkan, termasuk peningkatan detak jantung dan keringat.

Yang menarik adalah bahwa menenangkan tubuh biasanya berlangsung lebih lama daripada gairah yang tidak menyenangkan. Efek menenangkan dapat terjadi kemudian dan mengatasi reaksi stres, yang akan menjelaskan mengapa orang cenderung mengingat sisi menangis yang menyenangkan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa efek menangis juga tergantung pada siapa yang meneteskan air mata. Misalnya, individu dengan kecemasan atau gangguan suasana hati paling tidak mungkin mengalami efek positif dari menangis.

Selain itu, para peneliti melaporkan bahwa orang yang kurang memahami kehidupan emosional mereka (kondisi yang dikenal sebagai alexithymia) sebenarnya merasa lebih buruk setelah menangis. Para penulis menyarankan bahwa untuk orang-orang ini, kurangnya wawasan emosional mereka dapat mencegah jenis perubahan kognitif yang diperlukan untuk pengalaman sedih diubah menjadi sesuatu yang positif.

Menangis sudah alami bagi kita sejak hari kita dilahirkan. Ketika kami masih bayi, kami menangis ketika kami lapar, mengantuk, lelah, frustrasi, kotor, apa saja. Ketika kami tumbuh sedikit lebih tua, air mata kami bergulir ketika kami merasa diabaikan, takut, ditegur oleh orang dewasa, atau kami jatuh.

Air mata tidak lalu terlalu lama, dan dalam beberapa menit kami kembali ke normal kita aktif , penasaran, diri seperti anak-anak.

Tetapi apa yang terjadi ketika kita bertambah tua? Kami belajar untuk menekan emosi kami. Tidak menunjukkan kekecewaan atau rasa sakit kita dengan mudah. Kami menjadi lelaki besar dan perempuan besar , dan orang tua serta guru kami mengingatkan kami berulang kali untuk berhenti menangisi ini atau itu dan untuk berani.

Tetapi faktanya adalah kita semua harus menangis bahkan sebagai orang dewasa di beberapa titik dalam hidup kita. Dan para ilmuwan telah menemukan bahwa mereka yang memiliki tangisan yang baik secara berkala sebenarnya menjalani hidup yang lebih sehat.

Inilah cara menangis dapat menyembuhkan Anda:

1. Lepaskan ketegangan dan racun dari tekanan emosional dari tubuh . Setelah menangis , bukankah kita semua merasa sedikit lebih ringan?

2. Air mata yang mengalir dengan emosi sebenarnya mengandung jumlah protein dan beta endorphin yang lebih tinggi – penghilang rasa sakit alami. Air mata juga membunuh bakteri , melumasi mata kita dan membantu kita melihat lebih baik.

3. Mereka yang menangis lebih sering daripada orang lain melaporkan lebih sedikit penyakit fisik daripada mereka yang menyimpannya di dalam.

4. Alat bantu menangis ketenangan dan kedamaian batin. Kita dapat melihat situasi dengan lebih jelas dan tenang setelah sesi yang baik. Sumber: healthdigezt.com
Menjadi kuat dan berani bukan tentang penindasan emosi. Ini tentang kejelasan, kemauan untuk menghadapi apa pun yang hidup tawarkan pada kita. Dan mengetahui kekuatan pelepasan. Jadi pada saat Anda merasakan air mata mengalir, pergi mengambil kotak tisu dan menangislah. Anda akan merasa lebih baik dalam lebih dari satu cara.

beranda

Leave a Reply

You have to agree to the comment policy.