Nikolas Mario

E-Commerce

Posted: November 26th 2012

Halo teman-teman blogers semua. Kali ini tulisan saya akan membahas tentang E-Commerce. Jika ingin mengetahui tentang E-Commerce, silahkan baca lebih lanjut.

Pertama, E-Commerce adalah proses dari jual beli, pertukaran produk, layanan dan informasi melalui jaringan komputer, terutama internet.

Definisi EC di ambil dari sudut pandang :

–          Komunikasi

–          Proses bisnis

–          Layanan

–          Online

–          Kolaborasi

–          Komunitas

 

  • Traditional commerce    : Semua dimensi terkait fisik
  • Pure EC                                  : Semua dimensi adalah digital
  • Partial EC                              : Perpaduan antara dimensi digital dan fisik

 

Sejarah

Di mulai pada awal 1970 (Jauh sebelum internet dipergunakan secara bebas). Awalnya terbatas untuk perusahaan besar. Electronic Fund Transfer (EFT) dan Electronic Data Interchange (EDI).

 

Ruang lingkup EC saat ini :

–          Iklan

–          Perbankan

–          Jual beli alat elektronik

–          Jual beli saham

–          Pencarian pekerjaan

–          Lelang

–          Kolaborasi dengan mitra bisnis di seluruh dunia

–          Menyediakan layanan konsumen

Tipe dalam E-Commerce :

–          Business-to-business EC (B2B)

–          Collaborative commerce (c-commerce)

–          Business-to-consumer EC (B2C)

–          Consumer-to-businesses (C2B)

–          Consumer-to-consumer (C2C)

–          Intrabusiness (intraorganizational) commerce

–          Government-to-citizens (G2C) and others

–          Mobile commerce (m-commerce)

 

Aplikasi EC didukung oleh infrastruktur dan 5 support areas :

–          People

–          Public police

–          Technical standards and protocols

–          Business partners

–          Support services

 

Mekanisme Pembayaran Electronic :

–          Electronic Checks

–          Electronic Credit Cards

–          Electronic Cash in PC

–          Pembayaran Electronic dengan e-cash

–          Smart Cards

–          Person-to-Person Payment Systems

–          Electronic Funds Transfer (EFT)

–          Electronic Wallets

–          Purchasing Cards

Keamanan :

–          Enkripsi – Proses membuat pesan tidak terbaca kecuali oleh pihak kunci dikripsi yang sesuai

–          Electronic Certificates

–          Secure Socket Layer (SSL) – Protocol yang digunakan untuk mengenkrispi pesan

–          Secure Electronic Transaction Protocol (SET) – Protocol untuk pemrosesan kartu kredit

Permasalahan

Kesuksesan perusahaan bergantung pada kemampuan menarik konsumen dan kemampuannya untuk mengendalikan pengeluaran.

Solusi

Business-to-consumer — mengelola  public portal (raffles.com) yang meliputi:

–          Informasi mengenai hotel

–          Sistem reservasi

–          Link ke travelers’ resources

–          Program Customer Relationship Management (CRM)

–          Toko Online untuk produk dari Raffles

Sekian dulu sedikit tulisan dari saya kali ini. Semoga dapat membantu menambah pengetahuan tentang E-Commerce. Jaga kesehatan dan tetap semangat kuliah. Terima Kasih 😀


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta
css.php