120707148

Internet, Intranet, dan Ekstranet

Posted: November 9th 2012

Internet merupakan jaringan terbesar di dunia yang membuat kita dapat memberi informasi kepada semua orang walaupun tempatnya berbeda dengan memakai standard dan protocol yang terbuka dan tidak ekslusif dalam jaringan yang berhubungan. Proses perkembangan internet dimulai dari tahun 1969 (hanya 4 host nodes)→1984 (lebih dari 1000 host nodes)→saat ini (lebih dari 150 juta host nodes). Perusahaan komunikasi komersial adalah penyedia utama physical network internet. Pemerintah US juga mengkontribusikan dana kepada beberapa proses primer, infrasturktur internet yang telah diberi oleh penyedia layanan jaringan. Sebagian pihak telah memikirkan internet agar lebih maju, di mana ada internet 2 yang difokuskan untuk tujuan penelitian serta next generation internet yang bertujuan mengembangkan teknologi dan aplikasi internet.

Aliran informasi dalam computer diatur oleh IP dan TCP.  Pada pengiriman informasi, pesan didekomposisi menjadi paket-paket yang mengandung bagian-bagian informasi yang dibutuhkan kemudian paket dirangkai kembali menjadi pesan yang diterima oleh komputer. Setiap computer diidentifikasikan dengan IP address dan sebagian besar memiliki nama domain yang dapat memudahkan kita mengingat alamatnya. Internet dapat diakses melalui beberapa kategori yaitu LAN server, Serial Line Internet Protocols/Point Protocol (SLIP/PPP), atau melalui online service (AOL, MSN). Internet memberikan layanan di bidang komunikasi (email, USENET mewsgroup, LISTSERV, CHATTING, Instant messaging, telnet, internet telephony, internet fax, dan streaming audio & video), informasi retrieval (FTP, Archie, Gophers, Veronica, WAIS), web service, serta WWW. Ada beberapa tantangan yang dihadapi internet yakni dengan teknologi baru, belum tentu customers dapat menggunakannya dengan sukses, peraturan internet (bagaimana mengontrol isi kontroversial web), perluasan internet menekan beberapa elemen jaringan (perlu mengembangkan teknologi hardware dan software web management), internet privacy (web mengumpulkan informasi dengan atau tanpa sepengetahuan customers).

Intranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan software internet dan TCP/IP Protocols→ memungkinkan karyawan untuk mengakses informasi bersama dengan mudah. Extranets adalah perluasan dari internet untuk mencari partner bisnis luar seperti suppliers, distributors, dan key customers→menyediakan akses mudah informasi bersama dan kolaborasi partner bisnis. VPNs sering digunakan untuk menjaga komunikasi bersama. Keuntungannya yakni biaya lebih rendah, komunikasi lebih baik, meningkatkan susunan entry dan pelayanan customers, serta meningkatkan efektivitas bisnis.

Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain. Ekstranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain. Contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk extranet adalah Lotus Notes.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php