Odilia Catra

Action Plan : Rusa Bawean

Posted: December 9th 2019

Rusa bawean (Axis kuhlii) adalah rusa mungil yang hanya dapat ditemukan di Pulau Bawean. Rusa bawean hidup dalam kelompok kecil yang biasa terdiri atas rusa betina dengan anaknya atau jantan yang mengikuti betina untuk kawin. Rusa bawean merupakan hewan nokturnal dan termasuk dalam rusa tropis yang mempunyai penyebaran terbatas.


Rusa bawean memiliki ukuran tubuh kecil yaitu dengan tinggi 60-70 cm dengan panjang badan sekitar 105-115 cm. Beratnya kurang lebih 50 kg dan memiliki taring pada rahang bawah. Rusa bawean memiliki warna coklat keputihan dengan bulu coklat pendek kecuali pada bagian leher.


Menurut IUCN (2014), jumlah Rusa Bawean adalah sekitar 200-500 individu dewasa dan termasuk dalam kategori ancaman kritis (Critically endangered) sehingga diperlukan upaya pelestarian supaya tidak punah. Beberapa faktor yang menyebabkan jumlah Rusa bawean yang semakin sedikit adalah adanya penangkapan dan perdagangan hewan, pembuatan jalan, pengalihan hutan liar menjadi hutan jati, dan penyakit. Diketahui bahwa rusa mampu beradaptasi pada berbagai habitat, namun rusa juga termasuk hewan liar yang memiliki tingkat stress yang cukup tinggi sehingga dapat menyebabkan kematian dengan cepat.

Sejak tahun 2000, pemerintah telah mengupayakan penangkaran bagi rusa bawean. Selain itu juga dilakukan konservasi eksitu dan UU Perlindungan Satwa Liar No. 134 dan No. 266 tahun 1931 serta Peraturan Pemerintah No. 7 tahun 1999 yang mencakup seluruh jenis rusa.


Action plan yang akan saya lakukan untuk mencegah kepunahan Rusa Bawean adalah dengan cara melakukan sosialisasi dan menyebarkan informasi bagi masyarakat yang belum memiliki kesadaran perlunya pelestarian untuk mencegah kepunahan. Informasi yang diberikan bisa dilakukan melalui media sosial berupa InstagramYoutube, Twitter, dan media sosial yang lain. Selain itu sosialisasi pada anak-anak juga bisa dilakukan untuk menanamkan kesadaran perlunya melestarikan alam sejak dini.


5 responses to “Action Plan : Rusa Bawean”

  1. ivanaaureli says:

    Artikel yang menarik dan memberikan pengetahuan baru bagi para pembaca. Ide yang cukup menarik dan sederhana untuk melestarikan rusa bawean melalui media sosial dan sosialisasi kepada anak-anak. Semoga action plan Anda dapat terlaksana dan keberadaan rusa bawean tetap lestari.

  2. febrianoorf says:

    Saya setuju sekali dengan aksi yang akan dilakukan, Semoga segera terealisasikan dan berjalan dengan lancar. Semangat!

  3. airene2 says:

    artikel yang menarik dan sangat bermanfaat, semoga action plan dapat terlaksana agar masyarakat bisa lebih sadar akan pentingnya pelestarian rusa bawean

  4. dkrisna says:

    Artikel yang menarik, karena menurut saya Rusa Bawean sendiri belum banyak dikenal bagi orang awam. Semoga akan lebih banyak orang yang membaca artikel ini, dan semoga action plannya berjalan dengan baik ya.

  5. annyakinanti says:

    Informasi yang cukup menarik! semoga dengan tertulisnya actionplan ini, semua masyarakat dapat sadar untuk pentingnya melindungi dan melestarikan hewan yang terancam punah, salah satunya adalah Rusa Bawean

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php