120707148

BISNIS DAN TEKNOLOGI INFORMASI

Posted: September 14th 2012


Teknologi Informasi Pada Lingkungan Bisnis

Dengan semakin berkembangnya IT di dunia, makin banyak pula kehidupan sekarang ini yang menuntut kita agar selalu up to date dalam mencari dan memperoleh sebuah informasi yang beredar. Namun dalam hal ini, informasi sangatlah luas, yang perlu kita lakukan tergantung pada masing-masing individu yakni memilih mana informasi yang patut kita contoh dan yang tidak patut dicontoh. Jika kita dapat memanfaatkan IT dengan baik, maka kita juga akan mendapat sebuah jalan yang benar.

Sebelumnya definisi dari IT itu sendiri adalah sebuah komponen tertentu disebuah komputer berbasis sistem informasi yang dikembangkan untuk menyediakan solusi pada permasalahan bisnis. Definisi lain dari IT adalah komponen teknologi dari sistem informasi atau kumpulan dari keseluruhan sisitem disebuah organisasi luas.

Sekarang ini penerapan Teknologi Informasi sangat dibutuhkan, khususnya pada bidang atau lingkungan bisnis sebagai alat bantu dalam memenangkan persaingan. Lingkungan bisnis saat ini dihadapkan pada perubahan yang cepat, kompleksitas, ekonomi global,kompetisi yang ketat, dan yang paling utama tetap fokus pada permintaan konsumen. Selain itu, bisnis saat ini menghadapi berbagai tantangan dan tekanan yang menyebabkan respond perusahaan menjadi lebih Proaktif & reaktif. Tekanan bisa dalam bentuk kompetisi global, real time operations dan kewajiban sosial. Bisnis dihadapkan dengan tekanan bagaimana mencapai produktifitas yang lebih baik dengan sumber daya yang terbatas. Teknologi Informasi menyediakan Providet “alat” dan kemampuan untuk merespon tekanan tersebut.

Komponen-komponen komputer yang diperlukan agar mendapat suatu sistem informasi diantaranya : Input, output dan System unit. Mother Board : CPU, memory, storage dan network (jaringan). Kategori computer terdiri dari: Personal Computer (PC), dan Web Enable/Mobile. Jenis-jenis server : Midrange server, Mainframe, dan Supercomputer yakni sebuah komputer yang akan mengelola data dari berbagai komputer.

Knowledge mengenai IT dan aplikasinya membantu para pebisnis mengembangkan strategi bisnis yang efektif. Akurat, Lengkap, Flexibel, Handal, Relevan, Tepat waktu, Aman, dapat diverifikasi dan bisa diakses merupakan beberapa alasan yang membuat Informasi itu menjadi lebih berguna. Maka dari itu gunakanlah IT dengan sebaik mungkiin..


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php