Pengetahuan Teknologi Informasi

Telekomunikasi dan Jaringan

Posted: October 30th 2012

TELEKOMUNIKASI dan JARINGAN

Pada materi Telekomunikasi dan Jaringan, yang kita pelajari awalnya tentang Komunikasi Komputer yaitu proses dari 2 atau lebih komputer atau device yang mentransfer dat, intruksi dan informasi. Ada juga Sistem Telekomunikasi yang terdiri dari hardware dan software yang mengirim informasi dari 1 lokasi ke lokasi lain.

Ada 2 jenis Signal Telekomunikasi yaitu Signal Analog yang mengubah gelombang karakteristik  dan Signal Digital yang informasi dengan bentuk biner  yang lebih mudah dimengerti komputer.

Hardware dari Prossesor Komunikasi yaitu ada 3 : Modem (mengubah analog menjadi digital), Multiplex (device yang mengirim signal multi lebih dari medium, contoh:youtube), dan Front-End-Processor (mengelola informasi). Dalam jaringan pasti ada kawat berbasis Saluran Komunikasi , memiliki kelemahan dan kelebihan yaitu Twisted-pair wire atau kawat Telepon (murah, lambat dan pengamanan rendah), Coaxial Cable (membawa banyak data dan lebih mahal), Fiber Optic Cable (mengirim informasi sebagai gelombang cahaya melalui fiber glass), Microwave (kapasitas tinggi, relative sangat mahal), Satelit (kapasitas sangat tinggi), Radio (untuk komunikasi jarak yang penting), Teknologi Radio Selular, dan Infrared. Media komunikasi terbagi 3 yaitu Transmission Speed, Transmission Mode, dan Transmission Accuracy.

Pada telekomunikasi ada penyedia dan jasa komunikasi . Pada Penyedia Komunikasi yaitu Common Carries (perusahaan telephone jarak jauh), dan Value –added Carries (system telekomunikasi yang pribadi, contoh BlackBerry).Pada Jasa Komunikasi yaitu Switched lines, Dedicate lines, Wide-are Telecomm Service, Integrated Service Digital Network, Digital Subcribes lines, dan Tmnet-Streamix.

Pada basis jaringan sudah banyak yang kita kenal seperti LAN (jangkauan jaringannya kecil), dan WAN (jangkauan jaringan sangat luas). Komponen dari Software komunikasi jaringan yaitu ada jaringan Sistem Operasi, Software Jaringan Manajemen, dan Protokol.

Aplikasi dalam telekomunikasi yaitu E-mail (yahoo,gmail,dll), Videoconferencing (skype, YM), Electronic Data Interchange, Electronic Funds Transfer, Facsimiles (Fax), Telecommuting, Distance Learning (E-Learning), dam Telematics.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php