Norman Lewis Siboro

Software Komputer

Posted: September 28th 2012

Belajar tentang komputer tidak akan terlepas dari yang namanya perangkat lunak (software). Software adalah adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software juga berguna untuk menjalankan perangkat keras (hardware) dan juga berguna menterjemahkan bahasa mesin sehingga hardware dapat mengerti keinginan pengguna. Software terus berkembang dan juga memunculkan software-software baru. Selain itu software juga harus harus dipertahankan karena 80% personil IT berupaya melalukan pemeliharaan, dan jika suatu software sangat kompleks akan menimbulkan “bug” yang biaya untuk menggulanginya tidaklah sedikit. Software dapat dikategorikan dalam System Software dan perangkat Application Software. System Software adalah instruksi yang mengelola sumber daya perangkat keras. System Software menyediakan sebuah antar muka antara hardware dan software aplikasi, mengontrol dan mendukung kegiatan sistem komputer, memfasilitasi pengembangan program, pengujian, dan debugging. Application Software adalah program melakukan kegiatan pengolahan informasi yang spesifik dan fungsionalitas pengguna misalnya program pengolah kata, mengelola lembar kerja, program presentasi, design grafis, dan lain-lain.

Didalam software juga terdapat Bahasa Pemrograman atau yang dulu dikenal bahasa mesin. Bahasa Pemrograman memungkinkan orang untuk memberitahukan kepada komputer apa yang harus dilalakukan dan ini adalah pondasi dasar untuk pengembangan aplikasi. Generasi pertama dari bahasa pemrograman ialah bahasa mesin, yang kedua adalah Assembly Language, yang ketiga adalah Procedural Languages, yang keempat adalah Nonprocedural Language dan ayang kelima adalah Natural Language Programming Languages ,meskipun masih dalam pengerjaan. Dengan adanya bahasa pemrograman ini bisa dikembangkan berbagai aplikasi karena menyediakan sarana bagi manusia untuk memberikan petunjuk komputer. Perkembangan bahasa pemrograman terus dilakukan agar manusia semakin mudah mengerti bahasa pemrograman.

Didalam perkembangan software juga berpengaruh terhadap banyak organisasi sebagai contoh ialah tekanan yang kompetitif yang memerlukan perubahan dalam prosedur organisasi dan juga terdapat perbedaan kompleksitas perangkat lunak dan keras sehingga sulit untuk melakukan perubahan. Maka dari itu organisasi mencari solusi perusahaan software yang luas untuk menyediakan sistem organisasi terpadu (yaitu, sumber daya manusia, operasi, pemasaran, keuangan, akuntansi, dll), penggunaan middleware untuk menghubungkan aplikasi yang berbeda dan membutuhkan perusahaan perangkat lunak yang mengelola semua operasi organisasi.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php