Nikolas Mario

Data, Knowledge and Decision Support

Posted: December 10th 2012

Salam teman-teman blogger, yang ingin saya bahas kali ini adalah Data, Pengetahuan dan Decision Support.

Kita mulai saja dengan, apa tugas seorang manajer itu ?

Membuat keputusan untuk mencapai tujuan :

–          Peran Informational, Peran Interpersonal

–          Mengambil keputusan : Entrepreneur, mengatasi permasalahan, mengalokasikan sumber daya, negosiator

 

Seorang manajer membutuhkan bantuan dari IT karena beberapa hal :

–          Jumlah informasi yang tersedia sangat banyak

–          Pengelolaan informasi secara manual semakin sulit

–          Komputerisasi membantu mengelola hal kompleks

–          Menguji berbagai alternatif dengan cepat

–          Memberikan analisa resiko sistematik

 

Bagaimana data itu didapat ?

Sumber Data

–          internal

–          personal

–          eksternal

 

Teknik pengumpulan data

–          Manual

–          Dengan sensor dan peralatan

–          Scanning atau electronic transfer

 

Kualitas Data

–          Kualitas menentukan kegunaan data dan keputusan yang diambil dari data tersebut

–          Merupakan isu utama

–          Karakteristik high quality data : Akurat, aman, relevan, tepat waktu, lengkap, dan konsisten

 

Tujuan mengumpulkan data adalah sebagai fondasi dasar dari intelegensi bisnis

–          Semua data dibutuhkan untuk mengambil keputusan

–          Data ditarik dari data warehouses atau data marts

–          Menggunakan tools analisis data

–          Penentuan pengambil keputusan diperkuat dengan fakta, analisa, dan prakiraan

 

Decision Support System

Sistem informasi interaktif yang menyediakan informasi, pemodelan, dan pemanipulasian data yang digunakan untuk membantu pengambilan keputusan pada situasi yang semiterstruktur dan situasi yang tidak terstruktur di mana tak seorangpun tahu secara pasti bagaimana keputusan seharusnya dibuat.

–          Keputusan terstruktur adalah keputusan yang dilakukan secara berulang-ulang dan rutin.

–          Keputusan semiterstruktur adalah keputusan yang mempunyai sifat yakni sebagian keputusan dapat ditangani oleh komputer dan yang lain tetap harus dilakukan oleh pengambil keputusan.

–          Keputusan tak terstruktur adalah keputusan yang penanganannya rumit, karena tidak terjadi berulang-ulang atau tidak selalu terjadi.

 

Enterprise Decision Support

–          Memenuhi kebutuhan informasi dari eksekutif

–          Akses data yg cepat dibutuhkan oleh executives

–          User interface yang mudah dipahami

–          Berbasis tampilan grafik

–          Sering terkoneksi dengan layanan informasi online

–          Terintegrasi dengan email

 

Group Decision Support Systems

–          Menfasilitasi pengambilan keputusan terstruktur atau tidak terstruktur oleh sekelompok pengambil keputusan

–          Mendukung pekerjaan kelompok dengan mendorong munculnya ide, meningkatkan komunikasi, penerapan tools analisa yang dibutuhkan

 

Online Analytical Processing System (OLAP)

–          Analisa oleh end users dari aplikasi desktop, online, menggunakan tools seperti spreadsheets

–          Menganalisa relasi  dari berbagai jenis elemen bisnis

–          Melibatkan ringkasan dari berbagai kumpulan data

–          Menampilkan data dari berbagai sudut pandang

–          Melibatkan perhitungan kompleks antara elemen

–          Merespon permintaan user dengan cepat

Hasil analisa data bisa lebih berguna jika ditampilkan menggunakan teknik Data Visualization

–          Visual Interactive Modeling – berbasis grafik

–          Visual Interactive Simulation – menggunakan simulasi/animasi

–          Geographic Information Systems – menampilkan data mengunakan peta digital

 

Knowledge Management

–          Knowledge assets – Terkait pasar, products, teknologi, dan organisasi yg dimiliki atau perlu dimiliki oleh bisnis

–          Best practices – Koleksi dari solusi /studi kasus sukses

–          Intellectual capital – Koleksi pengetahuan yg dikumpulkan perusahaan

–          Knowledge system –  Mengumpulkan pengetahuan, menyimpan di basis data, memelihara db, dan menyampaikan pengetahuan ke pengguna

–          Competitive intelligence – Koleksi dari informasi kompetitif

 

IT Support for Knowledge Management

–          Knowledge identification – What is important ?

–          Knowledge discovery and analysis – Menemukan dan mengorganisir pengetahuan

–          Knowledge acquisition – Mengumpulkan pengetahuan yang dibutuhkan

–          Establishment of organizational knowledge bases – Menyimpan dan mengorganisasikan pengetahuan perusahaan

–          Knowledge distribution and use – Memastikan siapa saja yg membutuhkan pengetahuan bisa mengaksesnya

 

Terima Kasih pada teman-teman yang telah membaca, semoga berguna 😀


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php