Pengetahuan Teknologi Informasi

Mengelola Data dan Informasi Organisasi

Posted: October 4th 2012

Mengelola Data dan Informasi Organisasi

            Dalam pertemuan minggu ini , Pengetahuan Teknologi Informasi membahas tentang mengelola data dan informasi . Mengenal dan mengetahui dasar dari penyusunan dan akses data , Basis Data mengandung file , file mengandung record , record mengandung field , field mengandung character.

Untuk field memiliki 3 jenis yaitu Field Size , Field Nama dan Field Type. Terminologi dari manajemen data yaitu ada Entity yaitu yang dijelaskan oleh record . Menyimpan dan mengakses record . Tradisional file Enviroment yaitu file tidak disimpan terpusat tetapi ke departemen atau organisasi , akan menyimpan sendiri karena telah berdiri sendiri . Banyak program dan pengguna bisa berbagai data di Database, data aman karena hanya authorize . Menempatkan data pada Database ada 2 tempat yaitu terpusat dan Distribusi , Terpusat semua fie berada pada satu lokasi yang sama dan konsisten , kalau Distribusi server yang lain tidak hilang karena mempunyai copiannya dan relavan .

Pengembangan Database , Kembangkan Conceptual Design – model abstrak basis data, Organisasi dengan Entity – Relationship Modeling , Analisa Struktur dai data , Implementasi struktur data fisik . Databases Manajement yaitu software program yang menyediakan akses ke database, data diambil dalam satu lokasi . Keuntungannya meningkatkan akses data, meningkatkan fleksibilitas , keamanan data. DBMS membantu menyelesaikan masalah , pengambilan keputusan dan pengetahuan akan meningkat melalui data warehouse dan pengguna data mining tools.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php