Review Buku “Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer Karya Jujun S. Suriasumantri”

Ilmu adalah sebuah pengetahuan yang kita dapatkan sejak sekolah hingga perguruan tinggi. Pengetahuan itu dimulai dengan rasa ingin tahu. Suatu kepastian dimulai dengan rasa ragu. Sedangkan filsafat dimulai dengan keduanya. Berfilsafat digunakan untuk mengetahui apa yang kita ketahui dan yang belum kita ketahui. Dan juga untuk mengevaluasi seberapa luas pengetahuan kita.

Filsafat memiliki beberapa karakteristik. Pertama adalah menyeluruh. Maksudnya adalah mengenal dan melihat hakikat ilmu tidak hanya dari satu sudut pandang. Tetapi bagaimana hubungannya dengan ilmu-ilmu yang lain. Kedua adalah mendasar. Yang dimaksud di sini adalah tidak mudah percaya bahwa ilmu tersebut benar. Harus ada alasan yang rasional dan mendasar.

Ketiga adalah spekulatif. Artinya kita hanya menduga benar atau tidaknya sebuah ilmu dan teori-teori yang telah dipelajari. Untuk pembuktiannya kita harus bisa memisahkan antara spekulasi yang dapat diandalkan atau tidak. Dan itu merupakan tujuan utama dari filsafat. Dan perlu diketahui, sebuah ilmu pengetahuan yang sudah berkembang sekarang bermula dari spekulasi. Dan spekulasi merupakan titik awal dari penjelajahan pengetahuan.

Filsafat merupakan peneratas pengetahuan. Maksudnya adalah segala ilmu pengetahuan diawali oleh filsafat. Filsafat yang berspekulasi mempertanyakan segala sesuatu kemudian pengetahuan yang memerincinya. Tak hanya satu pertanyaan yang dipertanyakan. Ketika satu sudah terjawab, maka pertanyaan lain pun muncul.
Filsafat menelaah segala hal yang mungkin dapat dipikirkan manusia. Cabang-cabangnya ialah logika, etika, dan estetika. Kemudian bertambah lagi yakni metafisika dan politik. Lalu berkembang mempunyai bidang kajian yang lebih spesifik lagi diantaranya filsafat ilmu.

Kelebihan buku dan kekurangan buku:

Buku ini membuat kita mengetahui apa yang kita ketahui dan apa yang kita tidak ketahui. Dan juga mengetahui ilmu itu sangat luas jika kita telaah dengan filsafat. Buku ini juga menjelaskan keterkaitan suatu ilmu dengan ilmu yang lain. Bahasanya mudah difahami dan terdapat gambar-gambar di dalamnya.
Karena buku ini merupakan jenis dari buku ilmiah, maka ada beberapa kata ilmiah dan istilah-istilah asing yang terselip didalamnya. Banyak pula yang mengambil referensi dari buku berbahasa Inggris namun terjemahannya kurang dapat dipahami.

This entry was posted in Buku, Review. Bookmark the permalink.