Nikolas Mario

Wireless and Mobile

Posted: December 3rd 2012

Permisi teman-teman para bloggers, kali ini saya akan membahas sedikit tentang Wireless dan Mobile. Mari baca lebih lanjut untuk mengetahui lebih dalam.

Perangkat Wireless cukup kecil untuk dengan mudah membawa atau memakai, memiliki daya komputasi yang cukup untuk melakukan tugas produktif dan dapat berkomunikasi secara nirkabel dengan internet dan perangkat lain. Termasuk PDA, cellular phones, smart phones.

WAP(Wireless Application Protocol)merupakan standar yang memungkinkan perangkat nirkabel dengan layar tampilan kecil, koneksi bandwidth rendah dan memori minimal untuk mengakses web-based informasi dan layanan.

Microbrowsers adalah internet browser dengan ukuran file kecil yang bekerja dalam low-memory kendala perangkat nirkabel dan bandwidth yang rendah dari jaringan nirkabel.

Pager adalah satu arah, sistem pesan nirkabel, ia mengingatkan pengguna ketika menerima pesan masuk.

Sistem transmisi microwave banyak digunakan untuk volume tinggi, komunikasi jarak jauh, komunikasi point-to-point.

Sistem transmisi satelit menggunakan satelit komunikasi, tiga jenis satelit, masing-masing dalam orbit yang berbeda:

–          Geostationary (GEO)

–          Medium-earth-orbit (MEO)

–          Low-earth-orbit (LEO)

Footprint adalah luas permukaan bumi dicapai oleh transmisi satelit – mengatasi keterbatasan stasiun relay microwave data.

Transmisi Broadcast memungkinkan satelit untuk mengirim sinyal ke banyak penerima pada satu waktu.

Propagation Delay adalah jeda singkat dalam transmisi dari satelit GEO yang membuat dua arah percakapan telepon yang sulit.

GPS(Global Positioning System) adalah sistem nirkabel yang menggunakan satelit untuk memungkinkan pengguna untuk menentukan posisi mereka di mana saja di bumi, didukung oleh 24 satelit bersama di seluruh dunia.

IOS(Internet Over Satellite) memungkinkan pengguna untuk mengakses Internet melalui satelit GEO dari hidangan dipasang pada sisi rumah mereka.

Transmisi Radio menggunakan gelombang radio frekuensi untuk mengirim data secara langsung antara pemancar dan penerima.

Satellite Radio (Radio Digital) dekat CD musik berkualitas yang dikirim ke radio dari ruang angkasa. (XM radio satelit menggunakan GEO, Sirius menggunakan MEO)

Infrared adalah lampu merah yang tidak biasa terlihat mata manusia, penggunaan umum dalam unit remote control untuk TV, VCR, DVD, CD player.

Bluetooth digunakan untuk membuat PANS kecil:

–          Dapat menghubungkan hingga 8 perangkat dalam area 10 meter.

–          Menggunakan daya rendah, komunikasi berbasis radio.

–          Dapat mengirim hingga 1 Mbps.

PAN(Personal Area Network) adalah jaringan komputer yang digunakan untuk komunikasi antara perangkat komputer (misal telepon, PDA, ponsel pintar) dekat satu orang.

Zigbee menargetkan aplikasi yang membutuhkan tingkat penularan data rendah dan konsumsi daya rendah:

–          Memindahkan data hanya seperempat secepat Bluetooth.

–          Dapat menangani ratusan perangkat sekaligus.

–          Aplikasi yang paling menjanjikan adalah pembacaan meter.

WLAN memerlukan pemancar dengan antena, yang disebut titik akses nirkabel, yang menghubungkan ke LAN kabel atau piring satelit yang menyediakan koneksi internet. Contoh, wireless network interface card dan hotspot.

IEEE standar untuk WLAN adalah keluarga 802.11, yang dikenal sebagai Wi-Fi, Wireless Fidelity. 802.11a dapat mengirimkan hingga 54 Mbps dalam jarak 30 meter, 802.11b dapat mengirimkan hingga 11 Mbps dalam 30-50 meter, 802.11g – 54 Mbps, 50 meter. Manfaat biaya rendah dan akses internet sederhana. Yang menjadi permasalahan Wi-Fi adalah roaming, keamanan, dan harga.

Worldwide Interoperability for Microwave Access, dikenal sebagai WiMax, adalah nama untuk standar IEEE 802.16. Akses nirkabel jarak hingga 31 mil. Kecepatan transfer data 75 Mbps. Sistem aman yang menyediakan suara dan video.

Mobile Computing mengacu pada real-time, koneksi nirkabel antara mobile dan lingkungan komputasi lain, seperti internet atau intranet dan memiliki 2 karakteristik utama yang membedakannya dari bentuk-bentuk lain dari komputasi.

–          Mobilitas – Pengguna membawa perangkat mobile dan dapat memulai kontak real-time dengan sistem lain dari mana pun mereka berada.

–          Jangkauan Luas – Pengguna dapat dicapai langsung ketika mereka membawa perangkat mobile terbuka.

M-Commerce mengacu pada e-commerce (EC) transaksi yang dilakukan dalam lingkungan nirkabel terutama melalui internet. Pengembangan m-commerce adalah didorong oleh faktor-faktor berikut:

–          Meluasnya ketersediaan perangkat mobile

–          Tidak perlu PC

–          “Budaya Ponsel”

–          Penurunan harga

–          Peningkatan Bandwidth

Intrabussines Application

  • Mobile Portal agregat dan penyediaan konten dan layanan untuk pengguna ponsel yang meliputi berita, olahraga, email, hiburan, perjalanan dan informasi restoran, layanan masyarakat, dan perdagangan saham.
  • Voice Portal adalah sebuah situs Web dengan antarmuka audio dan juga dapat diakses melalui standar atau telepon selular.

Location-Based Application

  • Belanja dari Perangkat Nirkabel – Vendor online memungkinkan pelanggan untuk berbelanja dari perangkat nirkabel.
  • Periklanan berbasis lokasi adalah ketika pasar mengetahui lokasi saat ini dan preferensi pengguna ponsel, mereka dapat mengirim pengguna tertentu pesan iklan ke perangkat nirkabel tentang toko-toko terdekat, mal dan restoran.
  • Layanan berbasis lokasi memberikan informasi kepada pelanggan tentang layanan lokal dan kondisi melalui ponsel.

Telemedicine adalah penggunaan telekomunikasi modern dan teknologi informasi untuk penyediaan perawatan klinis untuk individu yang jauh dan untuk penyampaian informasi untuk memberikan perawatan itu.

Telemetry adalah pengiriman nirkabel dan penerimaan data yang dikumpulkan dari sensor remote.

Pervasif Computing (Ubiquitous Computing) tidak terlihat “di mana-mana komputasi” yang tertanam dalam objek di sekitar kita – lantai, lampu, mobil, mesin cuci, oven microwave, telepon seluler, pakaian, dan sebagainya. (misalnya, rumah pintar, peralatan pintar).

Teknologi RFID memungkinkan produsen untuk melampirkan tag dengan antena dan chip komputer pada barang dan kemudian melacak gerakan mereka melalui sinyal radio.

Wireless Sensor Network(WSNs) adalah jaringan saling berhubungan, bertenaga baterai, sensor nirkabel yang disebut motes yang ditempatkan ke dalam lingkungan fisik.

Sekian dulu beberapa informasi yang diharapkan  berguna bagi anda semua. Terima Kasih telah membaca 😀


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php