Never Stop Learning !

Sejarah Defense of the Ancients (DotA)

Posted: March 21st 2013

Defense of the ancients (DotA) adalah sebuah peta buatan untuk permainan komputer buatan blizzard judulnya Warcraft III: Frozen Throne, yang dibuat berdasarkan peta “aeon of strife” dari game blizzard lainnya, starcraft. Tujuan utama permainan ini untuk menghancurkan markas musuh bersama-sama dengan tim dan anak buah—petarung yang dikontrol oleh komputer. Pemain dapat menggunakan tokoh kuat yang disebut pahlawan (hero), dan dibantu oleh pahlawan sekutu dan anak buah—petarung (creep) yang dikontrol oleh AI (atau yang lebih populer dengan istilah BOT). Seperti dalam permainan role playing games, pemain dapat meningkatkan level tokoh pahlawan mereka dan menggunakan emas buat beli barang selama permainan.permainan ini dikembangkan dengan menggunakan world editor dari permainan Warcraft III: Reign of Chaos, dan dirubah dengan dirilisnya the frozen throne.

Terdapat berbagai konsep dasar, dengan yang paling populer adalah DotA Allstars, yang diurus oleh beberapa pembuat peta selama pengembangan. Sejak dirilis, allstars muncul dalam beberapa turnamen dunia, termasuk blizzcon blizzard entertainment dan world cyber games asia, cyberathlete amateur dan liga cyberEvolutionwarcraft 3 pada masa itu, sekitar tahun 2004. Warcraft 3 bisa menjadi populer karena ada yang menciptakan map DotA. pada awalnya DotA itu buatan gamers yang kecanduan warcraft 3. DotA dibuat oleh eul, dimana eul itu cuma nickname alias nama samaran. map DotA yang pertama kali dibuat eul adalah map 0.95. Sayangnya eul berhenti membuat  map DotA, meskipun disambut antusias terutama oleh gamers Amerika, diteruskanlah pembuatan map DotA oleh seorang yang bernama guinsoo (entah nama sebenarnya atau samaran). Oleh guinsoo ada beberapa perubahan baik dalam hero, ability hero, stats hero, dan item. Pada masa muncul 2 item baru yaitu guinsoo schyte dan eul scepter of divinity (kedua nama item ini disamakan dengan nama pembuat mapnya). final work dari guinsoo itu map dotA allstars 5.84b. Map ini bisa dikatakan sebagai map legendaris karena masa pakai nya lebih dari 6 bulan (sejak update map berikutnya). Map tersebut pun masih dikatakan map yang belum sempurna karena penuh dengan bug, imbalance dan load time yang sangat lama.

Map ini merupakan generasi terakhir dari map yang punya waktu loading yang terlalu lama (rata-rata loading time-nya sekitar 30mnt). Kemudian seorang dari rusia bernama true.rus merombak map 5.84b dan mengubah namanya 5.84c. Kedua map ini hampir identik, perbedaannya adalah waktu loading time yang dipersingkat oleh true.rus menjadi sekitar 5 menit.selepas 5.84c praktis DotA allstars mandek. tak ada hal yang baru, karena baik Guinsoo maupun true.rus tidak melanjutkan project mereka. (sekalipun guinsoo sempat mengeluarkan dota 6.01). kemudian seorang bernama icefrog muncul. Menurut saya, IceFrog adalah orang yang paling sukses mengembangkan map DotA ini menjadi lebih sempurna, karena ditangan icefrog dota terus berkembang hingga versi sekarang 6.77c.

The DotA Map View

Cara bermain game ini berfokus pada strategi dan kerjasama tim, dan bisa dimainkan sampai 10 orang bersama, dan dibagi jadi 2 kelompok yang saling bermusuhan yaitu Sentinel, dan Scourge. Markas tim sentinel ada di pojok kiri bawah sementara tim scourge di pojok kanan atas peta. masing-masing markas dilindungi oleh tower (pada map berwarna magenta) dan unit-unit yang dikontrol oleh AI yang melewati jalur atas, tengah, dan bawah (ditandai dengan garis merah). di pusat markas tim, terdapat “Ancient” yaitu sebuah bangunan yang harus dipertahankan oleh tiap tim (berwarna kuning). bila Ancient salah satu tim dihancurkan, maka tim itu dianggap kalah dan permainan selesai.setiap pemain mengontrol unit yang disebut hero. dalam DotA, total hero yang dapat dipilih mencapai 100 hero lebih, tiap hero memiliki abilities unik yang berbeda satu sama lainnya. Game ini sangat berorientasi pada kerjasama kelompok. Meskipun demikian, ada beberapa hero yang bila dimainkan dengan baik dan diberikan cukup banyak waktu untuk meningkatkan level dapat m

engubah jalannya permainan secara signifikan dengan sendirinya. Popularitas blizzard saja tidak dapat menandingi popularitas DotA yang melebihi permainan warcraft mereka sendiri, sehingga telah memasuk hall of fame battlenet blizzard. DotA sendiri telah sering menjadi salah satu jenis permainan yang dipertandingkan di Turnamen dunia, dengan hadiah yang sangat menggiurkan para gamers dibelahan dunia manapun.

Heroes at DotA Allstars

Saya adalah salah satu dari penggemar game ini, dan saya selalu mengikuti perkembangan dari game ini. Update-nya sendiri semakin gencar dilakukan. Kira-kira satu tahun yang lalu, 2012. Icefrog dikabarkan telah berpindah ke production house dari Blizzard ke VALVE, dan melahirkan DOTA 2 !! DotA dan DOTA 2 pada dasarnya dikatakan memiliki kesamaan. Hanya saja pada DOTA 2 masih terdapat banyak perkembangan karakter hero yang diadopsi dari DotA, namun kelebihannya adalah pada grafik dan user interface yang sangat canggih! Situs resmi Valve (http://www.valvesoftware.com/). Tertarik untuk mencoba? Buruan daftar!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php