Norman Lewis Siboro

Pengenalan Teknologi Informasi di Lingkungan Bisnis

Posted: September 13th 2012

Di dalam Pengenalan Teknologi Informasi dan Bisnis ada 4 tujuan  pembelajaran yang akan dipelajari. Pertama ialah Membahas tentang bisnis dan tanggapan terhadap era informasi, yang kedua membedakan antara data, informasi, pengetahuan, dan mengetahui karakteristik data yang berkualitas tinggi, yang ketiga menjelaskan tentang nama dan komponen sistem komputer, dan yang keempat menjelaskan kemampuan yang diharapkan dari sistem informasi dalam organisasi modern.

Yang pertama ialah bisnis dan tanggapan terhadap era informasi. Lingkungan Bisnis saat ini berbeda dengan lingkungan bisnis yang dulu ditandai dengan perubahan yang cepat karena berubahnya permintaan pasar, Ekonomi global, Kerumitan, Kompetisi yang ketat karena semakin canggih dan semakin banyaknya persaing, dan permintaan pelanggan. Bisnis saat ini juga menekankan harus menggunakan sumber daya yang sedikit tetapi memberikan hasil yang besar. Dalam dunia bisnis terdapat beberapa tekanan yaitu :  persaingan global dalam perdagangan dan tenaga kerja, orientasi pelanggan, pengubahan tenaga kerja (menjadi lebih maju), informasi yang berlebihan, etika, akomodasi seperti penerbangan atau alat komunikasi, pengambilan kebijakan, dan kewajiban sosial.Akibat dari tekanan tersebut maka akan mempengaruhi respon terhadap organisasi amenjadi aktif atau pro-aktif, mempengaruhi penggunaan teknologi informasi dan sistem informasi, maka untuk mengatasi akibat tersebut dibutuhkan pengtahuan tentang IT karena IT saat ini sangat penting dalam kalangan bisnis. IT perlu dipelajari karena dapat mempersingkat proses kerja, berorientasi pada pelanggan, dan penyimpanan informasinya sangat baik sehingga mempengaruhi struktur organisasi, manajemen, dan proses bisnis. IT juga memiliki peluang karir yang besar serta IT juga mempengaruhi setiap area fungsional bisnis seperti  Departemen Keuangan, Departemen Pemasaran, pabrik, dan Pengolahan Makanan.

Yang kedua ialah membedakan antara data, informasi, pengetahuan, dan mengetahui karakteristik data yang berkualitas. Data ialah fakta mentah yang belum diorganisir atau belum diolah seperti gambar, suara, dan teks. Informasi adalah data yang sudah diolah dan memiliki arti seperti analisis pemasaran, statistic curah hujan, dan laporan produksi. Pengetahuan adalah informasi yang sudah diolah menjadi sebuah pemahaman, pengalaman, pembelajaran akumulasi dan keahlian, atau dengan kata lain informasi + pembelajaran + pengalaman = pengetahuan. Sistem adalah suatu komponen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan bersama. Komputer adalah suatu perangkat elektronik yang berada dibawah kendali instruksi yang tersimpan dalam memori. Sistem Informasi adalah sebuah sistem yang mengumpulkan , memproses, menyimpan dan menganalisis data dan memberikan informasi untuk tujuan tertentu.

Yang ketiga adalah menjelaskan tentang komponen Komputer. Komputer memiliki beberapa komponen yaitu : masukan (input), pemrosesan, keluaran (output), penyimpanan dan komunikasi atau jaringan. Perangkat masukan (input device) adalah perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan data atau instruksi contohnya, mouse, keyboard, scanner, PC video camera, dan microphone. Perangkat keluaran (output device) adalah perangkat keras yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada pengguna contohnya, speaker, monitor dan printer. Unit sistem atau pemrosesan adalah seperti kotak yang mengandung komponen elektronik yang digunakan untuk mengolah data. dalam komputer juga terdapat motherboard yang didalamnya terdapat CPU (Central Processing Unit) dan memori. CPU adalah sebuah sistem yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas dan memori adalah penyimpanan data sementara. Komputer juga memiliki komponen jaringan yaitu kumpulan komputer dan perangkat komunikasi yang saling terhubung. Jaringan ini dapat diterapkan dalam perangkat komunikasi yang memungkinkan koneksi antar komputer seperti modem, dan jaringan juga dapat diterapkan dalam media komunikasi seperti satelit, radio, telepon dll. Selain komponen diatas komputer juga memiliki software program atau perangkat lunak. Program adalah serangkaian instruksi yang memberitahu komputer apa yang harus dilakukan. Didalam software terdapat system software dan application software. system software adalah program yang digunakan untuk mengendalikan operasi  dan perangkat komputer, bagian dari system software adalah operating system dan utilty program. Operating Sistem (OS) adalah seperangkat program yang mengkoordinasikan semuak kegiatan antara perangkat keras komputer dan memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi perangkat lunak dan utility program adalah sebuah program yang memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas-tugas pemeliharaan yang berhubungan dengan pengelolaan  komputer. Sedangkan application software adalah Program yang melakukan tugas-tugas khusus untuk pengguna.

Komputer dapat dikategotikan menjadi lima bagian yaitu : Personal computers (desktop), Mobile computers and mobile devices, Midrange servers,Mainframe computers, Supercomputers. Ada 2  Personal computers yang terkenal yang pertama adalah PC yang menggunakan sistem operasi windows dan yang kedua adalah PC yang menggunakan sistem operasi Macintosh. Mainframe computer merupakan jenis komputer yang digunakan pada perusahaan –perusahaan berskala besar untuk menangani pemrosesan data dengan volume yang sangat besar. Superkomputer adalah Jenis komputer yang mempunyai kecepatan proses paling hebat.Biasa digunakan untuk menangani aplikasi yang melibatkan perhitungan kompleks,misalnya untuk ramalan cuaca dan perancangan roket.

Suatu Informasi dapat dikatakan berguna apabila: akurat (bebas dari kesalahan), complete(memenuhi yang dibutuhkan), flexible, dapat diandalkan,  hasil selalu konsisten relevan (berhubungan dengan masalah yang diteliti, tepat waktu (tersedia bila diperlukan), dapat diverifikasi, dapat diakses dan aman (bebas dari kontaminasi)

Yang keempat adalah kemampuan yang diharapkan dari sistem informasi dalam organisasi modern yaitu cepat, pengolahannya akurat, penyimpanan dan pencarian serta analisis data, meningkatkan komunikasi, menjangkau batas-batas organisasi, mendukung dan meningkatkan pengambilan keputusan, memberikan keunggulan yang kompetitif.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php