Sel Hewan Vertebrata dan Manusia

Sel- sel yang mempunyai wujud dan fungsi sama tergabung jadi satu membuat sebuah jaringan. Jaringan ini akan melakukan fungsi tertentu. Sel sel epitel yang tergabung jadi satu akan membuat jaringan epitel.

Sel- sel otot tergabung membuat jaringan otot, begitu selanjutnya pada beberapa sel lainnya. Dengan begitu, jaringan ialah kelompok dari beberapa sel yang semacam dan mempunyai fungsi yang serupa.

Pada sel hewan Vertebrata dan manusia ada empat jenis jaringan khusus, yakni jaringan epitel, jaringan pengikat, jaringan otot, dan jaringan saraf.

Jaringan Epitel

Jaringan epitel sebagai beberapa kumpulan sel yang tersusun sangat dekat. Jaringan epitel ini terbagi dalam sel -sel yang tersusun dalam lembar lembar. Tiap lembar terdiri dari 1 susunan atau lebih. Lembar ini melapis atau tutupi permukaan luar badan untuk membuat kulit atau melapis permukaan rongga pada tubuh.

Jaringan epitel memiliki fungsi sebagai perlindungan jaringan yang ada di bawahnya dari kerusakan karena gesekan mekanis, radiasi ultraviolet atau gempuran bakteri. Contoh jaringan epitel, ialah jaringan epidermis yakni sisi paling luar kulit.

Sedang Fungsi lain dari epitel sebagai penyerap atau absorbsi pada susunan dinding usus lembut dan pengeluaran atau ekskresi pada kelenjar kulit.

Jaringan Pendukung Penunjang

Jaringan pendukung atau penunjang terbagi dalam beberapa macam jaringan salah satunya ialah jaringan tulang keras, jaringan tulang riskan, jaringan ikat, jaringan darah, dan jaringan lemak.

Jaringan Tulang Keras

Jaringan tulang keras tersusun dari sel- sel tulang keras. Antara sel- sel tulang ada material dasar yakni matriks yang memiliki kandungan zat kapur. Zat kapur berikut yang mengakibatkan tulang mempunyai karakter yang keras. Fungsi jaringan tulang membuat dan menyangga kerangka badan dan membuat perlindungan anggota badan lunak.

Jaringan Tulang Riskan

Jaringan tulang riskan tersusun oleh sel- sel tulang riskan. Tulang riskan diantaranya ada pada permukaan sendi dan daun telinga.

Jaringan Ikat

Jaringan ikat mempunyai fungsi untuk mengait atau mengikat atau menghungkan organ organ badan. Misalkan, tendon menyambungkan otot dengan tulang, ligamen menyambungkan tulang yang satu sama tulang lainnya.

Jaringan Darah

Jaringan darah terbagi dalam sel- sel darah dan plasma darah. Sel sel darah terbagi dalam sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit), dan keping darah (trombosit). Jaringan ini mempunyai pekerjaan melakukan transportasi untuk mengedarkan atau membagikan zat- zat yakni zat makanan dan oksigen ke semua anggota badan.

Jaringan Lemak

Jaringan lemak (atau adiposa) terbagi dalam sel- sel lemak. Jaringan lemak mempunyai fungsi sebagai bantalan lemak yang ada antara alat- alat badan.

Jaringan Otot

Jaringan otot tersusun oleh sel- sel otot. Tiap sel otot tersusun oleh serabut lembut yang disebutkan miofibril. Jaringan otot sanggup untuk kontraksi. Hingga Fungsi jaringan otot sebagai pendorong badan.

Jaringan otot tersusun oleh sel- sel yang sanggup kontraksi (atau memendek). Pergerakan alat- alat badan cuman bisa saja jika otot- otot badan memendek dan memanjang. Jaringan otot dibagi jadi tiga Tipe Otot, yakni otot lurik, otot polos, dan otot jantung.

Otot Lurik

Otot lurik atau umum disebutkan otot kerangka, sebagai otot yang ada dan menempel pada kerangka. Otot lurik gerakkan tulang- tulang anggota badan dengan lakukan kontraksi yang kuat dan cepat. Pada sebuah serabut otot lurik ada beberapa pokok yang berada pada bagian tepi.

Miofibril (serabut lembut) otot mempunyai garis- garis gelap dan garis- garis jelas. Karakter Pergerakan otot lurik menurut kehendak manusia atau perintah otak dan tidak kuat kecapekan.

Otot Polos

Otot polos biasa disebutkan dengan otot lembut. Otot polos sebagai otot yang ada pada organ- organ sisi pada tubuh, sama dalam aliran pencernaan, kandungan kemih, pembuluh nadi, dan pembuluh balik.

Otot polos tersusun dari sel- sel tipis panjang (tidak bergaris lintang/ polos), setiap dengan sebuah pokok sel yang berada di tengah-tengah. Karakter Pergerakan otot polos tidak menurut kehendak manusia dan tahan kecapekan.

Otot Jantung

Otot jantung mempunyai watak karakter yang disebut kombinasi di antara otot kerangka dan otot lembut. Keunikan otot jantung ialah selnya yang bercabang- cabang dan sama-sama terkait lewat ujung -ujungnya.

Otot jantung hasilkan renyut jantung. Karakter dari pergerakan otot jantung ialah tidak menurut kehendak manusia dan tahan pada kecapekan.

Jaringan Saraf

Jaringan saraf tersusun dari sel- sel saraf yang disebutkan dengan neuron. Jaringan saraf tersususn oleh sel- sel saraf yang terbagi dalam tubuh sel saraf, dendrit, dan akson.

Jaringan saraf mempunyai fungsi sebagai yang menerima dan penghantar rangsangan beberapa fungsi lain, misalkan berpikiran dan mengatur otot. Contoh jaringan saraf, yakni jaringan otak dan sumsum tulang belakang.