Never Stop Learning !

Week 11 (Wireless and Mobile)

Posted: December 2nd 2012

Pada bab 11 ini kita membahas mengenai teknologi wireless dan mobile, dimana seiring perkembangan zaman hal-hal seperti ini dirasa never ending karena teknologi nya yang terus berkembang secara pesat. Apa yang telah saya pelajari? dari beberapa paparan bahan kuliah yang disampaikan, saya menangkap bahwa teknologi wireless itu sangat mudah digunakan dimana saja kita berada, dan dapat membantu kita dalam melakukan koneksi dengan internet menggunakan daya yang rendah. bentuk komunikasi nya pun bukan hanya kepada internet melainkan kepada perangkat mobile / wireless pengguna lain. Ada juga penerapan wireless dalam kehidupan sehari-hari di antaranya pada intrabisnis, aplikasi berbasis lokasi, aplikasi pengobatan jarak jauh, dan telemetry. Teknologi RFID mengijinkan mencantumkan tags dengan antenna dan chip computer pada barang untuk melacak pergerakannya melalui sinyal radio. Wireless Sensor Network adalah jaringan interconnected, menggunakan baterai, wireless sensor yang disebut motes ditempatkan pada lingkungan fisik. Mesh network disusun oleh motes dimana data yang diperoleh segera dikirimkan ke tetangga terdekat sehingga sangat efisien dan dapat dipercaya.

Wireless sendiri ditransmisikan oleh berbagai jenis satelit transmisi seperti GEO, MEO, LEO. Namun dari beberapa teknologi wireless yang paling kita kenal adalah GPS (Global Positioning System), sebagai sistem wireless yang dapat dipakai pengguna untuk mengetahui lokasi terakhir, yang disuport oleh 24 satelit yang saling berbagi informasi. Teknologi lain yang kita kenal adalah teknologi Radio dan teknologi dan Bluetooth dan  Zigbee. Zigbee sendiri jarang diketahui masyarakat Indonesia. karena lebih banyak digunakan masyarakat Eropa, seperti di Amerika Serikat.

Ancaman yang dihadapi dalam penggunaan wireless adalah rogue access point, war driving, eavesdropping, dan RF jamming. Solusinya dengan mendeteksi access point yang tidak diijinkan dengan alat dari NetStumbler, block SSID, mengenkripsi transmisi wireless menggunakan WPA, mengetahui siapa yang menggunakan jaringan kita dan apa yang mereka lakukan, secara otomatis pindah ke channel lain kalau ada gangguan.

Keamanan dalam menggunakan wireless sangatlah diperlukan. Berikut beberapa ancaman yang sering terjadi terkait keamanan wireless :

  1. Jalur akses nakal adalah titik akses tidak sah ke jaringan nirkabel.
  2. Perang mengemudi adalah tindakan mencari WLAN saat mengemudi di sekitar kota atau di tempat lain.
  3. Menguping mengacu pada upaya oleh pengguna yang tidak sah mencoba untuk mengakses data bepergian melalui jaringan nirkabel.
  4. RF (Radio Frekuensi) jamming adalah ketika seseorang atau perangkat sengaja atau tidak sengaja mengganggu transmisi jaringan nirkabel Anda.

Mobile computing mempunyai 2 karakteristik utama yaitu mobility dan broad reach. Karakteristik tersebut menciptakan 5 nilai yang mengatasi batas waktu dan tempat, yaitu ada di mana-mana (ubiquity), convenience(kenyamanan), instant connectivity, personalisasi, dan lokalisasi produk dan layanan.

 

Mungkin itu adalah sedikit dari penjelasan mengenai mobile dan wireless technology… 😀


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php