Norman Lewis Siboro

Teknologi Informasi dalam Organisasi Modern

Posted: September 17th 2012

Di dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dalam Organisasi Modern akan membahas tentang infrrstruktur dan arsitektur Teknologi Informasi, struktur hierarki organisasi sesuai dengan Teknologi Informasi, dukungan apa yang dapat diberikan kepada karyawan atau pekerja, dan bagaimana sumber daya dapat dikelola dengan baik. Infrastuktur dari sebuah informasi dapat dikatakan sebagai fasilitas, layanan & pengelolaan yang mendukung sesuai sumber daya komputasi di sebuah perusahaan sebagai contoh : perangkat keras, perangkat lunak, fasilitas komunikasi jaringan, information management personel dan basis data. Infrastruktur dari informasi juga dapat didefenisikan sebagai integrasi, operasi, dokumentasi, pemeliharaan, dan pengelolaan dari sumber daya komputasi. Selain Infrastuktur ada juga yang dinamakan arsitektur dari informasi atau pengertian singkatnya bagaimana kita dapat menyusun informasi dengan baik. Arsitektur informasi digunakan untuk memadukan informasi, infrastruktur informasi yang tersedia dan yang direncanakan, dan aplikasi perangkat lunak atau dengan kata lain membantu memastikan bahwa Teknologi Informasi yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dari bisnis (strategi bisnis).

Struktur hierarki organisasi dapat dibedakan berdasarkan jenis sistem informasi, yang pertama ialah Sistem Pemrosesan Transaksi yang biasanya sebagai pengoperasi transsaksi bisnis harian, mengumpulkan dan menyimpan data, menjadi pondasi dasar untuk data lain. Sistem pemrosesan transaksi biasanya susah karena membuat dari yang manual ke komputasi sehingga banyak yang harus dikelola dan biasanya sangat penting untuk kesuksesan bisnis saat ini. Yang kedua ialah Sistem Informasi Manajemen yang biasa digunakan untuk pengambilan keputusan rutin, melaporkan masalah dan antisipasianya, dan juga dapat mengakses, mengatur dan menampilkan informasi. Yang ketiga ialah Kantor Sistem Informasi yang digunakan untuk pengolah kata untuk mendukung kerja. Yang keempat ialah Sistem Pendukung Keputusan untuk eksekutif tingkat atas atau lebih strategis dan bianyanya untuk mengambil keputusan non-rutin dan manajerial. Yang kelima ialah Intelligent Support System yang termasuk didalamnya sistem pakar yang menyediakan pengeetahuan cerdas yang tersimpan di sistem bagi pengguna dan memiliki sistem cerdas yang memiliki learning capability yang bisa belajar dari masa lalu. Yang keenam ialah End-User Computing yaitu penggunaan atau pengembangan dari sistem informasi oleh pengguna utama, dari output sebuah sistem analisis, manager atau professional lainnya. Yang ketujuh ialah Knowledge Management Systems yang mendukung proses menciptakan, mengumpulkan, mengoperasikan, mengintegrasikan, dan menyebarkan pengetahuan perusahaan. Yang kedelapan ialah Data Warehousing yaitu basis data yang dirancang untuk DSS, ESS, dan semua aktivitas yang membutuhkan analisis data. Dan yang kesembilan ialah Mobile Computing yaitu untuk mendukung karyawan dalam bekerja diluar batas fisik perusahaan baik menggunakan kabel ataupun nirkabel.

Sistem Informasi dapat mendukung Perusahaan atau memiliki peras sebagai berikut: pergeseran orientasi dari sisi teknis ke sisi manajerial, meningkatkan fokus pada penambahan nilai strategis perusahaan, menjadi pimpinan dari departemen SI di banyak perusahaan, dan meningkatkan nilai strategis sehingga manajemen dari SI menjadi lebih kompleks.

Dalam Mengelola Sistem Informasi kita harus memperhatikan beberapa hal seperti Sumber Daya Informasi contohnya: hardware, software, database, jaringan,dan fisik bangunan, kita juga harus memperhatikan sumber daya yang harganya mahal sehingga perlu manajemen yang tepat, tanggung jawab sumber daya informasi bersama oleh Departemen IS dan End-User, Organisasi harus menentukan siapa yang bertanggung jawab untuk perencanaan, pembelian, pengembangan, dan memelihara sumber informasi, dan harus melakukan kerjasama.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php