120707148

E-Commerce

Posted: November 25th 2012

Sejarah EC di mulai pada awal 1970, jauh sebelum internet dipergunakan dan terbatas bagi perusahaan besar.. Konsep dan definisi dari EC adalah proses dari jual beli, pertukaran produk, layanan dan informasi melalui jaringan komputer, terutama internet. Kemudian definisi EC di ambil dari sudut pandang komunikasi, proses bisnis, layanan, online, kolaborasi, dan komunitas.

Dalam e-commerce terdapat beberapa konsep yaitu Tradisional commerce (semua transaksi berupa hal yang fisik), Pure EC (semua dimensi adalah digital), Partial EC (campuran dimensi digital dan fisik).

Jenis – jenis E-commerce :

  • Business-to-business EC (B2B)
  • Kolaborasi commerce (c-commerce)
  • Business-to-consumer EC (B2C)
  • Konsumen-ke-bisnis (C2B)
  • Konsumen-to-consumer (C2C)
  • Intrabusiness (intraorganizational) perdagangan
  • Pemerintah-ke-masyarakat (G2C) dan lain-lain
  • Mobile commerce (m-commerce)

EC membutuhkan infrastruktur yaitu hardware, software, dan jaringan yg dibutuhkan untuk mendukung transaksi, komunikasi, dan kolaborasi. Dan ada sebuah mekanisme pembayaran elektronik di dalamnya berikut adalah istilah yang ada di dalamnya : Electronic checks, Electronic credit card, Electronic cash in PC, Pembayaran Electronic dengan e-cash, Smart cards, Person-to-person payment systems, Electronic Funds Transfer (EFT), Electronic wallets and Purchasing cards.

Keamanan pada E-Commerce meliputi :

  • Enkripsi – proses membuat pesan tidak terbaca kecuali oleh pihak kunci dikripsi yang sesuai
  • Single-key encryption
  • Public/private key encryption
  • Public key infrastructure
  • Electronic Certificates
  • Secure Socket Layer (SSL)-protocol yg digunakan untuk mengenkrispi pesan
  • Secure Electronic Transaction Protocol (SET)- protocol untuk pemrosesan kartu kredit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php