Pengetahuan Teknologi Informasi

Internet,Intranet,Extranet

Posted: November 8th 2012

Dalam bab Infrastruktur Teknologi Informasi minggu ini menjelaskan tentang Internet .Intranet dan Extranet . Internet yaitu jaringan komputer terbesar di dunia yang dapat menukarkan informasi sangat mudah dan menggunakan standard an protocol yang terbuka, dan saling terhubung. Internet juga memiliki beberapa layanan termasuk E-mail, Web, Chat, Messageboard, Instan Message.

Pada saat ini internet digunakan di berbagai belahan dunia atau yang bersifat Internasional yang menghubungkan jaringan komputer baik Bisnis, Organisasi, Lembaga, Pemerintah,Sekolah diseluruh dunia dengan cepat, mudah, dan murah. Biaya saat ini bagi pengguna internet tidak merata. Regulasi, budaya dan politik adalah salah tiga factor penghambat tingkat adopsi dari internet, karena sebagian situs menggunakan bahasa inggris yang sebagian konten dihasilkan oleh Amerika. Pada masa depan internet akan berkolaborasi untuk mengembangkan jaringan dan aplikasi terdepan dan tercanggih untuk pembelajaran, bekerjasama antara Universitas, Industri, dan Pemerintah.

Dalam Operasi Internet , Internet mengalirkan paket informasi antara komputer yang diatur oleh sebuah protocol yaitu Internet Protokol dan Transport Control Protokol . Internet adalah Packet-Swiching Network yang pesan didekomposisi menjadi paket dan penerimaan pada komputer. Paket berjalan secara independen dan bisa melalui rute yang berbeda dan disusun kembali menjadi pesan yang diterima komputer. Setiap komputer diidentifikasi dengan IP Address dan memiliki nama domain. Cara mengakses internet dengan melalui 3 cara yaitu Connect Via LAN server, Connect Via Serial Line Internet Protocol dan Connect Via an Online Service.

Ada beberapa layanan dalam internet yaitu dalam Komunikasi (E-Mail,Chatting,Instant Messaging,dll),Information Retrieval (File Transfer Protocol,Archie.Gophers,WAIS), Web Service (World Wide Web). Ada 8 tipe basic Website  yaitu Portal,News,Informational,Bussiness ,Education, Entertaiment, Advocary, Personal. Tantangan Internet antara lain Teknologi baru, Regulasi Internet, Internet Expansion.

Intranet yaitu jaringan internal yang menggunakan teknologi internet yang berguna untuk membuat informasi bisa diakses oleh karyawan yang biasanya terkoneksi dengan internet. Jaringan private yang menggunakan aplikasi internet dan protocol (TCP/IP) dan keamanan menjadi perhatian utama.

Extranet yaitu perluasan dari sebuah intranet untuk dipilih oleh outside business partners ,memberikan akses mudah pada informasi perusahaan dan mudah berkolaborasi bagi mitra bisnis, Security (mencegah unwanted masuk ke system internal , Konfigurasi . Keuntungannya adalah biaya rendah,komunikasi lebih baik dan peningkatan order entry dan customer service.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php