Halo teman-teman blogers semua. Kali ini tulisan saya akan membahas tentang E-Commerce. Jika ingin mengetahui tentang E-Commerce, silahkan baca lebih lanjut.
Pertama, E-Commerce adalah proses dari jual beli, pertukaran produk, layanan dan informasi melalui jaringan komputer, terutama internet.
Definisi EC di ambil dari sudut pandang :
– Komunikasi
– Proses bisnis
– Layanan
– Online
– Kolaborasi
– Komunitas
Sejarah
Di mulai pada awal 1970 (Jauh sebelum internet dipergunakan secara bebas). Awalnya terbatas untuk perusahaan besar. Electronic Fund Transfer (EFT) dan Electronic Data Interchange (EDI).
Ruang lingkup EC saat ini :
– Iklan
– Perbankan
– Jual beli alat elektronik
– Jual beli saham
– Pencarian pekerjaan
– Lelang
– Kolaborasi dengan mitra bisnis di seluruh dunia
– Menyediakan layanan konsumen
Tipe dalam E-Commerce :
– Business-to-business EC (B2B)
– Collaborative commerce (c-commerce)
– Business-to-consumer EC (B2C)
– Consumer-to-businesses (C2B)
– Consumer-to-consumer (C2C)
– Intrabusiness (intraorganizational) commerce
– Government-to-citizens (G2C) and others
– Mobile commerce (m-commerce)
Aplikasi EC didukung oleh infrastruktur dan 5 support areas :
– People
– Public police
– Technical standards and protocols
– Business partners
– Support services
Mekanisme Pembayaran Electronic :
– Electronic Checks
– Electronic Credit Cards
– Electronic Cash in PC
– Pembayaran Electronic dengan e-cash
– Smart Cards
– Person-to-Person Payment Systems
– Electronic Funds Transfer (EFT)
– Electronic Wallets
– Purchasing Cards
Keamanan :
– Enkripsi – Proses membuat pesan tidak terbaca kecuali oleh pihak kunci dikripsi yang sesuai
– Electronic Certificates
– Secure Socket Layer (SSL) – Protocol yang digunakan untuk mengenkrispi pesan
– Secure Electronic Transaction Protocol (SET) – Protocol untuk pemrosesan kartu kredit
Permasalahan
Kesuksesan perusahaan bergantung pada kemampuan menarik konsumen dan kemampuannya untuk mengendalikan pengeluaran.
Solusi
Business-to-consumer — mengelola public portal (raffles.com) yang meliputi:
– Informasi mengenai hotel
– Sistem reservasi
– Link ke travelers’ resources
– Program Customer Relationship Management (CRM)
– Toko Online untuk produk dari Raffles
Sekian dulu sedikit tulisan dari saya kali ini. Semoga dapat membantu menambah pengetahuan tentang E-Commerce. Jaga kesehatan dan tetap semangat kuliah. Terima Kasih 😀