Pengetahuan Teknologi Informasi

E-Commerce

Posted: November 24th 2012

Pada materi E-commerce pertama membahas tentang sejarahnya yaitu pada awal 1970 E-commerce di bentuk , awalnya terbatas untuk perusahaab besar. Ruang lingkup E-commerce saat ini adalah iklan, perbankan, jual-beli elektronik , jual-beli saham, pencarian pekerjaan , lelang , kolaborasi dengan mitra bisnis di seluruh dunia dan menyediakan layanan konsumen.

Secara umum pengertian E-commerce yaitu proses dari jual beli,pertukaran produk, layanan dan informasi melalui jaringan komputer. Jika dilihat dari sudut pandang E-commerce yaitu komunikasi, proses bisnis , layanan , kolaborasi , online dan komunitas.  Dalam perdagangan secara tradisonal Commerce, dan Partial E-commerce (bisnis dalam online dan nyata ada ).

E-bussiness yaitu perluasan dari definisi EC yang tidak hanya terdiri dari pembelian dan penjualann barang jasa melainkan juga layanan konsumen, kolaborasi dengan rekan bisnis, dan melakukan transaksi elektronik dalam sebuah perusahaan. E-Commerce memiliki beberapa tipe antara lain Bisnis to Bussiness (B2B), Collaborative Commerce (C-Commerce), Bussiness to Consumen (B2C), Consumer to Bussiness (C2B), Consumer to Consumer (C2C),  Intrabussiness Comerce (antar perusahaan), Government to Citizens (G2c), dan Mobile Commerce (dapat melakukan transaksi melalui mobile).

Dalam E-Commerce untuk bisnis memiliki banyak layanan yaitu E-Marketpalces yang memfasilitasi informasi, barang , jasa dan pembayaran yang menciptakan nilai ekonomi untuk pembeli, penjual, perantara dan masyarakat pada umumnya. E-Market dalam ini pembeli dan penjual bertemu untuk bertukar barang, layanan, uang dan informasi. Inter-Organizational Information System (IOS) antara 2 atau lebih perusahaan , pemrosesan transaksi harian dan aliran informasi.

E-commerce memiliki kerangka kerja yang didukung oleh infrastruktur dan sistem pendukung yaitu orang, Public Policy, Technical Standart dan Protokol, Rekan Bisnis , dan Bergaransi. Persyaratan dalam EC infrastrukturnya (Hardware, software dan jaringan yang dibutuhkan untuk medukung transaksi komunikasi dan kolaborasi. Mekanisme Pembayaran Elektronik  ada 3 yaitu E-Cheecks , E-credit cards, dan E-cash in PC.

Keamanan , permasalahan dan solusi sangat berkaitan dalam bisnis elektronik yaitu keamanannya (entripsi, E-Certificates) ,permasalahannya ( Kesuksesan perusahaan bergantung pada kemampuan untuk menarik konsumen dan mengendalikan pengeluaran).

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php