odeode

Pengantar Teknologi Informasi

Posted: September 13th 2012

Teknologi Informasi adalah Suatu teknologi yang di gunakan untuk mengumpulkan , memproses, mengolah data,menyimpan,memanipulasi data dalam berbagai cara untuk memperoleh informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan yang akurat dan tepat waktu  digunakan untuk keperluan pribadi ,bisnis,pemerintah dan merupakan informasi yang tepat untuk mengambil suatu keputusan. Teknologi ini menggunakan perangkat komputer untuk mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain nya sesuai dengan kebutuhan. Perkembangan  teknologi informasi sangat mempengaruhi fungsionalitas dari bisnis.Dalam teknologi informasi terdapat data,informasi,knowledge,sistem.

A. Data             : Fakta mentah yang di kumpulkan dan tidak terorganzir.

B. Informasi   : Data yang terorganizir serta memliki makna.

C. Knowledge : Pengetahuan atau memahami data , informasi yang sudah terorganizir.

D. Sistem          : Komponen-komponen  yang berinteraksi untuk mencapai tujuan bersama.

Komputer : Peralatan elektronik yang beroperasi dibawah intruksi yang terkontrol yang tersimpan di memori peralatan tersebut.

Komputer berbasis sistem informasi  : Penggunaan hardware, software,data,manusia,dan prosedur yang bekerjasama menghasilkan informasi berkualitas .

Informasi sistem : merupakan sistem yang mengumpulkan,memproses,menyimpan dan menganalisa data dan menyampaikan informasi untuk tujuan yang spesifik. Komponen :  Input , prosses ,Output,storage, sistem unit.

>Input             : perangkat keras untuk memasukkan data intruksi proses sistem unit.

-Contoh        : (mouse,keyboard,flashdick,dll)

>Output          : perangkat keras yang menyampaikan informasi kepada pengguna .

-Contoh       : (monitor,print,audio)

>Sistem Unit : Tempat penyimpanan yang menganalisa komponen elektronik untuk memproses data.

-Contoh       : (CPU,Prossesor)

>Storage         :  -Storage media  : Material fisik dimana data intruksi, dan informasi disimpan.

-Storage device : Mencatat dang mengambil item ke dan dari media penyimpanan.

Network                    : kumpulan dari kompter dan jaringan peralatan komunikasi yang saling terhubung (terhubung,komunikasi)

Software program : Program,urutan dari intruksi yang memberitahu apa yang harus dilakukan.

Sistem software      : Program yang mengendalikan operasi d komputer  dan perangkat nya.

Operating system (OS)
Kumpulan program yang mengkoordinasi semua aktifitas  perangkat keras dan mengizinkan pengguna menggunakan  perangkat lunak dan keras . => Utility Program ,mengizinkan pengguna menjalankan tugas pemelihara berhubungan dengan pengelolaan komputer baik device dan program.

Kelebihan teknologi Informasi adalah informasi yang kita peroleh akurat yang berarti bebas dari kesalahan, lengkap yg berarti mencangkup semua yang di butuhkan, flexibel yang berarti dapat d lihat dari berbagai arah,handal yang berarti hasil selalu konsisten.

Kesimpulan, Bisnis saat ini menghadapi berbagai tekanan dan tantangan, TI menyediakan provide ‘alat’ dan kemampuan untuk merespon tekanan dan tantangan tersebut karena itu TI sangat mempengaruhin perkembangan di suatu perusahaan atau bisnis.Knowledge mengenai TI dan aplikasinya membantu para pembisnis mengembangkan perusahaan nya/bisnis nya secara lebih pasti dan handal.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php