120707148

Teknologi Informasi di Organisasi Modern

Posted: September 14th 2012


Konsep mendasar atau Fundamental

Yaitu dasar-dasar dari Infrastruktur atau sistem Informasi, yakni diantaranya : Perangkat Keras (Hardware), Perangkat Lunak (software), Fasilitas Komunikasi dan Jaringan, Information Management Personal.

Di era Modern seperti sekarang ini telah tersedia berbagai informasi yang dikemas secara beragam, ada yag dikemas secara manual yakni dengan menyampaikan suatu informasi tersebut dari mulut ke mulut atau keorang lain. Dan ada juga yang dikemas secara instant, baik melalui media percetakan, berita di TV atau secara online. Itulah keutungan memperoleh sebuah informasi dimasa Modern sekarang ini. Teknologi informasi dimasa modern terbagi menjadi beberapa jenis yaitu: 1. Information Infrastructure : mendefinisikan sebuah informasi, Operasi, documentasi, pemeliharaan dan pengelolaan Sumber daya komputasi serta bagaimana sumber daya komputasi tersebut diatur, dioperasikan dan dikelola.

2. Information Architecture : menjabarkan suatu kebutuhan informasi perusahaan, bagaimana suatu kebutuhan itu bisa terpenuhi. Memadukan kebutuhan informasi, infrastruktur informasi yang tersedia dan yang direncanakn dari aplikasi perangkat lunak dan membantu memastrikan bahwa teknologi informasi yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dari bisnis strategi perusahaan.

3. Transaction Processing system (Sistem Pemrosesan Transaksi) : Mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan menyebarkan data transaksiĀ  bisnis. Menyediakan dta dasar bagi system lainnya. Sangat penting untuk kesuksesan bisnis saat ini.

4. Management Information System (Sistem informasi manajemen) : Mendukung keputusan yang diambil secara rutin, mengakses, menata, merangkum, menampilkan informasi dan menekankan pada laporan rutin atau permasalahan yang sudah diketahui.

5. Office Automation System : semacam system pengolah kata yang dikembangkan untuk mendukung pekerja kantor/Administrasi.

6. Decision Support System (Sistem Pendukung keputusan) : Mendukung pengambil keputusan yang bersifat kompleks, non-routine, dan manajerial.

7. Intelligent Support System (ISSS) : termasuk didalamnya system pakar yang menyediakan pengetahuan cerdas yang tersimpan didalam system bagi pengguna biasa dan system cerdas yang memliki learning capibilities yang bisa belajar dari permasalahan masa lalu.

8. End-User Computing : Pengguna atau pengembangan dari SI oleh pengguna utama dioutput sebuah system seperti analisis, manager, atau professional lainnya.

9. Knowledge Management System : Mendukung proses menciptakan, mengumpulkjan mengorganisasikan, mengintegrasikan, dan menyebarkan pengetahuan perusahaan.

10. Data Ware Housing (Gudang data) : adalah basis data yang dirancang untuk mendukung DSS, ESS dan semua aktivitas yang membutuhkan analisis data.

11. Mobile Computing : SI yang mendukung karyawan yang bekerja dengan konsumen atau rekan bisnis diluar area fisik perusahaan menggunakan teknologi jaringan wireless.

 

Klasifikasi SI yang paling umum, SI di sebuah perusahaan dikembangkan untuk mendukung cara sebuah organisasi di strukturkan dengan berdasarkan fungsionalitas dari department , sering dalam bentuk hierarki, mungkin berdasarkan projek atau dalam bentuk struktur matrik.

Peran department SI yakni sebagai : pergeseran orientasi dari sisi teknis kesisi manajerial, meningkatkan focus pada penambahan nilai strategis maka manajemen menjadi lebih kompleks, CIO menjadi pimpinan dari department SI dibanyak perusahaan.

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php